Science | 18 February 2021

Robot Perseverance Mars 2020 suara robot berjalan di Mars


Sejak pesawat ruang angkasa dan robot Viking 1 mendarat di Mars tahun 1975. Nasa berhasil mengirim 7 rover ke planet Mars.




18 Februari 2021
Nasa akan membuat layanan berbasis web untuk menyelusuri langsung ketika menjelajah di planet Mars.

Aplikasi rover Mars 2020 Perseverance sudah dapat dilihat posisinya di website Eyes Nasa

Tanggal 19 Februari 2021, rover berhasil mendarat di planet Mars



Dikirim 30 Juli 2020, sampai 7 bulan kemudian di Mars.
Target pengoperasian rover Perseverance diharapkan dapat bekerja selama 687 hari Bumi, atau 1 tahun waktu di planet Mars.

Juni 2020


Robot Perseverance tertunda akibat sistem roket Atlas 5 yang dicoba memiliki masalah tidak normal ketika di uji coba 22 Juni 2020 lalu.
Bila roket yang membawa rover bermasalah, rover tidak akan menuju tujuan. Dan penelitian ilmiah dengan planet Mars tentu saja tertunda kembali.
Nasa harus memastikan semua peluncuran akan sempurna.

Jadwal peluncuran untuk ruang antar planet lebih ketat, karena bukan membawa satelit, melainkan sebuah robot ekploerasi di planet Mars.
Dan insinyur berharap roket benar benar siap dan rover Perseverance dapat dikirim dalam 2 minggu setelah tanggal 17 Juli 2020.

Peluncuran roket ke ruang angkasa terkendala dengan beberapa faktor.
Dari cuaca sampai masalah teknis, dan paling penting posisi planet Mars saat ini paling tepat karena jaraknya cukup dekat dengan Bumi.



Bila terus tertunda, posisi planet Mars akan bergeser lebih jauh, dan harus menunggu kembali sampai 2 tahun.
Sedangkan jarak planet Mars dan Bumi akan berada di sisi yang sama ke matahari setiap 26 bulan.

Bila tertunda saja maka robot harus disimpan kembali selama 2 tahun dan memerlukan biaya 500 juta dollar. Mungkin biaya tersebut untuk kondisi ruang vakum.
Sedangkan biaya sekarang saja sudah menghabiskan biaya 2,4 miliar dollar sampai roket siap di berangkatkan.

2017 Desember
Di planet Mars saat ini ada dua rover milik Nasa yaitu Rover Curiosity dan Rover Opportunity.
Tetapi semuanya tidak ada yang membawa sampel seperti batuan dan tanah kembali ke Bumi. Tugasnya hanya menganalisa dan mengambil data.

Satu langkah Nasa yang berbeda adalah Rover Mars 2020.
Rover yang dirancang khusus dapat mencari es sampai kedalamanan 9 meter dibawah permukaan tanah.

Mengunakan laser ultraviolet dapat membaca atom karbon, dan melihat mungkin ada jejak karbon purba di planet Mars.

Bentuk Rover Mars 2020

Robot memiliki kemampuan membor batuan dan mengambil sampel. Bahan sampel dari planet Mars adalah sampel penting, disini tugas robot akan mengumpulkan batuan penting.

Pengetahuan yang dicari seperti
Mengidentifikasi lingkungan masa lalu yang mampu mendukung kehidupan mikroba.
Mencari jejak bio, seperti adanya mikroba yang ada di planet Mars dimana bisa hidup. Terutama batuan khusus yang diketahui dapat menyisakan tanda-tanda kehidupan dari waktu ke waktu.
Mengambil sampel dari inti batuan dan tanah.
Mempersiapkan uji produksi oksigen di atmofer Mars. Nantinya sebagai data pendukung untuk persiapan manusia ke Mars. Mengingat planet Mars di dominasi oleh 96% gas karbon dioksida. Peneliti mencari cara agar dapat mengekstrak gas CO menjadi O2. Sehingga manusia mendapatkan oksigen untuk pendukung hidup, bahan transportasi dan sistem penting lain seperti bekerja di planet Mars nanti.
Program Rover Mars 2020 menjadi bagian dari pengiriman manusia pertama ke planet Mars yang akan dilakaukan tahun 2030

Tugas utama melihat planet Mars apakah dahulu pernah ada kehidupan.
Mengumpulkan batuan ke dalam  tabung untuk diteliti.
Setelah semua terkumpul, tabung akan dikirim kembali keluar planet Mars dan diambil satu pesawat ruang angkasa Nasa.
Dan dikirim pulang ke Bumi untuk penelitian laboratorium lebih lajut



Robot akan berjalan antara 5 - 20km. Dan disain roda robot terbaru yang lebih baik. Pertama kali rover yang dikirim ke Mars membawa bor.

