Menurut Bloomberg, pada tahun 2011 Amerika menghabiskan dana 589 milyar dollar untuk pertahanan. Setara 40% biaya untuk militer global. Dibelakangnya adalah China dengan 129 milyar dollar terbesar ke dua untuk anggaran militer.

Disusul Rusia, Perancis, Inggris, Jepang dan negara lainnya lebih rendah. dibanding Amerika.

Kapal induk yang dimiliki masing masing negara

Dari The Washington Post mengatakan Pentagon akan memangkas anggaran belanja mereka. Membuat Amerika hanya menempatkan satu kapal induk di teluk Persia. Pemangkasan anggaran membuat militer Amerika harus menunda membuat satu kapal induk baru dan perbaikan kapal induk lain.

Berapa banyak kapal perang dan kapal induk yang di miliki oleh berbagai negara.

Amerika memiliki 10 kapal induk kelas Nimitz (supercarrier), tertua adalah buatan tahun 1975 dan paling baru George H.W Bush 2009. Semuanya sudah mengunakan bahan bakar nuklir.

Kapal induk pertama model terbaru Gerald R.Ford tipe Ford Supercarrier masih tahap konstruksi. Mampu membawa 75 pesawat tempur, rencananya siap pada tahun 2015 tetapi mundur ke 2020 karena pemangkasan dana militer.

Satu kapal induk Amerika memiliki bobot 100 ribu ton umumnya mengunakan bahan bakar nuklir. Dibanding dengan kapal induk lain negara lain seperti China Liaoning hanya dibuat dari modifikasi kapal induk bekas Soviet dengan bobot 52 ribu ton. Dari Rusia, sebelumnya Rusia memiliki kapal induk. Rusia memiliki bobot realtif sama seperti kapal Amerika, sekarang Rusia tidak memiliki banyak kapal induk yang aktif, tersisa satu saja masih di diperbaiki

Seperti gambar dibawah ini, urutan tengah adalah kapal induk Amerika, kanan Rusia dan China memiliki besar yang sama besar, tetapi kapal induk dari China adalah buatan Soviet yang dibeli badannya dan di daur ulang.
Rusia awalnya memiliki 9 kapal induk.
  • Kapal induk Gorshkov1987, dijual ke India 1996 menjadi INS Vikramaditya.
  • Kapal induk Novorossiysk 1982, menjadi besi tua tahun 1993 di Pohan Korea Selatan.
  • Kapal induk Minsk 1978, dijadikan kapal museum di China 1993.
  • Kapal induk Kiev pensiun 1975, dijadikan restoran terapung di China
  • Kapal induk Leningrad, 1969, pensiun 1991
  • Kapal induk Moskva 1967, pensiun 1996
  • Kapal induk Varyag tidak selesai, dijual bodinya saja ke China, tahun 2012 selesai di renovasi dan sudah berlayar
  • Kapal induk Kuznetsov tahun 1991, masih di servis oleh angkatan laut Rusia
  • Kapal induk Ulyanovsk tidak selesai dan menjadi besi tua.
Rusia hanya memiliki 1 kapal induk aktif tapi kekuatan kapal tersebut jauh lebih kecil dibanding armada kapal perang Amerika.



Dibawah ini kapal induk milik Thailand. Ukuran jauh lebih kecil dibanding kapal induk milik Amerika kelas Kitty Hawk. Thailand memiliki kapal induk sejak tahun 1990an, tetapi diperuntukan bagi pesawat SeaHarrier yang dapat mendarat vertikal serta membawa helikopter. Sedangkan kemampuan pesawat SeaHarrier sudah jauh tertinggal dibanding pesawat tempur modern.

Kapal induk milik negara Thailand dibeli dari perusahaan pembuat kapal Spanyol. Lebih banyak berada di pelabuhan dan pernah diterjunkan untuk misi penyelamatan ketika terjadi tsunami

Negara pemilik kapal induk aktif di Asia adalah China, Korea, Jepang, India



Apakah pemangkasan biaya militer $46 milyar akan membahayakan keamanan negara. Terlihat pada data diatas, sepertinya tidak. Tetap saja Amerika memiliki kapal induk paling banyak dari seluruh negara.

Selanjutnya negara dengan dana angkatan perang terbesar update 2017