Cina memproduksi sumpit 80 milyar buah setiap tahun, setara 20 juta pohon ditebang pertahun.


Kategori : Green | Date : 13 March 2013
Di Cina memproduksi 80 milyar sumpit setiap tahun. Sumpit tersebut mengunakan bahan kayu yang digunakan untuk sekali pakai. Volume sebesar itu setara menghabiskan 20 juta pohon yang sudah berumur 20 tahun. Setara luas 360 lapagan Tiananmen di Beijing.

Bayangkan saja sebuah pohon yang usianya 20 tahun harus ditebang untuk dijadikan sumpit sekali pakai. Pihak pemerintah mulai berupaya merubah kebiasaan penduduk di Cina. Dan pihak restoran harus berupaya untuk menjauhi pengunaan sumpit sekali pakai. Bila dibiarkan maka tidak heran suatu hari pohon akan habis dijadikan sumpit.

Pengunaan sumpit sekali pakai harus diperang, tetapi masih ada kendala yang harus di hadapi pemerintah Cina. Produksi sumpit sekali pakai ternyata memberikan kontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Belum lagi harga sumpit yang dijual cukup murah, dan sulit diterapkan di restoran kecil.

Mungkin disanalah masalah polusi di Cina semakin memburuk. Jumlah penduduk yang besar, kebiasaan makan yang praktis malah menimbulkan banjir dan polusi. Bila dihentikan akan berdampak bagi lapangan pekerjaan.

Polusi di kota China memang buruk, sampai minggu ini masih saja terjadi. Sebuah video menunjukan sebuah kota lenyap hanya dalam waktu 20 menit. Tentu oleh polusi asap di kota

India dipastikan akan melewati jumlah penduduk Tiongkok. Jumlah penduduk dunia meningkat dari 1 miliar menjadi 7 miliar dalam 200 tahun saja. Diperkirakan jumlah penduduk akan melambat dengan keluarga berencana, atau sumbar daya bumi akan habis oleh manusia.

Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.



Stephanie Watson dari Australia memiliki sesuatu yang unik dengan membuat gaun pengantin dari tag roti atau nomor kadaluarsa di jepitan roti. Mengunakan 10 ribu keping yang dikumpulkan selama 10 tahun. Lalu dijahit menjadi gaun pernikahannya.

Dirancang oleh arsitek Brooks + Scarpa, membuat sebuah sekolah SMA Green Dot. Sekolah yang menampung 500 pelajar tersebut dilengkapi dengan solar cell. Setidaknya dipasang 650 panel sepanjang tembok sekolah

Libya memiliki perntungan berbeda, bila negara tersebut mau memasang solar cell dan turbin angin di 0,1 luas daratan saja yang mereka miliki. Maka energi tidak perlu dihasilkan dari bahan bakar biasa dan mencukupi bagi penduduk

Datecenter atau pusat data computer di seluruh dunia, diperkirakan memerlukan power 30 milyar watt. Atau setara 30 pembangkit listrik bertenaga nuklir.


No popular articles found.