Setelah diambil, robot akan mengirim balik, dengan mengirim ke luar dari planet Mars dan mengirim ke Bumi dan diteliti.

Nasa rencananya sudah menentukan 3 lokasi yang mungkin sangat tepat, dimana lingkungan planet Mars dahulunya memiliki kehidupan.
Columbia Hill, Ne Syrtis Major atau Kawah Jezero

Roger Rover Mars 2020 dikirim musim panas Juli atau Agustus 2020 mengunakan roket Atlas V.
Nasa akan menurunkan rover dengan posisi tergantung, dan dibagian atas menahan dengan roket pendorong dan parasut.
Misi diperkirakan selesai selama 687 hari waktu bumi.
Rover disana akan dikendalikan dari bumi dengan pemancar parabola khusus untuk kendali pesawat ruang angkasa yang disebut Deep Space Network

Instrumen yang dibawah
Planetary Instrument for X-Ray Lithochemistry (PIXL). Peralatan spektrometer sinarX untuk menentukan komposisi material halus.
Radar Imager for Mars (RIMFAX). Radar yang dapat menembus permukaan tanah dan melihat kepadatan lapisan, struktur, menditeksi adanya es serta garam.
Mars Environmental Dynamics Analyzer (MEDA). Satu alat sensor mengukur temperatur, kecepatan angin dan arah angin, sampai kelemaban, radiasi dan mengukur partikel debu.
Mars Oxygen ISRU Experiment (MOXIE). Teknologi penelitian yang dapat menghasilkan oksigen dari gas karbondioksida di atmofer Mars. Bila berhasil maka peralatan dapat dibuat lebih besar untuk mendukung manusia hidup. Jika suatu hari manusia mendarat di planet Mars, atau membuat bahan bakar roket.
SuperCam. Peralatan mengambil gambar, sekaligus komposisi kimia dan mineral batuan. Sama seperti camera di robot Curiosity yang masih bekerja di planet Mars.
Mastcam-Z. Untuk pencitraan gambar sterokospik dengan kemampuan zoom.
Scanning Habitable Environments with Raman and Luminescence for Organics and Chemicals (SHERLOC). Peralatan spektrometer ultraviolet.
Dua mikrofon. Untuk merekam suara selama pendaraan.
Total terdapat 23 camera di rover Perseverance.

Sensor dan peralatan Mars Rover 2020

Komunikasi ke robot Perseverance Mars 2020.
Robot memiliki 3 antena, Ultra High frekuensi, Xband High Gain, dan Xband Low Band.

Sinyal radio UHF bekerja di 400Mhz, untuk berkomunikasi dengan Bumi. Tapi tidak langsung dikirim dari permukaan planet Mars. Dikirim relai dari sebuah satelit di Mars Nasa Orbiter.


Komunikasi harus dilakukan dengan jarak berdekatan, seperti berbicara dengan walkytalkie.
Dari Orbiter sinyal di kirim kembali ke Bumi dengan jedah keterlambatan antara 5 - 20 menit karena jarak Mars sangat jauh.
Sinyal Orbiter diteirma oleh antena besar khusus untuk pesawat ruang angkasa DNS. Dengan tranmisi high data rate sekitar 2Mbit perdetik.

Sinyal Xband bekerja di 7 - 8 Ghz.
Adalah antena high gain dengan spesifikasi arah khusus dan arahnya dapat dikendalikan. Sinyal langsung diterima oleh antena parabola DNS 35meter dengan kecepatan 160/500bit. atau antena lebih besar 70m dengan kecepatan 800/3000bit yang berada di Spanyol.

Sinyal Xband Low Gain 7 - 8Ghz
Hanya digunakan untuk menerima data perintah dari Bumi. Kecepatan 10bit/s yang dikirim oleh antena DNS 30 meter atau 30bit perdetik dengan antena DNS 70meter.

