Technology | 3 February 2021

Teknologi kabel optik PON Passive Optical Network 100Gbit perdetik



Kecepatan internet modern mengunakan serat optik.
Diawali jaringan kabel serat optik bawah laut untuk mengantikan jaringan satelit.
Masuknya modem dengan teknologi serat optik yang lebih cepat, tidak dipengaruhi cuaca seperti kabel coax.

Kecepatan Passive Optical Network PON atau kita kenal dengan modem GPON tidak secepat yang kita bayangkan.

Rata rata hanya mencapai 1Gbit atau 2Gbit, tetapi teknologi saat ini memungkinkan koneksi 10Gbit/s dengan serat optik.

Perusahaan telekomunikasi Vodafone dan Nokia masih melakukan test generasi terbaru Passive Optical Network.

Nokia sementara menargetkan peningkatan kecepatan sampai 25Gbit/s untuk awal implementasi.
Kedepan diharapkan mencapai 100Gbit/s, setara 10x kecepatan fiber optik tercepat melalui jaringan kabel serat optik.

Test mengunakan fasilitas perusahaan Verizon di Eschborn Hesse. Secara teknik sudah dilakukan uji coba sampai 100Gbit dengan satu serat kabel optik.

Untuk apa kecepatan 100Gbit perdetik. Sementara computer saat ini tidak mampu menampung data secepat itu.
Kecepatan SSD NVMe storage saja baru mencapai 7GB/s atau setara 70Gbit perdetik. Belum lagi kecepatan port yang masuk ke computer melalui modem.
Tentu saja tidak seperti itu, karena teknologi tersebut nanti digunakan secara bersamaan.

PON 100Gbit Nokia Verizon



Banyak rencana untuk koneksi kecepatan tinggi. Salah satunya aplikasi holografik 3D untuk menghubungkan orang ke tempat lain.
Dengan resolusi 8K, memang dibutuhkan kecepatan tranfer sangat besar.
Aplikasi lain seperti medis, edukasi, sampai industri dan usaha retail mungkin membutuhkan teknologi baru dengan kecepatan tranfer data sangat tinggi.

Perusahaan Vodafone telah mengunakan koneksi 10Gbit PON yang disebut Next Generation Network / NGN. Dan beberapa aplikasi sudah mengunakan kecepatan 100Gbit PON.
Kapan teknologi modem fiber optik mendapat teknologi kecepatan tinggi dapat tampil.
Masih jauh, operator jaringan dan Nokia saja baru berencana mengimplementasikan sampai 2030 nanti.

Seperti apa kecepatan 100Gbit perdetik. Kira kira nonton 4000 film 4K atau UHD secara simultan tanpa buffer kata Vodafone.



Artikel Lain

Google akan membuka paket internet sampai 8Gbps. Menjadi layanan tercepat disana, mengalahkan paket internet provider lain. Paket lain 5G atau 5Gbps, dan semua perangkat disediakan termasuk instalasi dari teknisi profesional. Karena pesaing provider lain meningkat ke paket internet Gigabit

DirectStorage dirancang untuk DirectX 12 akan tampil bersama Windows 11. Teknologi DirectStorage dapat memangkas kelambatan pada game dengan CPU dan GPU. Mengapa DirectStorage menjadi penting, dan apa yang berubah. Salah satunya proses input dan output ke storage, akan dipercepat tanpa banyak penanganan dari CPU



Mengunakan roket biasa untuk perjalanan ruang angkasa, sukar dilakukan. Tabung besar untuk tangki bahan bakar, belum tentu cukup untuk perjalanan yang cukup lama. Nasa mengatakan emDrive. Peneliti California mengatakan gas Metana lebih baik

Snapdragon 782G penganti Snapdragon 780. Snapdragon 888 update ke Snapdragon 888+. Snapdragon 775 dan 778G model smartphone kelas menengah. Qualcomm Snapdragon 888 mengunakan arsitek Cortex A78 akan tampil bersama beberapa produsen smartphone. Snapdragon 870 5G mengantikan Snapdragon 865 dengan Cortex A77

Micron UFS 4.0 diproduksi 2023, untuk 256GB 512GB dan 1TB storage smartphone. Samsung UFS 4.0 lebih cepat 1.6x dibanding UFS 3.1. Toshiba kembali mengumumkan teknologi memory UFS 2.1. Tahun 2019, Samsung siapkan eUFS 2.1, smartphone memiliki 1TB Storage.

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.



Youtube Obengplus

Trend