Software | 27 September 2021

Android TV Remote Service update untuk SmartTV info mouse Android TV bisa click


Remote control untuk aplikasi Google TV tampil bulan September 2021.

Fitur aplikasi sudah bekerja untuk perangkat Android TV

Sebelumnya Google mulai menawarkan fitur Google TV sebagai penganti Android TV.
Tidak banyak perubahan antara 2 aplikasi tersebut, kecuali Google TV dirancang untuk perangkat yang baru.
Dan dukungan jaringan streaming dari 30 lebih perusahaan media yang diumumkan September 2021 seperti layanan TV ABC dapat di tonton di Google TV.

Aplikasi remote Android TV Remote Service

September dirilis versi terbaru dari 4,7 ke versi 5.0

Setelah aplikasi di Install ke Google TV. Dapat diakses dengan pengaturan cepat melalui aplikasi sendiri.
Dapat mengenali perangkat Android TV tertentu secara langsung.

Kedua penguna harus mengupgrade aplikasi Gboard versi 11 atau lebih tinggi.

Bila anda memiliki Android TV
Coba disebutkan di Google Assitant dengan Play Store, dan cari pembaruan untuk aplikasi dan siapa tahu sudah dapat bekerja.



Atau masuk ke Play Store dan update dengan Android TV Remote Service
Dibutuhkan OS Android 7+.

Pembaruan dari Google
This is the service that allows use of your Android phone or tablet as a remote for your Android TV. Easily switch between d-pad and touchpad modes to navigate content and play games on your Android TV device. Tap the mic to start a voice search, or use the keyboard to input text on Android TV.
To get started, connect your Android phone or tablet to the same network as your Android TV device or find your Android TV via bluetooth.
Works with all Android TV devices.

Yang baru dari remote Google TV
Control your Google TV or Android TV from within the Google TV and Google Home app or directly from Quick Settings on your Android phone.


• Refreshed UI
• Improved typing experience
• Improved microphone interactions
• Bugfixes & other reliability improvements

Dibawah ini tampilan Android TV Remote Service

Remote Android TV dari HP

Mengetik di Android TV dengan mouse

Mengunakan Android TV Remote Service mengunakan smartphone ke Android TV.

Bila ingin mengetik di Android TV, mouse tidak dapat di click di huruf virtual keyboard
Biasanya yang punya Android TV akan membeli keyboard tambahan terhubung ke USB, atau keyboard kecil bluetooth

Beberapa perangkat Android TV hanya mengijinkan mouse bekerja untuk memilih menu, navigasi di layar.
Mengetik di Android TV tidak masalah bila keyboard terhubung dengan USB. Maslahnya port di Android TV hanya 2 saja, kalau keduanya digunakan, kita akan repot bila perlu memindahkan di Flash Disk.

Bila Android TV memiliki masalah seperti diatas, mouse tidak dapat di click pada Virtual Keyboard Android TV. Bukan salah di mouse atau di software Android TV.
Tapi dari aplikasi default di Android TV seperti itu.

Solusi sangat mudah agar mouse dapat di click di layar Android TV

Agar click mouse berfungsi di layar Android TV, dapat menganti app Virtual Keyboard dengan GBoard versi 11 Mobile yang di install ke Android TV.
Itu saja
Keterangan dapat dilihat dibawah ini.





Artikel Lain

Chrome 123 update Fix Security. Sekarang situs diperiksa ke server OHTTP Safe Browser. Sebelumnya hanya mengambil data update di cache lokal, dengan durasi pembaruan 30 - 60 menit. Mengapa perlu, karena situs Phishing muncul lebih cepat dari filter Safe Browsing.

Menghubungkan HP computer ke TV. Apa perbedaan Cast, Miracast, ChromeCast, MeeCast dengan Screen Mirroring. Tampilannya mirip tapi keduanya berbeda fungsi. Cast untuk mengirim gambar 1 arah, dari ponsel ke perangkat Android, Miracast dan lainnya. Screen Mirroring mengkontrol sekaligus Cast. Apa perangkat untuk Cast dan Screen Mirror.



Bila ponsel memiliki fitur infrared dapat remote TV. Memiliki Smart TV dapat di remote dari ponsel, mengunakan koneksi WIFI. Dapat dilihat apakah smartphone memiliki IR blaster. Aplikasi ini mendukung banyak perangkat untuk remote TV lama, sampai SmartTV, Android TV, TV Box Android

Barcode atau QR code Scanner banyak dibuat sebagai aplikasi gratis. Mengarahkan camera dan tampil isi dari QR code. Sekarang tidak perlu aplikasi, bila kita mengunakan browser Chrome. Dapat memanfaatkan Google Lens membaca QR code tanpa aplikasi.