+ Mars.nasa.gov/mars2020/


Artikel Lain

Agustus 2023, Nasa mencoba kirim rover untuk menanjak ke gunung Sharp. Foto awan di planet Mars tinggi 60km Mei 2021. Rover Curiosity mengambil foto selfie di planet Mars Oktober 2020. Robot terlihat sudah berdebu terkena material. Bagian roda robot terlihat berlubang setelah ekspedisi dilakukan sampai sekarang.

Di tahun 2021 NASA mengirim sebuah pesawat ruang angkasa. Tujuannya berbeda bukan untuk menjelajah, tapi menabrak dirinya ke sebuah asteroid kembar. Dua asteroid biner disebut Didymos-Dimorphos, dicoba untuk di geser.



Sebuah kotak terbungkus warna emas dibawa disimpan di dalam sasis robot Perseverance. Peralatan tersebut akan membuka salah satu kunci dari tantangan manusia menjelajah ke planet Mars. Tim MIT tetap menguji dengan kondisi alam di Mars, khususnya pada akhir musim.

Setelah renana bertahun-tahun, roket Artemis 1 siap diluncurkan Agustus 2022. Menguji modul Orion untuk terbang mendekati Bulan, tapi misi percobaan tersebut tidak membawa astronot. Masih 1 tahap untuk menguji membawa astronot dan terakhir baru mendarat

Penampakan lain yang tidak biasa tertangkap penjelajah Mars Perseverance NASA. Kali ini objek ditemukan dan tertangkap di camera penghindar sisi kanan. Mengambil gambar seperti tali, dan penguna internet menyebut spageti galaksi, berada di sebelah batu.

Ahli mengatakan membuat mars layak huni masih mungkin. Dibuat perisai planet agar angin matahari tidak menerpa atmofer planet yang tipis. Ide baru ini mulai terlihat, bagaimana membuat suhu planet lebih hangat. Khususnya memanfaatkan kandungan gas CO2 yang sangat besar dari atmofer.

Misi MAV Nasa untuk mengirim batuan Mars ke Bumi tidak semudah rencana awal. Rencana mengirim bersamaan pengambil sampel dan roket keluar dari Mars, belum dapat dilakukan. Nasa meminta batuan ESA mendisain pesawat ruang angkasa untuk mengirim balik ke Bumi.



Nasa akan mengunakan cahaya laser inframerah untuk komunikasi ruang angkasa. LCRD sistem relai dari satu satelit di ruang angkasa untuk komunikasi ke Bumi. Dapat mengirim data lebih besar, dibanding komunikasi sinyal frekuensi.

Teori astronom untuk Goldilock, dimana sebuah planet memiliki suhu yang tepat untuk kehidupan. Asisten profesor Washington University, ada faktor penentu baru dengan  ukuran planet bukan hanya besar dan kecil, tapi berdampak mempertahankan magnetik planet, cairan, atmosfer yang ada sesuai bobot ukuran planet.

Rover Zhurong telah di planet Mars, menjadi robot kedua selain milik Nasa. Mengunakan tenaga panel surya, diharapkan dapat bekerja dari 90 hari. Tetapi itu perkiraan, bisa saja rover bekerja lebih lama untuk menjelajah planet Mars. Cerita Rover Opportunity bahkan bekerja selama 15 tahun.

Helikopter Ingenuity berhasil terbang di planet Mars. Tonggak sejarah antariksa benda melayang di dunia lain. Planet berbeda, atmofer berbeda,gravitasi berbeda, aturan tentu berbeda. Misi Ingenuity berakhir 18 Januari 2024, setelah satu dari 4 baling rusak dan misi telah selesai

Bila melihat cahaya matahari di Bumi, apakah sama seperti di planet lain. Cahaya matahari berinteraksi dengan molekul di setiap planet. Di Bumi cahaya biru akan mendominasi di siang hari, dan kuning serta biru lain ketika matahari terbenam. Apakah yang dilihat di planet lain sama.

Frank Drake seorang pencipta formula persamaan Eponymouse untuk memprediksi probabilitas kemungkinan menemukan kehidupan d luar bumi dengan komunikasi. Pesan dari tranmisi yang ditangkap dari ruang angkasa adalah ide konyol, mahal. Proyek SETI sementara dihentikan.

Foto robot Curiosity berada di planet Mars. Diabadikan dari ketinggian 400km oleh pesawat MRO. Lokasi robot terlihat seperti titik biru dari pantulan panel surya. Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise.



Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Sumber cahaya GRB 080319B berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.