Daur ulang botol bekas menjadi pot tanaman


Kategori : Green | Date : 26 February 2013
Daur ulang botol plastik bekas menjadi pot tanaman gantung
Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman.

Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman.

Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah.

Perancangnya dari proyek disainer bekerja sama dengan produsen televisio Luciano Huk untuk acara Home Sweet Home. Dari ide tersebut Rosenbaum merubah 15 rumah di Brazil dengan warna menarik dan dilengkapi taman kecil dengan pot botol plastik.

Katanya pembuatan pot tanaman tidak hanya membuat rumah menjadi ramah lingkungan, sekaligus bisa mendaur ulang botol bekas.

Daur ulang botol plastik bekas menjadi pot tanaman gantung

Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Sebuah perusahaan asal Kanada mendaur ulang kontainer bekas ukuran 6 meter dan 12 meter untuk kolam renang pribadi di rumah. Tidak perlu membuat tempat untuk kolam renang, tidak perlu mengali. Cukup dipasang di belakang rumah.

Disainer asal Belanda Piet Hein Eek bekerjasama dengan Ikea menawarkan kerajinan furnitur asli buatan Indonesia. Tantangan disainer Piet adalah membuat peralatan rumah tangga dari kursi, tempat lampu yang dibuat berdasarkan seni kerajinan rotan Indonesia dan Vietnam.



Membuat dudukan smartphone dari barang bekas. Seperti box bekas pelindung, kotak bekas harddisk dapat dibuat untuk dudukan smartphone di rumah atau tempat kerja. Hanya mengunakan gunting untuk membuat lubang dudukan sandaran smartphone sendiri. Dan bisa dikerjakan dalam beberapa menit.

Jangan dikira kegiatan berkebun seperti gaya feminim. Menanam pohon tidak harus mahal tapi perlu akal. Dapat mendaur ulang barang bekas untuk pot, dan mengambil bibit tanaman dari sampah kita sendiri. Membuat kegiatan berbeda dibanding menonton TV atau hanya duduk di rumah.Beberapa tip untuk mulai berkebun dari media tanah sampai jenis pot.

Daur ulang ban bekas, lebih tepatnya ban luar bekas kendaraan seperti mobil. Bisa di daur ulang menjadi sandal jepit. Permukaan ban lebih kuat dan tebal dibanding sandal jepit yang ada di pasaran.

Ban bekas dapat dimanfaatkan atau di daur ulang menjadi furnitur dirumah. Seperti ban dijadikan meja, tentu saja harus dimodifikasi ulang. Ban memiliki rangka yang baik untuk kursi. Misalnya salah satu disain dari gambar meja ini mengunakan rajutan tali



Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Nah ini ide menarik kalau susah mencari sapu dirumah. Seorang geek membuat sapu dari botol bekas. Dibutuhkan 4 botol plastik ukuran 1,5 liter lalu di satukan .

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Beberapa tip memudahkan kita, atau memanfaatkan barang bekas menjadi berguna. Seperti mengikat kabel, membuat gantungan baju lebih banyak, tabung bekas untuk menyimpan adaptor dan memberikan warna pada kunci.

Daur ulang kaleng bekas, talang air atau batako bekas yang tersisa. Dapat dimanfaatkan untuk pot tamanan. Tidak perlu banyak dirubah, batako yang memiliki lubang tinggal diisi dengan tanah dan tanaman diatasnya. Talang tabung plastik juga dapat dimanfaatkan untuk pot tanaman

Daur ulang jepitan roti, kayu bekas, ranting atau dahan pohon, ban bekas, bekas tempat nasi, atau bekas besi troli barang dari supermarket. Bisa di daur ulang menjadi barang berguna.



200 tahun lalu tidak ada yang tahu bahan aluminium. Dari kemasan kaleng, bingkai jendela rumah, kemasan, bahkan badan mobil. Aluminium terus ditambang dan dijadikan produk, tapi dibuang begitu saja. Suatu hari nanti tidak perlu lagi menambang biji aluminium, karena bisa di daur ulang.

Disebut orang Geek, yang banyak akalnya dan tidak kenal gengsi. Apa saja yang mereka lakukan sesuai bidang pengetahuannya dan diterapkan di rumah. Biar jelek atau tidak karuan tapi berguna.

Bukan daur ulang, sebenarnya disain dari tutup botol dengan printer 3D. Dibuat dari printer 3D dengan bahan plastik, lalu dirangkai menjadi 12 tutup botol plastik. Masing masing tutup botol ini disambung ke botol plastik untuk di daur ulang sebagai vas bunga.

Dekorasi rumah, daur ulang barang bekas, memanfaatkan vinyl untuk lantai, memanfaatkan ruang kosong disamping pintu, mengunakan tirai dengan bahan lebih murah bisa dilakukan lebih kreatif

Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Fotographer Nick Olson dan disain fashion Lilah Horwitz, keduanya memiliki mimpi yang serius. Mereka ingin membangun rumah dari bahan barang bekas, khususnya mendaur ulang dari jendela bekas.

Mungkin kurang tepat disebut sebagai daur ulang untuk dekorasi rumah. Beberapa bagian bisa saja dari barang yang sudah tidak terpakai lagi.
Bisa dimulai dari mendekor ulang dinding kamar, tanpa perlu melakukan pengecatan.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Computer terdiri dari bagian utama yaitu Motherboard. Bila tidak terpakai lagi, board akan dibuang menjadi sampah. Ada cara mendaur ulang komponen computer seperti papan pcb bekas menjadi clipboard.

Penumpang kereta api bisa membawa botol bekas mereka ke satu stasiun. Disana terdapat mesin penghancur botol plasti. Tinggal dimasukan ke dalam mesin, lalu mesin akan menghancurkan botol plastik, lalu tiket kereta bawah tanah akan ditambah kreditnya.

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

NASA mengunakan satelit Suomi NPP mengumpulkan gambar dengan resolusi tinggi selama satu tahun. Lalu dijadikan sebuah gambar yang besar dan memberikan gambaran dimana saja daerah yang masih hijau. Bisa dilihat untuk Indonesia masih memiliki daerah hijau sangat banyak

Daur ulang botol bekas bisa dijadikan tembok rumah atau tembok pagar. Selain menghemat batu bata, cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tembok depan rumah. Pilihan daur ulang botol bekas bisa mengunakan botol hijau biasa

Banyak ruang di dekat stasiun kereta subway yang tidak terpakai. Konon bekas jalur lama dan dibiarkan kosong. Satu ide membuat ruangan tersebut dijadikan taman. Bagaimana membuat sinar matahari bisa masuk ke bawah tanah.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Satu cara membuat rumah lebih sejuk dengan menambahkan tanaman seperti rumput diatasnya. Ada disebuah rumah di Brazil

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Sebuah gedung dengan panel solar cell, gedung Bullitt Center pintar baru dibuka di Seattle. Pembangunan gedung ini menjadi gedung paling hijau yang pernah dibuat.

Stephanie Watson dari Australia memiliki sesuatu yang unik dengan membuat gaun pengantin dari tag roti atau nomor kadaluarsa di jepitan roti. Mengunakan 10 ribu keping yang dikumpulkan selama 10 tahun. Lalu dijahit menjadi gaun pernikahannya.

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Vanis Buckholz baru berusia 10 tahun tinggal di Corona del Mar, California.. Dia terinspirasi dengan dikusi Earth Day di sekolah yang menceritakan pentingnya melakukan recycle. Sekarang dia sudah memiliki bisnis kecil memungut sampah di tempat publik

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan


No popular articles found.