Dindin hijau modern terintegrasi dengan tanaman hidroponik sudah diciptakan oleh Stanley White Hard dari universitas Illinois Urbana sejak puluhan tahun lalu. Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal.

Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon. Dan dapat memanfaatkan ke dinding tanpa memerlukan lahan untuk tumbuhan. Teknik baru mengunakan box yang ditempelkan ke dinding gedung. Pot modular tersebut dapat diganti pasang dan ditempatkan di rangka gedung. Disain modern untuk menekan polusi udara, walau tidak menjamin penekanan banjir di tengah kota.

Dijelaskan oleh arsitek Juli Capella di kota Barcelona, membuat dinding tanaman setinggi 20 meter. Memberikan perlindungan bagi burung, udara segar, dan penyerapan polusi udara. Seperti apa disain tanaman yang menempel secara vertikal, dibawah ini dan dijelaskan dengan video utnuk skala besar penaman tumbuhan di dinding gedung.












Teknik lain dengan untuk penanaman di area urban (kota) dengan memanfaatkan gang jalan yang jarang terpakai dan membuat teras rumah tamabahan yang ramah lingkungan.