Meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013


News | 15 February 2013

Sebuah meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 jam 9;20, lokasi di Ural. Membuat jaringan internet dan telepon sempat terputus. Meteor menabrak satu bangunan pabrik sampai roboh. Meteor jatuh tidak ditengah kota melainkan ke arah sebuah danau dekat kota Chebarkul. Bunyi ledakan di sekitar meteor membuat kaca bangunan disekitarnya pecah akibat shock wave atau gelombang lintasan meteor. Meteror terbakar ketika memasuk atmosfir lalu terpecah ketika jatuh ke bumi

Kabarnya sekitar 1000 orang terluka dan 270 gedung rusak karena kaca  pecah akibat suara ledakan dan gelombang kejut yang keras via CNN

Dari Russian Space Agency Roskosmos mengatakan meteor tersebut jatuh dengan kecepatan 30km perdetik. Yang jatuh adalah meteor dan bukan asteroid DA14 yang hanya melintas hari Sabtu pagi nanti.

Apa perbedaan antara meteor dan asteroid. Meteor hanya pecahan batu di ruang angkasa. Biasanya berasal dari batuan yang lebih besar seperti komet dan asteroid. Kecepatan jatuh mencapai 30.000km perjam. Meteor cukup besar yang jatuh ke bumi diperkirakan antara 5-10 buah pertahun. Tetapi yang terjadi di Rusia jumat lalu adalah kejadian langka, biasanya terjadi setiap 5 - 10 tahun sekali.
Dampak ledakan biasanya membuat gelombang kejut dan membuat getaran beberapa kilometer ketika meteor menghantam permukaan tanah.
Meteor dibagi menjadi 2 jenis, 90% mengandung besi dan meteor jenis lain memiliki bahan oksigen, besi, silikon, magnesium dan bahan lainnya. Disebut meteorit atau bintang jatuh, ketika meteor tidak hancur terbakar di atmosfir. Dan sisanya menghantam bumi.

Asteroid bisa berasal dari sabuk asteroid yang memiliki orbit antara planet Mars dan Jupiter.  Jumlahnya sekitar 750 ribu, ukurannya ada yang mencapai beberapa ratus km. Seperti asteroid Ceres memiliki ukuran 940km  dan tidak memiliki atmosfir. Asteriod dengan ukuran cukup besar akan memiliki daya gravitasi.





Seperti berita yang disebutkan sebelumnya, meteor jatuh di sebuah danau. Lubang dibawah ini terletak di danau Chebarkul, sekitar 1500km dari kota Moskow. Tetapi pihak Rusia mengkonfirmasi belum menemukan meteor tersebut.















Dibawah ini suara benturan dan semua kaca pecah


Berita terkait
Sebelum 30 Mei, posisi Mars akan segaris antara Matahari, Bumi dan Mars pada tanggal 22 Mei sebagai posisi terbaik mengabadikan Mars. Dan pada tanggal 31 Mei 2016, jarak Mars ke Bumi hanya 75.3 juta km. Menjadi jarak terdekat antara Mars ke Bumi, setiap 11 tahun sekali

Sore hari , 3 November 2014 sebuah meteor melintas di atas Jepang. Memberikan pertunjukan cahaya menakjubkan dengan warna hijau dan kuning. Karena di meteor terdapat kandungan magnesium dan natrium.



Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Sejak tahun 2000 sudah 26 meteor ukuran besar menabrak bumi.

Satu lagi meteor melintasi di Rusia tertanggal camera Dashcam oleh 2 pengendara. Kejadian pada hari Sabtu jam 2.10 pagi. Masih dipertanyakan apakah kedua video ini asli dan hanya tertulis Meteorite and Murmansk.

Meteor kecil yang jatuh ke Bumi tidak di sangka nyaris menghantam seorang penerjun. Hanya berjarak beberapa meter, meteor yang jatuh terekam di camera setelah penerjun membuka payung.

Tertanggal 22 Maret atau 23 Maret 2013 waktu Indonesia. Sekitar jam 7.30 malam waktu setempat, sebuah meteor terlihat melintas dari barat ke timur. Dari American Meteor Society / AMS mendapatkan 300 laporan tentang meteor yang melintas sampai ke Maine

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.



Colin Legg mengabadikan asteroid yang melintas di Australia. Mengunakan teknik timelapse pada jam 3:24 pagi, lokasi 350km sebelah timur dari kota Perth.

Sebuah video Every meteorite fall on earth mapped on CartoDB. Memberikan peta dimana saja meteor sering jatuh. Pulau Jawa mendapatkan jatuhan meteor paling banyak di Indonesia

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.

Satu lagi asteroid YQ1 memiliki lintasan dekat bumi bahkan sempat membuat heboh dengan perkiraan asteroid tersebut dipastikan menabrak bumi tahun 2106. Hal tersebut kembali dikoreksi setelah memperhitungkan lintasan asteroid YQ1




No popular articles found.