Hardware | 23 November 2023

Thermal paste Gelid Heatphase Ultra pendingin lembaran


Spesialis casing dan pendingin PC berbasis di Hong Kong merek Gelid meluncurkan produk termal baru yang diberi nama HeatPhase Ultra.

Gelid Heatphase Ultra memiliki bentuk seperti lembaran stiker, mampu mentransfer panas dari CPU ke heatsink cooler.

Gelid Heatphase Ultra mudah dipasang, memiliki daya tahan lebih baik, dan kinerja lebih baik dibanding thermal paste konvensional.

Gelid membandingkan dengan produk HeatPhase Ultra dengan thermal paste GC Extreme sendiri.
Memperlihatkan performa lebih baik dengan pendingin lembaran ini.

Gelid mengatakan, banyak tes dengan thermal paste GC Extreme masuk di kelas round up, atau mendekati performa terbaik dari thermal paste lain.
Disamping harganya relatif lebih murah.

Dalam pengujian Gelid di procesor AMD 7950X, pad HeatPhase Ultra memperbaiki panas CPU sekitar 2 derajat Celcius lebih dingin saat load.
Dibandingkan penghantar dengan  GC Extreme (79 derajat Celcius thermal paste) dengan suhu ruang 31.3 deg.C.
Dengan Gelid Heatphase Ultra, suhu dapat lebih rendah di 77 deg.C

Thermal paste Gelid Heatphase Ultra pendingin lembaran

Dari hasil pengujian, 2 derajat mungkin tidak terlalu besar.
Tapi performa Gelid Heatphase Ultra berbanding GC Extreme, menjadikan thermal paste ini lebih mudah dipasang dan aman.


Juga sisi kontak antara heatsink cooler ke procesor dapat merata.

Bagaimana daya tahannya, Gelid mengatakan, thermal paste lembaran mereka tidak akan mengeras, atau rusak. Jadi tahan lama.
Nilai tambah lain, sifatnya tidak konduktif seperti thermal paste premium.
Yang salah pasang dan terkena bagian komponen, urusannya bisa runyam.

Thermal paste Gelid Heatphase Ultra dijual $9.40 - $10.

Spesifikasi
Aplikasi & membersihkan lebih mudah


Konduktivitas untuk ultra panas
Sangat tahan lama
Non konduktif
Tidak luber dan mudah dipasang

Density: 2.8+-0.2g.cm³
Dimension: 40 x 40 x 0.2 mm (AMD-Version). 40 x 30 x 0.2 mm (Intel-Version)
Operating Temperature Range: -50~125?
Phase Transition Temperature: 45?
Thermal Conductivity:  8.5W/mk

Gelid Heatphase Ultra


Artikel Lain

Intel Arc Battlemage mungkin tidak hadir di kelas high end. Ukuran chip lebih besar dan lebih lambat, tidak ekonomis bila dibuat untuk VGA high end. AMD dan Nvidia telah menyiapkan arsitek terbaru, dari Blackwell dan RDNA4.

Nvidia RTX 4080 Super, RTX 4070 Ti Super seri high end. Model RTX 4070 Super akan berdampingkan dengan RTX 4070 standar. Sedangkan 2 model lain mengantikan posisi RTX 4080 dan RTX 4070 Ti standar. Nvidia RTX 4070 Super ada 2 varian dengan 12GB dan 16GB



Enermax tarik power supply seri Revolution DF2 dan DF X, semua unit yang dipasarkan tahun 2023. Melihat ada komponen gagal kerja, cacat komponen minor, tidak berdampak dengan kemampuan power. Penguna dapat menganti sendiri, atau mengirim ke layanan servis Enermax.

Phison PS5031-E31T M.2 PCIe Gen 5 tanpa perlu cooler, dukungan kecepatan baca dan tulis sekuensial maksimum 10.800 MB/s (10.8GB/s). Speed tersebut lebih lambat dibanding PCIe5.0, tapi masih diatas PCie 4.0 dengan maksimum dapat tercapai sampai 7,8GB/s.

