Estonia negara dengan jaringan charger mobil listrik


Green | 21 February 2013

Di Estonia, baru saja membuka layanan quick charger untuk mobil listrik nasional. Tidak hanya di kota, tetapi di beberapa daerah di pedesaan. Setiap kota di Estonia akan terpasang jaringan pengisian charger mobil listrik di setiap 40-60km.

Berapa biaya pengisian mobil listrik disana, sekitar 2,5 sampai 5 euro. Atau membeli paket 30 euro untuk pemakaian 1 bulan, dan tidak dikenakan biaya tambahan kalau anda sering mengunakan charger listrik disana. Pengisian akan mencapai 90% baterai terisi penuh dalam waktu 30 menit (tergantung model kendaraan) dengan quick charger.



Menurut program mobil listrik Estonia, Mr Jarmo Tuisku. Masalah kendaraan listrik ada di tersedianya terminal pengisian yang cepat, sehingga menghambat penguna untuk pindah ke mobil listrik. Sekarang semua bisa di danai oleh pemerintah dan penguna tidak perlu repot mengisi kendaraannya walau sedang berpergian ke luar kota.

Pengelola pengisian baterai mobil listrik di kelola oleh perusahaan nasional KredEx. Charger dibuat oleh ABB dan dipasang oleh ABB sendiri. Sedangkan sistem pembayaran mengunakan layanan NOW Innovation. Apa untungnya bagi negara sendiri. Estonia masuk dalam perjanjian CO2, bila berhasil mengurangi pengunaan bahan bakar fosil. Maka hasil penghematan kuota dapat dijual ke negara lain.
Sebuah organisasi yang mendukung standar pengisian charger menyebutkan sudah 1900 tempat terpasang charger mobil listrik di seluruh dunia, 521 unit ada di Jepang dan Estonia sudah mencapai 165 unit sampai Januari 2013. Dari 619 unit mobil listrik disana, 500 unit digunakan untuk pemerintah.

Estonia menjadi negara di Eropa kedua setelah Norwegia dengan tempat charger terbanyak dengan perbandingan jumlah kendaraan. Di Estonia masih memiliki rasio 1000 mobil listrik akan diwakili 1 charger di jalan. Norwegia lebih maju dengan perbandingan 1000 : 4 charger, dibelakangnya adalah Belanda dengan 1000 : 0,6 charger.

+Estonia World


Berita terkait
Toyota kembangkan sistem All Electric me sebagai tempat pengisian baterai mobil listrik dan sepeda. Power diambil dari panel surya dan mengisi baterai untuk stasiun All Electric me.

288 panel surya di pasang di atap dealer KIA Afrika Selatan, menghasilkan power 69kW perhari, cukup untuk 12 jam kebutuhan power listrik. Bila surplus, energi akan dipakai ke esokan hari. Dealer KIA disana menjadi dealer mobil paling ramah lingkungan.



Casple-Podadera city car adalah mobil listrik untuk 2 penumpang. Pengembangan selama 3 tahun dan panjang kendaran sekitar 1.9 - 2.3 meter karena bagian belakang dapat di lipat. Mampu menembuh jarak sekitar 130km dengan kecepatan maksimum 110km.

Sony membuat baterai power bank tipe Sony ESSP-3005/18P. Memiliki kekuatan 6 kWh, materaial Lithium iron. Daya tahan baterai Sony ESSP-3005/18P memiliki kinerja 10 tahun (dengan pengisian dan pemakaian 1x setiap hari)

Hanya satu tempat duduk, pengisian baterai 3 jam.




No popular articles found.
< /body>