Komet ISON tunggu kedatangannya bulan November 2013


Kategori : Science | Date : 18 March 2013
Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.

Komet ISON diperkirakan memiliki inti dengan ukuran 1 sampai 10km. Akan memasuki jraak perihelion pada 28 November 2013. Kabarnya dari peneliti, terang komet ISON seperti bulan, bahkan bisa terlihat dekat matahari di siang bolong.

Komet ISON akan melintas mendekati bumi dengan jarak 1,2 juta km dibawah garis matahari. Saat ini komet ISON masih terlalu jauh dan hanya terlihat dengan teleskop besar. Ditemukan oleh astronom Vitali Nevski dari Vitebsk tahun lalu. mengunakan 16 inch Santel reflektor yang menjadi bagian teleskop International Scientific Optical Network whose abbreviation ISON







+
www.space.com/19796-comet-ison-explained-infographic.html
www.spaceanswers.com/astronomy/2185/will-comet-ison-light-up-the-night-sky-in-late-2013
www.universetoday.com/100049/the-year-of-the-comets-three-reasons-why-2013-could-be-the-best-ever

obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android-langsung-menunjukan-posisi-bintang
Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

30 November 2013. ISOn kabarnya akan habis terbakar matahari. Tetapi data dari NASA menyebutkan ISON bisa lolos melintas. Terlihat pada data 29 November kemarin, komet ISON kembali tampak setelah melintas di belakang matahari

PBB telah menyetujui aturan dari langkah yang perlu diambil untuk melindungi planet bumi. Misalnya urusan koordinasi global dan rencana tanggap darurat bila terjadi.



Roket SpaceX diluncurkan pada hari Minggu 29 September 2013 lalu dari California. Tapi ada objek lain yang terlihat ketika roket ini terbang. Ramainya di Youtube, karena beberapa judul video dengan tanggal yang sama.

Minggu ini sampai akhir bulan, orbit Merkurius, Jupiter dan Venus akan sangat dekat terlihat dari bumi. Ketika planet akan melintas beriringan seperti planet sedang berdansa. Dimulai 23 Mei sampai 31 Mei. 40 menit setelah matahari terbenam

Kejadian menarik tentang antariksa akan terjadi bulan ini. Antara 22 April 2017, terjadi hujan meteor. Perkiraan antara 10 meteor jatuh setiap jam, muncul menjelang fajar dan terlihat di area konstelasi Lyra

Ketika planet Jupiter dihantam Shoemaker Levy, sempat menjadi tontonan dari kosmik langka bagi manusia. Tahun depan para astronom memperkirakan planet Mars akan ditabrak komet C/2013 A1. Walau belum dipastikan secara tepat



Tertanggal 22 Maret atau 23 Maret 2013 waktu Indonesia. Sekitar jam 7.30 malam waktu setempat, sebuah meteor terlihat melintas dari barat ke timur. Dari American Meteor Society / AMS mendapatkan 300 laporan tentang meteor yang melintas sampai ke Maine

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.

Eder Ivan seorang astronom mengabadikan posisi planet Venus dan bulan hampir segaris. Dengan camera digital model lama Nikon Coolpix 4300 ditambahkan teleskop 30mm merek TMB 130/780. Posisi pengambilan ada di Budapest Hungaria pada tahun 2004.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.


No popular articles found.