Perusahaan S3 asal Swiss menyiapkan layanan pengiriman satelit, lebih murah dari roket


News | 16 March 2013

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja, tetapi ada batasnya dibanding pengiriman dengan roket

S3 mengunakan pesawat Airbus A300, diatasnya ditempatkan Shuttle yang membawa satelit. Sampai ketinggian 10.000 meter, pot Shuttle akan dilepas lalu terbang sampai ketinggian 80km. Sampai di ruang angkasa, Shuttle akan melepas satelit lalu kembali ke bumi untuk digunakan kembali.

S3 mengatakan pengiriman dengan Shuttle lebih murah dengan batas maksimum berat satelit 250kg. Keuntungan pengiriman dengan sistem S3, mereka dapat membuat penerbangan di beberapa tempat. Pesawat dapat terbang dan mengirim Shuttle lalu kembali ke airport. S3 akan menyiapkan port airspace di Malaysia dan Maroko, sementara lokasi lain masih ditunda.



Berita terkait
Tanpa kita sadari, kehidupan manusia sekarang sudah bergantung dengan satelit. Apa yang terjadi bila suatu hari semua satelit berhenti bekerja. Kalau suatu hari nanti semua satelit terganggu dan tidak bisa mengirim signal apa yang terjadi.

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.



Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.




No popular articles found.