Green | 17 January 2023

Kota terpanas kota terdingin di Bumi minus 50 derajat Celcius mencuci baju itu masalah



Kota Yakutsk suhu terdingin Januari 2023
Kota Yakutia atau Yakutsk di Siberia dengan suhu rata rata -10 deg.C. Mencapai -50 derajat C di bulan Februari 2021, tapi rekor tercatat sampai -64,4 derajat C.
Suhu juga turun - 50 deg.C di bulan Januari 2023 - CNN.
Kota terdingin kedua di dunia tersebut, sebagian besar bangunan mengunakan beton dan kayu, membuat es tidak mudah meleleh
Belum mengalahkan rekor di Siberia yang pernah mencapai -88 derajat Celcius pada Januari 2018

Rekor kota terdingin di Yakutsk -50 derajat C

Foto dibuat fotografer Aleksey Vasiliev.
Musim dingin disana lebih lama. Kadang suhu turun mencapai -60 deg.C untuk sementara waktu.
Warga disana hanya keluar bila ada kebutuhan, dan mereka menunggu dirumah sampai musim semi.
Di musim dingin, aktivitas warga akan berhenti, kabut tebal bahkan mengaburkan sinar matahari beberapa minggu bahkan sebulan.

Rekor kota
terdingin di Yakutia -50 derajat C

Apa yang susah dilakukan ketika suhu melewati minus.
Warga disana mengunakan kayu bakar untuk memasak dan menghangatkan ruangan.
Tapi urusan mencuci pakaian juga membutuhkan air hangat.
Masalah kedua untuk menjemur, pakaian yang digantung diluar untuk dikeringkan, tapi sudah kering dalam hitungan menit.
Dalam arti air di pakaian menjadi es dalam waktu sangat singkat, dan pakaian menjadi kaku akibat es.


Cukup melipat pakaian dan es akan rontok keluar.

Rekor kota 
terdingin di Yakutsk -50 derajat C


Suhu terdingin di antartika
Satu lagi tempat yang tidak ada pengunjung, hanya dikunjungi oleh tim peneliti berada di timur benua Antartika.
Memegang rekor tempat terdingin selama ini.

Sebuah cekungan punggung bukit, di musim dingin pernah mencapai -93 derajat Celcius pada 10 Agustus 2010.


Disana terdapat tempat observasi yang hampir sama dinginnya.
Vostok Station Antartika -89.2 deg.C
Amundsen-Scott Station -82.8 deg.C

Nasa mencatat suhu tersebut pada tahun 2013, dan masih bertahan sampai sekarang.
Udara di cekungan bukit tidak bergerak dalam waktu lama, sambil memancarkan panas ke ruang angkasa.

Rekor suhu tertingin -93 deg C

Suhu terpanas rekor Agustus 2020
Gurun dekat perbatasan Nevada dan California dikenal sebagai tempat terpanas di dunia.
Tapi 15 Agustus 2020 kemarin, suhu di tempat taman nasional Furnace Creek mencapai 54.4 derajat Celcius.
Panas tersebut telah diverifikasi oleh badan cuaca Amerika. Dan menjadi suhu terpanas yang pernah tercapai di Dunia.
Rekor sebelumnya mencapai 54 deg.C di tahun 2013.
2022 September Death Valley Amerika mendapat suhu 52 deg.C

Rekor kota terpanas di Bumi 54 derajat C

Brandi Stewart bekerja di taman nasional Death Valley mengatakan ke BBC. Ketika berjalan keluar, wajah seperti sekumpulan pengering rambut. Atau merasakan seperti berjalan di dalam oven.

Apakah suhu tersebut terpanas. Peneliti mengatakan lihat nanti tahun 2100. Nanti akan lebih sering terjadi 13 sampai 30x dibanding yang dirasakan abad ini.
Dari 7 miliar penduduk, naik menjadi 24,6 miliar penduduk bila tidak terkendali. Dan kondisi tidak berubah seperti saat ini.
Meningkatnya panas bumi bukanlah sebuah lelucon.

Cuaca paling dingin melanda Amerika Januari 2019
Pusaran angin dari kutub datang dan melanda Amerika Serikat.
Badan cuaca / NWS mengatakan suhu pada jam 3 pagi mencapai minus 46 derajat ketika angin dingin tiba.
Vortex dari kutub melanda wilayah Midwest telah memecahkan suhu terdingin di wilayah tersebut.
Layanan pos berhenti di 5 negara bagian, 2.500 penerbangan dibatalkan. Danau di Michigan menjadi es.
Pengiriman bir tidak dapat dilakukan karena semua cairan dapat membeku. Bir akan mulai membeku pada suhu bergerak dibawah -47 derajat Celcius.


Chicago, pemerintah kota merubah 5 bis dengan penghangat untuk menampung Tunawisma yang tidak memiliki rumah dan kedinginan di jalan. Dan 160 tempat lain dibuat menjadi ruangan pemanas.
Di kota Chicago, bila seseorang keluar rumah tanpa perlindungan selama 60 detik saja. Dapat mengalami Frostbite atau bagian tubuh membeku.

Kuwait
Kota ini sangat panas, dan suhu dapat mencapai 51 derajat C. Bahkan suhu rata rata di musim panas dapat mencapai 43 derajat C selama 3 bulan.
Mereka yang berkecukupan dapat berlindung di dalam rumah dan toko perbelanjaan. Tapi yang kurang mampu harus mengandalkan payung dan tempat berteduh.

