Power Supply asal cuma label saja, ternyata ada yang bermain


Kategori : Hardware | Date : 26 July 2010

Hardwaresecret menemukan 2 merek power supply dengan label 80 plus abal abal. Terdapat di 2 merek yaitu Aerocool dan Spire.

  • Aerocool E85M-550: Aerocool sendiri sudah mencabut logo bodong 80 Plus dari website mereka, setelah Hardwaresecret berbicara dengan Eco consulting mengenai masalah sertifikasi power supply hemat energi di produk Aerocool.
  • Aerocool V12XT-600: Aerocool juga menghapus logo 80 Plus dari website mereka. Sayangnya mereka tidak bisa menghapus logo pada kotak produknya, karena sudah beredar dipasaran.
  • Spire Jewel Black 650 W dan 750 W: Spire menambahkan logo 80 Plus Bronze, terlihat dapat menarik pembeli. Nyatanya power supply tersebut  tidak seutuhnya benar. Ketika ditest untuk tipe 650W ternyata hanya mampu menerima beban sampai 550W
  • Spire BlackMoon 750 W, Spire BlackMoon XP 600 W, dan Spire BlackMoon XP 700 W: Pada situs Spire mengatakan power mereka adalah “80 Plus Bronze efficiency”. Nyatanya belum diperiksa secara resmi
  • Spire RockIT II: Tulisan pada label  80 Plus Bronze dipastikan palsu. Spire tipe tersebut tidak pernah didaftar untuk diperiksa.

Banyak perusahaan merek power supply meminta dibuatkan power supply untuk computer dari produsen lain. Hal ini wajar, tetapi pesanan power supply harus memiliki persyaratan seperti pesanan dalam jumlah besar. Dan pihak produsen biasanya membatasi produk eklusif dalam jangka waktu 6 bulan saja. Selebihnya pihak produsen power supply bisa menjual ke merek lain. Tetapi urusan label 80 plus akan di periksa Apakah power supply memang benar benar efisien untuk menyandang standar 80 plus. Hanya dari sisi produsen pembuat yang mengurus apakah power supply mereka masuk kategori 80 plus.

Cara paling gampang adalah memberikan kata kata 80 plus pada power supply yang mereka keluar. Tetapi apakah benar memiliki kemampuan 80 plus atau tidak. Pembeli umumnya mencari produk murah dan terkecoh dengan label 80 plus. Pada awalnya bisa saja power supply yang dibuat adalah 80 plus, karena dibuat oleh pabrikan yang mendapatkan sertifikat 80 plus. Tetapi setelah itu mulai tidak jelas, apakah masih memiliki kualitas yang sama seperti model terdahulu. Atau bisa saja memberikan kemampuan sekian watts, tetapi kenyataannya kemampuan power dibawah dari yang dicantumkan. Mungkin saja power supply dari sebuah merek memiliki kemampuan 80 plus, tetapi untuk mendapatkan sertifikat tersebut haruslah lulus ujicoba. Dan bukan sekedar menempelkan stiker pada box atau power supply.

Yang terakhir adalah produk dengan mencantumkan embel embel sendiri dengan kata 80 plus pada kotak dan box power supply atau di buku manual. Apakah benar merek power supply sudah asal label, memang perlu dilakukan pembuktian lebih lanjut.


Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.

Cooler Master keluarkan 2 power supply baru. Cooler Master RS 450 80GA dan RS 550 80GA. Memiliki kekuatan power 450 dan 550W. Mengunakan single rail 12V, 450W memiliki output 35A dan 550W dengan 42A.



Ada 2 artikel menarik tentang 80plus. Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%. Artinya semakin besar angka sertifikasi maka semakin baik sebuah power supply dalam pemakaian power listrik AC.

Masyarakat luar negeri terkadang memilih memanfaatkan computer lama lagi dengan fungsi berbeda. Seperti dijadikan server kecil untuk menyimpan semua data keluarga, sebagai alat merekam data keamanan atau untuk kebutuhan upload dan lainnya.

Satu power supply merek Suntai dijual murah.



No popular articles found.