Energi Solar Cell lebih murah dari Nuklir


Kategori : Green | Date : 3 August 2010

Universitas Duke melaporkan energi solar lebih murah dari nuklir. Laporan yang dibuat ohn O. Blackburn dari Universitas Duke di Caroline utara. Solar Cell adalah energi bersih dan bisa di perbaharui.
Masalahnya hanya satu, harga yang masih belum terjangkau sehingga sulit di implementasikan oleh semua orang.
Nuklir memiliki resiko sangat tinggi, dimulai dari cara penambangan, kemungkinan dijadikan senjata nuklir, sulitnya membawa bahan plutonium sampai sampah yang dihasilkan. Tetapi Nuklir saat ini dijadikan pilihan karena murah.

Tetapi beberapa dekati ini berubah, biaya nuklir mulai meningkat sementara solar cell mulai turun.
Tahun 2002 dibutuhkan 3 milyar dollar untuk membangun pembangkit nuklir, tahun ini mencapai 10 milyar dollar.
Data terbaru yang diungkap, energi solar cell saat ini bisa ditawarkan dengan harga 14 sen atau kurang untuk per KWh. Sementara nuklir membutuhkan dana 14-18 sen untuk per KWh.

Dalam beberapa tahun kedepan, Nuklir dipastikan akan terus semakin mahal. Sedangkan harga solar cell terus turun semakin murah. Lihat pada tabel dibawah ini, pada titik persinggungan energi nuklir dan solar cell sudah terlihat sama tahun ini.




Berita terkait
Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Microsoft akan mengevaluasi peluang membangun datan center dibawah air. Tujuannya untuk memperkecil latenci, kecepatan layanan serta manfaat lain bila computer diletakan dibawah air. Biaya pendingin data center merupakan salah satu biaya rutin. Bila computer ditanam didalam air, maka biaya pendingin server dapat diganti dengan air (laut).



Soviet memiliki bom nuklir sangat banyak di era perang dingin. Setelah menjadi negara Rusia, sekitar 500 ton uranium dari senjata nuklir di nonaktifkan menjadi bahan bakar nuklir dan dijual ke Amerika Serikat. Untuk apa uranium tersebut

Keunikan EV ARC memiliki sistem tracking ke sumber cahaya. Alat motor dibawah panel akan ikut bergerak sesuai cahaya matahari. Sehingga pengisian baterai dengan kekuatan 22kWh akan optimal. Menurut EV ARC, peralatan mereka hanya butuh 5 menit untuk pemasangan dan ditanam di tanah

Satu perusahaan EOS Energy Storage baru mendapatkan dana 15 juta dollar. Dana akan digunakan bagi pengembangan baterai backup yang murah. Mengapa diperlukan baterai untuk menyimpan listrik

Dirancang oleh arsitek Brooks + Scarpa, membuat sebuah sekolah SMA Green Dot. Sekolah yang menampung 500 pelajar tersebut dilengkapi dengan solar cell. Setidaknya dipasang 650 panel sepanjang tembok sekolah

288 panel surya di pasang di atap dealer KIA Afrika Selatan, menghasilkan power 69kW perhari, cukup untuk 12 jam kebutuhan power listrik. Bila surplus, energi akan dipakai ke esokan hari. Dealer KIA disana menjadi dealer mobil paling ramah lingkungan.



Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari

Dampaknya cukup serius, selain lebih boros dan memakan permukaan ban mobil lebih cepat habis.

Manusia  di seluruh dunia berkembang lebih besar dalam 30 tahun terakhir ini. Mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan mencapai 2 kali lipat.




No popular articles found.