Meteor Chebarkul yang jatuh di Rusia sudah mengorbit selama 4.5 milyar tahun


Kategori : Science | Date : 27 February 2013
2 minggu sejak jatuhnya meteor terbesar selama 100 tahun, bahkan melukai 1000 orang lebih dan merusak 4000 bangunan. 2 ilmuan mencari tahu dari mana asal meteor tersebut dan menyelusuri jejak dari lintasan yang ditangkap oleh video amatir.

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo. Asteroid Apollo biasanya melewati orbit bumi. Dan diperkirakan berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Meteor tersebut bukan batu yang baru, diperhitungkan sudah berumur 4.5 milyar tahun mengambang di angkasa dan akhirnya jatuh di bumi. Pecahan meteor sudah ditemukan dan terkumpul ratusan pecahan meteorit. Bagian pecahan terbesar sekitar 2,2 pon.

Update dari Popsci 7 November 2013
Meteor yang jatuh diperkirakan memiliki ukuran 19 meter. Memiliki masa 12-13000 ton dan masuk ke atmosfir bumi dengan kecepatan 60 ribu km perjam.
Ledakan gelombang kejut dan suara yang terdengar pertama berada di ketinggian 75km
Mendekati ketinggian 25km meteor terlihat menyala dan terbakar dan dapat dilihat oleh masyarakat disekitar dengan radius 100km.
Sisa pecahan meteor terbesar akhirnya ditemukan di danau Cherbakul setelah ditemukan lubang dengan lebar 5-6 meter. Ukurannya hanya 60cm.

Ilmuan memberikan nama meteor tersebut sebagai meteor Chebarkul. Dan ditemukan hal menarik seperti bahan aneh di batu meteorit seperti Olivin, Proksen, Troilite, Kamcite dan Taenite. Kandungan besi di meteor sekitar 10%.

Pencarian pecahan meteorit mencapai radius 31 mil, ditemukan 50 buh pecahan di dekat lubang danau Chebarkul.


Dinosaurus punuh karena bumi ditabrak meteor cukup besar. Cahaya matahari tertutup, tumbuhan kesulitan berfotosintesis, akhirnya dinosaurus punah. Kekuatan ledakan meteor yang jatuh mencapai 10 juta kali lebih kuat dari bom Hirosima dan melemparkan sendimen ke atmofer

Apa yang terjadi bila sebuah meteor sangat besar menghantam bumi. Setidaknya berukuran 500km, atau setingkat dengan planet kerdil / Dwarf Planet. Ukuran kecil malah tidak membahayakan. Yang berbahaya adalah gelombang kejut dan panas ledakan asteroid ketika jatuh menjadi meteor.

Sebuah batu meteor dengan berat 31 ton ditemukan di Argentina dengan nama kawah Campo del Cielo. Menjadi batu meteor kedua terberat yang pernah ditemukan di Bumi.Berita dari harian setempat, batu tersebut diangkat dari tanah. Mengunakan peralatan berat untuk menyingkirkan tanah yang menutup.



Sebuah asteroid ditemukan pada tahun 2013, dan diberi nama asteroid 2013 TX68. Tidak menabrak bumi, hanya melintas dekat bumi pada 5 Maret 2016. Tim Nasa mengatakan itu paranoid saja, posisi asteroid ini terbang jauh dari bumi dengan perkiraan ukuran sebesar 30m atau seukuran lapangan basket.

Beberapa bulan ada ada berita sebuah meteor akan menabrak bumi pada 15 September dan 28 September 2015. Sampai disebut akan berdampak kerusakan dasyat, darimana muncul berita ini.

Sebuah ledakan di langit wilayah Sverdlovsk, sekitar 1500 km dari timur Moskow terjadi 14 November 2014. Cuaca sangat berawan, membuat cahaya berwarna kuning seperti bola api masuk ke atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi

Sore hari , 3 November 2014 sebuah meteor melintas di atas Jepang. Memberikan pertunjukan cahaya menakjubkan dengan warna hijau dan kuning. Karena di meteor terdapat kandungan magnesium dan natrium.



PBB telah menyetujui aturan dari langkah yang perlu diambil untuk melindungi planet bumi. Misalnya urusan koordinasi global dan rencana tanggap darurat bila terjadi.

Kejadian menarik tentang antariksa akan terjadi bulan ini. Antara 22 April 2017, terjadi hujan meteor. Perkiraan antara 10 meteor jatuh setiap jam, muncul menjelang fajar dan terlihat di area konstelasi Lyra

Ketika planet Jupiter dihantam Shoemaker Levy, sempat menjadi tontonan dari kosmik langka bagi manusia. Tahun depan para astronom memperkirakan planet Mars akan ditabrak komet C/2013 A1. Walau belum dipastikan secara tepat

Tertanggal 22 Maret atau 23 Maret 2013 waktu Indonesia. Sekitar jam 7.30 malam waktu setempat, sebuah meteor terlihat melintas dari barat ke timur. Dari American Meteor Society / AMS mendapatkan 300 laporan tentang meteor yang melintas sampai ke Maine

Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja



Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Sebuah meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 jam 9;20, lokasi di Ural. Membuat jaringan internet dan telepon sempat terputus. Meteor menabrak satu bangunan pabrik sampai roboh. Meteor jatuh tidak ditengah kota melainkan ke arah sebuah danau dekat kota Chebarkul.

Satu lagi asteroid YQ1 memiliki lintasan dekat bumi bahkan sempat membuat heboh dengan perkiraan asteroid tersebut dipastikan menabrak bumi tahun 2106. Hal tersebut kembali dikoreksi setelah memperhitungkan lintasan asteroid YQ1

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.


No popular articles found.