Aplikasi Downloader dikembangkan pertama tahun 2016, tapi tahun 2022 mulai di jegal oleh perusahaan TV. Akhirnya dikeeluarkan Google dari Play Store. Pengembang Downloader adalah Saba mantan dari Fire Stick Amazon, dan mengapa aplikasinya di keluarkan. Buktinya kurang jelas, tapi dia tahu alasannya

Xiaomi TV Box S model 2023 menjadi generasi ke 2. Perbandingan Xiaomi TV Box S Gen1 dan Gen2. Yang baru mengunakan OS Google TV untuk streaming seperti Disney+ atau Apple TV.

Android TV SDMC DV9286 mampu menanyangkan video sampai 8K. Android TV Box dengan procesor Amlogic 928X. Kompatibel dengan streaming video atau layanan OTT seperti Netflix. Dukungan WIFI6 dan Bluetooth 5.2



OS Lineage 21 Android memberikan OS update berbasis Android 14. Masuk daftar Samsung Galaxy A52 4G, A72, Nokia 6.1, Motorola One Action, Motorola One Vision, Poco X3, Xiaomi Mi6, Mi Mix 2, LG V30. LineageOS 18 berakhir Maret 2024, penguna dapat upgrade lebih tinggi bila tersedia

Corsair Katar wireless gaming mouse memiliki kecepatan respon lebih tinggi dari mouse wireless standar. Baterai lithium yang dapat di isi ulang, bekerja sampai 110 jam. Memiliki sensitif mouse sampai 26 ribu DPI.

TCL 6 tersedia dari ukuran kecil 55 inci sampai 85 inci. Produsen TCL yang mengambil teknologi Samsung, menawarkan TV dengan resolusi gambar 4K. Tersedia beberapa model dengan OS berbeda, dari Android TV, Fire TV OS dan Roku OS TV.

Google Chromecast 4K update Android 10 ke Android 12. Google Chromecast with Google TV FHD, tanpa mengurangi fitur Google Assistant. Model sebelumnya mendukung 4K HDR. Mengapa Google menurunkan tampilan sampai FHD 1080p. Harga untuk Chromecast with Google TV lebih murah

App Not Installed di Android TV. Tidak berarti Android TV kita bermasalah, dan tidak kompatibel dengan aplikasi. Cara memperbaiki error App Not Installed kadang masalah setting Security Restrictions. Dan kita lupa membuka fitur tersebut. Khususnya untuk aplikasi Mobile Android di install ke Android TV.

Android TV Xiaomi Mi Box 4S MAX mendapat update dengan 4GB RAM dan 64GB internal memory.  Untuk procesor Amlogic S905X3 bukan teknologi baru, tapi storage memory yang menarik karena lebih besar dibanding Android TV lain. Android TV Xiaomi Mi4K mendapat upgrade dari OS Android 9 ke Android 12.

Bila kita ingin menyimpan halaman website seperti artikel, tutorial, tip trik, program, belajar editing. Dengan Save Browser kadang halaman yang ditampilkan kembali malah tidak lengkap. Cara mudah mengunakan Extension browser. File yang disimpan tampil seperti melihat website online, tanpa menghilangkan bagian penting.



Dongle TV atau Google TV dipasang langsung ke port HDMI di TV. Realme 4K TV Stick dipasarkan di India Oktober 2021. Untuk pasar global, Realme 4K TV Stick Android TV mulai dijual November 2021. Realme 4K TV Stick mengunakan procesor Amlogic S905Y4 4 core Cortex A35.

Disain procesor Amlogic S905W4 TV Box dan perbedaan di WIFI dan Bluetooth, dilengkapi modul Amlogic W1 WiFi 5. Jadi speed WIFI lebih cepat, walau koneksi LAN tetap hanya 100Mbps. Memiliki 4 core tipe Arm Cortex A53, dan masih berada di generasi 4-5 tahun sebelumnya.

Memanfaatkan layar LCD TV menjadi monitor, tentu saja bisa. Karena di layar LCD TV terdapat port HDMI yang menghubungkan computer ke layar LCD TV, Android TV Box dan lainnya. Tetapi ada yang perlu di pertimbangkan bila LCD TV anda berukuran 32 inci. Rata rata menyebut HD TV, dengan kerapatan 1366 x 768 pixel. Lebih tinggi resolusi monitor FHD yang ukurannya hanya 24 inci.

Bluestack X baru, tidak di install tapi berbasis Cloud dan tampil di browser dengan layar Android. Bluestacsk emulator OS Android bekerja di OS Windows. Computer dapat mengaktifkan Bluestacks, nantinya akan muncul ukuran layar seperti tablet. Memu pengembang OS Android berbasis di computer lain.

Melihat layar Android di computer, ada cara paling mudah. Sekaligus remote Android di PC tanpa perlu install software. Scrcpy adalah software gratis, untuk menampilkan layar Android di computer. Seperti membuat Mirror Screen Android dan PC. Koneksi WIFi, LAN, USB kabel. SCRCPY 2.0 dapat membuat mirror layar dengan audio dan video - Maret 2023



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.