SSD NVMe PCIe 5 tampil dengan kecepatan 12GB/s lebih, tapi momok SSD adalah panas. Watercooling Teamgroup TForce Siren GS120S dapat mempertahankan suhu SSD sampai 54 deg.C,

Deepcool Assassin IV dirancang dengan tower pendingin ganda. Spesifikasi Deepcool Assassin IV mampu mendinginkan procesor sampai 280W. Terdiri dari 7 heatpipe, dan mengalirkan panas ke 2 tower fin heatsink terpisah

Deepcool pendingin procesor menambah 3 model lain di seri AG. 2 model paling murah memiliki 2 dan 3 heatpipe. Model tertinggi dengan 2 tower dan total 6 heatpipe. Seri AG mengunakan jumlah fin berbeda, rancangan susunan heatsink bentuk matrix



Cooler heatsink DeepCool AK500 menawarkan harga lebih hemat. Dengan disain 5 heatpipe ukuran 6mm, memiliki sirip pendingin lebih lebar. Satu keungulan heatsink DeepCool AK500 pada fan. Model fan FK120 menghasilkan noise rendah.

Zalman CNPS20X CNPS17X CNPX16X dirancang dengan posisi vertikal, satu model dengan lampu RGB tertutup. Cooler tipe tower dibuat dengan sirip pendingin 4D, dan tambahan fitur RDTH, IHD serta lampu RGB. Bila dilihat lebih dekat, pada sirip evarator membentuk lekukan poligon. Zalman kali ini bermain dengan 2 bahan metal, mengkombinasikan tembaga dan aluminium.

Corsair A500 adalah heatsink pendingin procesor. Yang ini agak berbeda dengan performa heatsink high end, karena mampu menangani procesor cukup panas. Berat cooler Corsair A500 mencapai 1,5kg. Cooler tersebut dapat dipasangkan untuk procesor tipe socket AMD FM1, FM2, AM3, AM4 dan Intel LGA 115x, 2011 (-3) and 2066

Corsair iCUE 465x untuk case computer, memiliki ukuran mid-tower. Disebut smart case, dengan tampilan warna warni lampu LED RGB. Penempatan drive dapat memasukan 2 harddisk 3,5inci vertikal antara posisi power supply dan panel depan. Dan tambahan drive ukuran 2,5 inci sampai 4 unit .

Innovation Coolings Graphite menjadi thermal pad yang menarik. Karena lembaran pendingin tersebut dapat di lepas pasang. Dan penguna tidak perlu memberikan thermal paste berulang kali ketika melepas dari heatsink. Informasi yang diberikan, Innovation Coolings Graphite pad dapat dilepas pasang sampai 50x.

Cougar Panzer EVO RGB tampil dengan warna warni lampu. Menambahan pada disain fan Vortex RGB, dan panel IO untuk controller fan dan tempat USB port. Panjang VGA dapat dipasang sampai 390mm, dan 2x 3,5 inci harddisk serta 5 2,5 inci storage SSD atau Harddisk

Corsair Spec-05 disain case computer versi budget. Ditujukan untuk penguna pemula yang ingin merakit computer. Dilengkapi kaca plastik akrilik tembus pandang disisi case. Tetapi case ini bukan aluminium seperti case premium



Gelid Phantom cooler untuk procesor dengan disain tower. Mengunakan heatpipe besar di beberapa bagian dengan ukuran 8mm. Total 7 heatpipe untuk menghantar panas procesor ke bagian sirip pendingin. 5 heatpipe terhubung bagian kontak di bagian tembaga ke bagian kepala procesor

Thermal Paste sudah dikenal di kalangan penguna PC. Membantu mendinginkan procesor lebih optimal. Mungkin kita tidak tahu , apa yang dilakukan thermal paste pada procesor. Bagaimana menempatkan thermal pas dengan benar dengan arah Heatpipe ke heatsink dan CPU.


Youtube Obengplus


Trend
No popular articles found.