Kota besar terpanas adalah Kuwait dengan suhu rata rata 41 derajat Celcius di musim panas selama 3 bulan


Kota La Rinconada
Tibet boleh menyebut sebagai kota diatas atap dunia. Tapi kota La Rinconada berada di ketinggian 5000 meter. Terletak di pegunungan Andes di negara Peru.
Sekitar 50 ribu orang bekerja disana sebagai penambang emas lokal.
Suhu rata rata disana hanya bergeser beberapa derajat diatas 0 derajat C.

Kota terdingin La Rinconada dengan suhu sedikit diatas 0 derajat C

Kota Oymyakon
Sebuah tempat di Rusia dinamai Oymyakon menjadi tempat terdingin di bumi. Tepatnya berada di Siberia.

Dalam catatan di Oymyakon, suhu terdingin pernah mencapai -71 deg.C pada tahun 1924.
Angka tersebut adalah suhu paling rendah yang pernah tercatat dimana terdapat manusia tinggal permanen. Rekor lain pada tahun 1933, suhu turun -67,8 derajat C, dan tercatat oleh stasiun cuaca..

Suhu tersebut terpaut beberapa derajat dari suhu terendah di benua antartika yang mencapai -89.2 deg.C. Ketika dicatat oleh stasiun Vostok 21 Juli 1983.

Suhu terdingin di kota Oymyakon dapat dimulai pada bulan September dan mulai suhu mulai turun ke 0 derajat. Suhu terdingin dimulai pada bulan Desember, Januari, dan Februari akan selalu berada dibawah 0 derajat Celcius. Hanya bulan Juni dan Juli, suhu udara disana bisa bertahan antara -10 derajat Celcius dan naik kembali ke suhu normal.

Kota ini tidak selalu dingin, rata rata naik diatas 18 derajat C di bulan Juli (tercatat tahun 2010). Tapi catatan tertinggi disana pernah mencapai suhu 34,6 deg.C

Jumlah penduduk disana hanya sekitar 500 orang, tapi hidup dalam cuaca ekstrim. Suhu paling parah terjadi pada bulan Desember



Fotografer Amos Chapple mampir selama 2 hari jalan jalan di kota ini. Dan mengalami suhu dingin -47 deg.C ketika melangkah keluar. Disana dia bukan bermasalah dengan udara dingin, tapi cameranya terganggu, dari ring zoom dan fokus ngadat karena digunakan pada suhu terlalu dingin.
Beberapa foto yang dibuat dibawah ini

Kota terdingin Oymyakon suhu mencapai -50 dan naik 18 derajat
Celcius


Artikel Lain

Takaran deterjen mesin cuci tidak harus mengikuti dari pabrikan. Hanya butuh 2 sendok makan maksimum di setiap siklus mencuci, normal cukup 1 sendok makan untuk deterjen. Memberi deterjen terlalu banyak, tidak membuat pakaian lebih bersih. Rata rata deterjen mengunakan konsentrasi tinggi, atau 2x lebih kuat.

Korea dengan kemajuan teknologi, juga membuat kepraktisan dari kebiasaan warga disana. Desain lampu penyebrangan, payung peneduh, membersihkan payung yang basah agar tidak membuat lantai licin, memanggil staf restoran, sampai meminta pengiriman makanan dimana saja anda berada.



Mencuci celana Jean di mesin cuci, cara yang salah dan boros air. Celana jean tidak perlu dicuci sampai beberapa kali di pakai, hindari mesin cuci lebih baik. Cukup membersihkan bagian yang kotor sambil dikenakan ketika mandi.

Nama El Nina dan Nino, adalah perubahan iklim global yang ditandai dengan suhu laut yang lebih dingin atau lebih hangat dan perubahan arus udara global. Kedua pola cuaca tersebut dapat mempengaruhi badai dan suhu. Kemungkinan El Nino akan berkembang antara Mei dan Juli.

Gempa teknonik dipastikan ada lempeng bumi yang tengelam atau terangkat. Berapa tebal kulit bumi, dan seperti apa inti bumi. Bumi memiliki 3 lapisan dari kerak bumi yang dingin. Di inti bumi memiliki kemunginan memang besi 96 persen. Inti Bumi memiliki inti besi besar.

Setiap tahun sekitar 1 juta storage dan server dihancurkan oleh perusahaan IT. Tapi mengunakan teknik ekstrem, walau harddisk yang masih dapat bekerja diganti dengan unit baru. Mengapa perusahaan IT harus menghancurkan dibanding mendonasi atau menjual kembali. Seagate pulihkan harddisk layak pakai.

Fotografer Jerman Martin Heck membuat sebuah video pendek selama 6 menit dari hasil rekaman rekannya di observasi CMB. Video yang dibuat ini mengabungkan penampakan garis galaksi Bima Sakti bersama Aurora bersamaan. Karena salah satu tempat terdingin, dan sulit dijangkau, jarang manusia yang menentap disana



Suhu terpanas dan terdingin. Dimana kondisi tersebut dapat tercapai. Dan bagaimana para ilmuwan melakukan percobaan. Intinya mencari pembuktian teori yang pernah dikemukakan, dari teori pembentukan alam semesta dan penyebabnya.Salah satu tempat dengan temperatur suhu terdingin tidak jauh dari Bumi.

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Ada di kutub selatan. Disebut Dome dengan rekor baru dan suhunya -92 derajat Celcius pada musim dingin. Tidak ada yang berharap ketika musim dingin, ada yang menginjakan kaki ke permukaan es.

Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.