Kapal terbesar sekarang Triple E


Kategori : Stuff | Date : 20 February 2013
Kapal terbesar itu seperti apa. Panjangnya ratusan meter, lebih tinggi dari stadium London Olympic. Itulah kapal Triple E yang mulai melayani angkutan barang bulan Juni 2012 lalu. Menjadi kapal pengangkut raksasa . Membuat kapal raksasa sekelas Triple E, membutuhkan besi setara 8 kali menara Eiffel dan mampu membawa 18 ribu kontainer berukuran 20 feet.



Barang sebanyak itu setara angkutan 30 kereta api lebih. Bila dimasukan kendaraan, maka setara 36 ribu kendaraan dapat dibawa oleh kapal tersebut. Kapal laut pengangkut barang sekelas Triple E bukan satu satunya jenis kapal terbesar terbesar yang pernah ada. Kapal lainnya yaitu ULCC dibangun tahun 1970 untuk mengangkut minyak. Panjangnya 400meter dan baru dipensiunkan tahun lalu. Saat ini hanya beberapa kapal tipe ULCC yang ada tetapi ukurannya lebih pendek.

Untuk kapal kontainer agak berbeda, dan terus dibuat semakin besar. Dibawah ini perkembangan tentang angkutan laut dengan perbandingan ukuran kapal.




Bagaimana kapal sebesar Triple E bisa docking di pelahuban. Itu tantangan dari disain kapal dan pelabuhan kata Paul Davey dari Hutchison Port. Pelabuhan harus menginvesitaskan ruang pelabuhan bagi  kapasitas kapal sekelas ini. Kapal datang penuh barang dan pergi dalam keadaan kosong.Pemilik kapal ingin barang mereka sudah turun dalam waktu 24 jam. Pelabuhan kapal Felixstowe dapat menerima kapal sekelas Triple E, dan menangani 42% pengiriman di Inggris. Setiap hari ada 58 kereta api keluar masuk membawa barang dari pelabuhan.

Ada 163 kapal laut dengan kapasitas diatas 10.000 TEU, tetapi 120 kapal lain sedang di pesan. Termasuk 20 kapal sekelas Triple E. Berapa harga satu kapal sekelas Triple E, harganya $190 juta.

Dibawah ini kapal terbesar yang ada

  1. Marco Polo, 395x54m. Menjadi kapal pengangkut kontainer terbesar dengan kapasitas 16 ribu TEU. Kapasitas lebih kecil 1.980 TEU dari Triple E yang diluncurkan November 2012.
  2. E Class dari Maersk, 397mx56m. Menjadi kapal laut terpanjang, hanya 3 meter lebih kecil dari Triple E. Pertama berlayar pada tahun 2006.
  3. T1 Class Supertanker Euronav, 380mx68m. Menjadi tanker terbesar dengan daya tampung 503 juta liter minyak. Menjadi kapal laut terkuat dengan kapasitas 442 ribu ton. Diluncurkan tahun 2003 dan hanya ada 2 kapal yang masih berlayar.
  4. Oasis of the Seas atau Royal Caribbean, 362x65m. Kapal penumpang terbesar dengan kapasitas 8072 orang. Diluncurkan tahun 2009 dan menjadi kapal kembar Allure of the Seas.




Angkatan laut Inggris memiliki kapal induk terbesar Class HMS Queen Elizabeth. Setidaknya 1 dari 2 kapal induk dibangun untuk armada angkatan laut.

Helikopter membawa beban paling berat. Memiliki daya angkut 10 ton sampai 20 ton. Dimiliki oleh Rusia dengan beban paling besar adalah Mil Mi-26. Sikorsky CH-53K beban angkut ekternal dan helikopter terbang paling tinggi, disusul Changhe Z-18 dari China menjadi helikopter kedua yang memecahkan rekor terbang sampai 9000 meter.

Kapal selam drone mata mata Amerika tertangkap. Seperti apa alat terebut, apakah tidak dijelaskan fungsinya. Walau pemerintah China berjanji akan mengembalikan Glider selama. Apakah mereka tidak tahu banyak alat instrumen berada di lautan.



Truk Liebherr T 282 C adalah truk  dengan daya angkut luar biasa. mampu membawa beban total 600 ton, setara beban 15x truk kontainer. Truk Liebherr T 282 C dipastikan tidak akan ada di jalan raya. Karena bobotnya sangat berat dan ukuran lebih besar dibanding truk biasa.

