Product | 29 August 2019

Telepon satelit Thuraya X5-Touch pertama berbasis Android GSM LTE resmi diluncurkan


Thuraya X5-Touch smartphone Android dengan sistem komunikasi satelit

Thuraya X5-Touch menjadi smartphone telepon satelit pertama.

Smartphone satelit ini mengunakan OS Android.

Target penguna telepon satelit lebih umum bagi mereka yang bekerja diluar jangkauan pemancar telepon / BTS.
Sinyal yang ditangkap tidak hanya dari pemancar telepon mobile. Tetapi langsung menangkap sinyal ke satelit komunikasi.

Seperti pekerja lapangan migas, penelitian dan eksplorasi, aktivitas di hutan dan pegunungan, atau misi dari badan pemerintah yang harus bekerja di daerah terpencil. Lebih membutuhkan perangkat tipe telepon satelit untuk alat komunikasi.

Thuraya X5-Touch dilengkapi layar 5,2 inci FHD, dengan pelindung kaca Gorilla Glass.

Procesor Snapdragon 625, camera 8MP dan 2MP, storage 1GB dan 2GB RAM. Tambahan storage agak terbatas sampai 32GB

Smartphone satelit ini memiliki sertifikasi IP67, tahan air dan debu aka MIL 810 G/F.

Memiliki tambahan dual SIM, penguna dapat berpindah ke jaringan telepon satelit dan GSM / LTE.

Mendukung Dual SIM,

Kapasitas baterai 3800mAh, untuk 11 jam biacara dan 100 jam stand-by



Fitur lain seperti teknologi smartphone Android. Seperti koneksi WIFI, Bluetooth, NFC. Dilengkapi tombol SOS untuk kondisi darurat.

Tidak sebutkan tipe proceor yang dipakai. tetapi telah mendukung sistem satelit GPS, Glonass dan BeiDou.

Harga telepon satelit ini dijual $1.250, belum termasuk biaya koneksi.

Full spec here.

Area yang dapat dicover hampir di seluruh wilayah Eropa sampai Asia. Kecuali wilayah kutub utara dan selatan, Afrika Selatan serta benua Amerika utara sampai selatan, yang dilayani satelit Iridium



Thuraya X5-Touch telepon satelit dan GSM



Info Thuraya

Artikel Lain

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Huawei dan Apple telah menawarkan perangkat smartphone fitur telepon satelit. Walau komunikasi satelit di iPhone 14 terbatas di US dan Kanada, iPhone 14 dapat mengirim pesan darurat. Samsung melakukan riset sejak 2 tahun lalu. Kabarnya tinggal menunggu final, dan digunakan untuk ponsel 2023



Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024

Di US ada saja iklan antena OTA atau antena TV digital dengan kemampuan menerima siaran sejauh 5000km. Jarak tersebut sudah menyeberang antar benua. Antena TV indoor rata rata tidak melewati 90km itupun dalam kondisi sempurna.

Garmin inReach Mini 2 terhubung ke sistem satelit. Tapi bukan seperti ponsel satelit untuk komunikasi. Memiliki fungsi dasar sebagai logger lokasi, mengirim pesan singkat, cuaca dan keamanan untuk aktivitas outdoor.

Sat-Fi2 adalah WIFI untuk satelit. Dapat terhubung ke internet dan melakukan panggilan telepon, dimana tidak ada sinyal di satu daerah. Kecepatan internet lambat, tapi membantu untuk penguna yang memasuki area tanpa sinyal seperti daerah terpencil.

Stand-by 10 hari, telepon satelit Spot X hanya dikenakan 12 dollar saja sudah dapat mengirim pesan langsung ke satelit. Harga unit Spot X juga murah, hanya seharga smartphone Android kelas menengah. Fitur mengirim pesan emergency, paket bulanan sampai 12 SMS.



Bila smarphone di Indonesia bekerja di jaringan 3G atau 4G. Masih menunggu jaringan 5G. ZTE T900 Plus agak berbeda dibanding smartphone biasa, karena memiliki ekternal antena. Bukan itu saja, baterai dibuat menonjol di bagian bodi belakang. Dan bodi terlindung seperti smartphone tahan banting.

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Perusahaan ViaSat satelit dengan layanan internet unlimited, walau batas pemakaiannya akan di cap sampai 150GB perbulan  Mengunakan jaringan satelit ViaSat-1 menjadi layanan internet tercepat langsung dari satelit dengan download 12Mbps

Tanpa kita sadari, kehidupan manusia sekarang sudah bergantung dengan satelit. Apa yang terjadi bila suatu hari semua satelit berhenti bekerja. Kalau suatu hari nanti semua satelit terganggu dan tidak bisa mengirim signal apa yang terjadi.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.



Youtube Obengplus

Trend