Technology | 3 October 2022

Flow battery terbesar simpan energi listrik MegaWatt satu kota



Beberapa negara membuat pembangkit energi angin dan matahari.
Energi matahari digunakan untuk pembangkit di siang hari, dan malam hari masih dapat dibantu dengan tenaga angin dan pembangkit konvensional.

Energi yang dihasilkan tidak sepenuhnya memberikan pasokan energi listrik yang cukup di satu kota dari energi terbarukan.
Disisi lain ketika energi dari pembangkit terbarukan surplus, tidak sepenuhnya terpakai, walau pembangkit terus menghasilkan energi listrik. Pada saat tertentu di sebuah kota di Eropa, pernah memberikan listrik gratis di siang hari, karena terlalu banyak menghasilkan listrik dari turbin angin.

Bagaimana mengambil energi surplus dari pembangkit listrik. Dibutuhkan tempat penyimpan energi listrik, energi berlebih ditampung sementara waktu.
Masalahnya, seperti apa bentuk penyimpan energi listrik tersebut dan seberapa besar. Apakah mengunakan sel baterai seperti LifePo, bagaimana dengan biaya.

Teknologi penyimpan baterai energi listrik tidak hanya disimpan dalam baterai lithium
Perkembangan baru dengan sistem arus baterai atau Flow Battery, menyimpan energi listrik dalam cairan.

Generasi Flow Battery Cyclodextrin 2023
Tim peneliti Department of Energy & Pacific Northwest National Laboratory melaporkan Flow Battery dapad di optimalkan untuk menyimpan energi listrik.
Mempertahankan daya simpan dan melepas energi kembali selama pemakaian lebih dari 1 tahun dnegan pengurangan daya minimal..

Bahan yang dipakai dalam cairan adalah B-cyclodextrin / siklodekstrin, turunan dari pati (gula) membantu daya tahan baterai. Dapat ditemukan di industri makanan, famasi, pengiriman obat dan kimia serta pertanian.
     ? (alfa)-siklodekstrin: 6 subunit glukosa
     ? (beta)-siklodekstrin: 7 subunit glukosa
     ? (gamma)-siklodekstrin: 8 subunit glukosa


Peneliti mengoptimalkan penyimpan baterai sampai 60% lebih banyak, membuat baterai dapat terus digunakan 1 tahun lebih.
Ini adalah temuan baru walau masih tahap di laboratorium.

Wei Wang, seorang peneliti baterai PNNL sudah lama melakukan percobaan.
Tapi dengan jenis katalis baru yang sama sekali berbeda.
Flow baterai memerlukan 2 cairan di 2 ruangan berbeda. Baterai mengisi melalui reaksi elektrokimia dan menyimpan energi dalam ikatan kimia.
Bila ukuran tangki diperbesar, mencapai ukuran sepakbola. Maka daya yang disimpan setingkat generator cadangan listrik.

Desain baterai umumnya mengunakan elemen Vanadium yang mahal dan sulit di dapat.
Disana peneliti mencari bahan alternatif yang efektif dengan bahan disintesis, stabil dan tidak beracun.




baterai cairain cyclodextrin

Kota Dalian di China 2022
Mengaktifkan penyimpan energi baru dan menjadi kapasitas terbesar di dunia pada bulan September 2022.
Memasok daya yang cukup untuk 200 ribu rumah setiap hari.

Flow Battery

Awal kapasitas dibangun 400MWh, dengan output 100MW.
Layaknya sebuah powerbank raksasa yang dibuat untuk mendukung listrik sebuah kota.

Flow Battery Energy Storage difungsikan menyimpan daya listrik dari energi terbarukan seperti angin dan matahari serta pembangkit konvensional.
Menyerap energi berlebih untuk disimpan ke baterai sementara.

Mengunakan bahan vanadium, sistem penyimpan baterai ini berbeda dengan sel baterai lithium.

Mengunakan tangki besar untuk menyimpan cairan kimia elektrolit. Mirip seperti Accu kendaraan, tapi bahan yang dipakai ramah lingkungan.
Arus kimia dialirkan sebagai media penyimpan listrik, dan menghasilkan listrik ketika cairan melewati membran khusus.

Flow Battery sementara menjadi solusi penyimpan energi lebih murah.
Karena dapat menyimpan energi dalam waktu berbulan-bulan.
Dapat membantu meringankan beban lonjakan listrik, ketika pasokan listrik turun.

Flow Battery bukan teknologi baru, Jerman mengunakan sistem tersebut tahun 2017.
Di barat laut Jerman Jemgum, kapasitas Flow Battery 120MW dibangun tapi mengunakan gua garam bawah tanah.
Memasuk listrik harian untuk 75 ribu rumah dan mulai bekerja tahun 2017

Sistem penyimpan dialirkan dari bawah tanah dan bukan mengunakan tangki.
Dikembangkan universitas Friedrich Schiller, mengunakan elektrolit air asin dan polimer.