Angkatan laut Amerika memiliki Hovercraft atau kapal ampibi yang dapat mendarat dari laut ke darat. LCAC - Landing Craft Air Cushion atau disebut juga Hovercraft ini berukuran sangat besar.  Hanya dimiliki 2 angkatan laut dari Amerika dan Jepang, dan masih bertahan sampai sekarang

Perusahaan kapal Simon Mokster membuat sebuah kapal Stril Luna, tapi dirancang di bagian kemudi oleh Rolls-Royce. Disain ruang kemudi kapal tidak jauh dari pesawat Star Trek dengan gaya futuristik. Lebih mirip seperti ruang kantor modern, lengkap dengan kendali layar sentuh

Satu lagi kapal induk atau kapal membawa pesawat terlihat sedang dibangun. Satelit Airbus Defence and Space Imagenry menampilkan sebuah konstruksi dari bulan Mei 2015 sampai 22 September 2015. Terlihat konstruksi seperti kapal tapi berukuran besar.



Kapal Triple E sebagai kapal angkutan terbesar lain sedang dibangun di galangan Daewoo. Salah satu insinyur Soran yang bekerja di Maersk sejak tahun 1976 akan pensiun. Kapal ini menjadi kapal terakhir yang ditangani. Soran sempat nyeletuk, ini kapal cargo lainnya yang sedang dibangun hanya ukurannya sedikit lebih besar

Susah membayangkan apa yang bisa di angkut oleh kapal Heavy Lift. Kapal pengangkut terbesar ini mampu membawa barang apa saja yang besar dan utuh. Kapal ini dirancang untuk membawa barang yang tidak bisa di angkut oleh kapal laut lain.

Cerita perjalanan ke Antartika masih berlanjut Kapal dari China mulai terjebak dan tidak bisa keluar Kapal Rusia sudah stuck disana. Kapal dari Australia belum berhasil menembus lapisan es. 3 negara meminta bantuan Amerika mengirim Polar Star

Bagaimana pembuatan kapal raksasa untuk mengangkut kontainer, tidak dilakukan disatu tempat. Dari proses pengelasan, perakitan sampai membentuk kapal. Apa dampak pembuatan kapal raksasa bagi biaya angkutan dunia.

Kapal untuk tempat tinggal pekerja saat ini kurang nyaman, karena ikut bergoyang terkena gelombang laut. Satu rancangan kapal Offshore Accommodation akan tetap berdiri lebih stabil.

Kapal milik Emma Maersk kelas Triple E dibuat video Timelapse. Kapal dengan kemampuan membawa cargo raksasa ini sedang parkir di Busan Korea. Seperti apa kapal tersebut bila parkir.



Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.

Ukuran status sosial di Korea Utara adalah barang elektronik. Bahkan pemerintah Korea Utara memberikan sebuah lemari es kepada peraih medali emas olympiade. Atau memberikan sebagai hadiah bagi rakyat yang loyal kepada negara.

Helm keren, tidak untuk helm LiveMap. Bukan saja keren, tapi memiliki fitur khusus sebagai navigasi. Seperti helm pesawat tempur F 35 memiliki HUD atau layar kecil yang dapat dilihat pilot di dalam helm.

Kai Tak adalah airport tua peninggalan Inggris, memiliki landasan menjorok keluar di antara pulau Hongkong dan daratan. Bandara tersebut sudah tidak terpakai sejak pemindahan ke airport baru yang jauh lebih modern.

Cerita menarik dari seorang pemuda meminum kecap sampai satu liter. Karena mencoba menerima tantangan dari temannya, kalau berani minum satu botol kecap ini. Apa yang terjadi.

Masih memiliki TV projector Toshiba tua yang ukurannya 50 inch. Bila tidak dipakai coba saja buka bagian kaca depan projector tersebut. Grant Thompson melakukan percobaan dengan kaca pembesar di projector hasilnya menarik

Supersize Wind Turbines atau turbin angin raksasa untuk pemasangan di laut tidak murah. Siemens mengunakan teknik cepat dengan merancang kapal laut untuk pemasangan turbin angin.

Mampu membawa apa saja, dari kapal, kereta, truk dan berlayar dari Cina ke Eropa. Kapal laut Marco Polo adalah kapal jenis vessel terbesar dengan panjang kurang dari 1.300 feet.

Ukurannya hampir 4x panjang lapangan football, menampung 6000 penumpang. Ada 2 kembaran kapal ini tetapi salah satunya sedikit lebih kecil. Tidak diijinkan melintas di terusan Panama, karena terlalu besar

Sedang melakukan uji coba berlayar. Satelit Amerika DigitalGlobe mengambil gambar kapal induk pertama milik Cina. Terlihat sedang melakukan uji coba di laut Kuning.


No popular articles found.