Kalau super computer terlalu banyak emas, apa yang terjadi. Dialami Titan - Cray XK7


Stuff | 16 March 2013

Sebuah rangkaian super computer Oak Ridge National Laboratory Titan Supercomputer menjadi computer tercepat sementara ini. Tetapi itu cuma perhitungan diatas kertas. Kabarnya supercomputer Titan belum berhasil stabil bekerja di top speed.

Beberapa kali test dilakukan tetapi gagal membuat computer stabil. Sampai hari ini masih belum pernah resmi mendapatkan status sebagai computer paling cepat. Kabar terbaru di  bulan Februari lalu, telah ditemukan ada bagian yang kurang baik pada socket motherboard computer. Konektor yang digunakan terlalu banyak campuran emasnya. Bahan emas digunakan karena tidak mengalami oksidasi terlalu cepat dibanding bahan tembaga. Bila tercampur timah, malah membuat solderan menjadi rapuh

Dari seluruh rangakaian Titan supercomputer terdapat 20 ribu konektor yang menghubungkan CPU dan GPU. Masing masing konektor terdiri dari 100 pin. Kinerja pada konektor mempengaruhi kemampuan GPU untuk berkomunikasi ke CPU. Konektor dengan campuran emas membuat sambungan rapuh dan kurang kestabilan ketika bekerja.

Rangkaian Titan supercomputer terdiri dari 2.2Ghz 16 core AMD Opteron dengan Nvidia Kelpler chipset K20X, total memiliki 560.640 core dengan kekuatan 17,2 petaflops.

200 rak computer saat ini sedang menganggur, karena motherboard supercomputer Titan baru dikirim ke perusahaan pembuatnya Cray untuk di perbaiki. Komponen yang baru diharapkan sudah selesai bulan April mendatang dan Titan supercomputer dapat melakukan pekerjaannya dengan kecepatan penuh

Site: DOE/SC/Oak Ridge National Laboratory
System URL: http://www.olcf.ornl.gov/titan/
Manufacturer: Cray Inc.
Cores: 560640
Linpack Performance (Rmax) 17590.0 TFlop/s
Theoretical Peak (Rpeak) 27112.5 TFlop/s
Power: 8209.00 kW
Memory: 710144 GB
Interconnect: Cray Gemini interconnect
Operating System: Cray Linux Environment
List Rank System Vendor Total Cores Rmax (TFlops)
11/2012 1 Cray XK7 , Opteron 6274 16C 2.200GHz, Cray Gemini interconnect, NVIDIA K20x Cray Inc. 560640 1759


Berita terkait
Cerita pencinta musik atau dikenal dengan Audiophiles. Tidak heran mereka berani membeli sebuah headphone yang harganya sama dengan satu kendaraan. Tapi sampai mengeser tiang listrik, apakah suara musik memang terganggu.

Butuh computer yang kuat dan nonstop. Gigabyte GS-R22PHL dengan disain rack 2U mengunakan procesor Xeon E5-2600, dual 10G ethernet, 10G SFP+ Lan, maksimum memory 512GB dan harddisk 2,5 inch hot swappable yang mendukung SAS atau SATA.



Corsair DDR3 Vengeance Extreme memiliki kecepatan 3000Mhz tersedia dengan kapasitas 8GB (2x4GB). Menurut Corsair, mereka menguji chip yang lolos test sebelum mendapat label Corsair DDR3 Vengeance Extreme. Rata rata dari 50 chip memory modul, hanya 1 yang mampu bekerja 3000Mhz.

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Mengalahkan Cray 2.3 TF Jaguar.




No popular articles found.
< /body>