Bahan tersebut jauh lebih ramah lingkungan, dibanding campuran logam berat (asam sulfat)
Sistem baterai dapat menampung 700MWh.
Tahap percobaan akan berlangsung selama 6 tahun.
Masih diperlukan beberapa tes dan klarifikasi dalam percobaan, diharapkan sistem baterai dalam gua dapat beroperasi sampai 2023.

Perusahaan China Flow Battery Energy Storage awalnya tidak memenuhi kapasitas besar walau mengunakan tangki penyimpan elektrolit.
Setelah kapasitas diperluasn, akhirnya mencapai output 200MW dengan daya tampung 800MWh.

Sistem baterai mulai terhubung ke grid / jaringan power listrik kota Dalian 29 September 2022
Diharapkan baterai dapat menyerap energi listrik berlebih dimana energi terus berproduksi tapi tidak digunakan dapat diserap baterai.
Memberikan sistem listrik pendukung, ketika terjadi lonjakan listrik melalui energi yang disimpan.
Layaknya sebuah powerbank raksasa di kota Dalian.
Flow Battery di kota Dalian menjadi proyek percobaan.
Kehandalan penyimpan energi listrik tersebut masih di uji coba khususnya menghadapi lonjakan energi listrik.
Dampak yang baik, dapat mengurangi kelebihan energi listrik pada saat tertentu, dan mengurangi emisi karbon.
Tunggu, bila dihitung kapasitas energi yang disimpan penuh, dan mencapai 400MWh setara 400.000.000 W perjam.
Bila sebuah rumah saja yang mengunakan daya 2000W perjam (2000Wh) konstan ke penyimpan energi tersebut.
Mendapat energi listrik selama 200.000 jam atau sekitar 8000 hari, seandainya baterai tetap mempertahankan energi di dalam cairan.


" target="_blank">Dokumentasi Energy Gov
Artikel Lain

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.

Perusahaan Nybolt menyebut telah memecahkan masalah baterai kendaraan / EV. Baterai dapat di charge berulang sampai penuh, kurang dari 6 menit. Pengisian lebih cepat akan memungkinkan EV untuk menutup celah dengan mobil bensin dalam hal kenyamanan sehari-hari.



Era digital membuat uang kertas barang usang. Transaksi uang tunai bagi penjualan di toko hanya membebankan waktu karyawan. Toko retail dan makanan menyukai menerima uang digital. Di China perusahaan pembayaran digital harus bermitra dengan bank lokal. Australia mulai kurangi transaksi tunai di bank

China bukan menghadapi tantangan dengan sanksi barat. Tapi kemajuan semikonduktor yang tidak berkembang. Ada upaya ingin membuat chip dalam negeri yang canggih, serta rencana tanpa batas untuk industri chip. Walau diragukan, industri barat saja tidak mampu mengejar pabrik TSMC yang super canggih.

Perusahaan Bosch baru menampilkan teknologi baterai kendaraan kerapatan tinggi. Mampu memberikan power 2x lebih besar. Pabrik Qing Tao telah siap di tahun 2019. Xiaomi menguji baterai Solid State, lebih aman dan tahan suhu sangat dingin

Peneliti universitas Queensland berhasil membuat solusi pembersih air yang terkontaminasi bahan PFAS, dengan menambah campuran khusus. Membuat bahan PFAS menjadi bersifat magnetik, dan dapat ditarik dengan magnet. Menangkap sekitar 95 persen kandungan PFAS dari. Bahan PFAS telah disebutkan terkait dengan kesehatan dan ada dimana-mana.

US dan Inggris mulai membatasi ekpor teknologi. ARM perusahaan desainer chip terkena dampak. Hentikan pengunaan lisensi chip tercanggih Neoverse V untuk China. China hanya menjual chip Loongson di dalam negeri. Tersisa Rusia yang sudah terkena blok procesor dari barat termasuk AMD, Intel, Nvidia.



Sistem penyimpan listrik Tesla Megapack telah dibangun di Inggris. Memberikan power cadangan untuk 300.000 rumah selama 2 jam. Atau digunakan untuk power cadangan, dan menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin sementara waktu.

Baterai Lithium generasi baru, aman dan tidak menimbulkan api. Mengunakan bahan graphene, dapat di isi ulang 3x lebih banyak. Menyimpan energi lebih cepat seperti supercapacitor. Pengembangan baterai dari Nanotech Energy yang lebih aman dari baterai lithium biasa.

Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah. Waspadai peralatan vampire listrik yang mengunakan listrik ketika tidak digunakan.

Perangkat paling boros listrik adalah AC dan dampak psikologi udara panas. Rubah 1 derajat lebih hemat 10%. Di pasaran AC murah mengkonsumsi 50% energi listrik. Indonesia masuk daftar, sekitar 9% rumah memiliki AC. Dunia membutuhkan inovasi. Perawatan sederhana AC rumah akan berdampak ke seluruh biaya yang tidak perlu.

Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi.

Baterai dengan bahan garam dikembangkan perusahaan CTAL. Mampu menampung energi dengan bahan berlimpah, walau hanya mencapai 2/3 daya energi dibanding baterai lithium ion. Skala baterai natrium tersebut lebih tepat untuk kendaraan listrik ukuran besar atau menyimpan bagi energi power besar.

Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.