Asteroid YQ1 tidak menabrak bumi tahun 2106


Kategori : News | Date : 14 February 2013
Tanggal 16 Februari 2013 , asteroid DA14 akan melintas sangat dekat dengan bumi. Tetapi tidak membahayakan, kecuali adanya kemungkinan satelit tertabrak asteroid tersebut.

Satu lagi asteroid YQ1 memiliki lintasan dekat bumi bahkan sempat membuat heboh dengan perkiraan asteroid tersebut dipastikan menabrak bumi tahun 2106. Hal tersebut kembali dikoreksi setelah memperhitungkan lintasan asteroid YQ1 dan hanya memiliki kemungkinan 1 per 3 juta setelah di observasi selama 4 hari. Dan berkurang resikonya setelah perhitungan hari ke 10 dengan kemungkinan 1 berbanding 10 juta.

Ukuran asteroid YQ1 sekitar 3/4 lapangan bola, bila menabrak bumi akan berdampak buruk bahkan menghancurkan sebuah kota.
Ditemukan oleh 2 astronom Andrey Oreshko dan Timur Kryachko pada 19 Desember 2012. Mengunakan teleskop Elena di gurun Atacama Chili.

Dibawah ini lintasan menurut NASA




Berita terkait
Diharapkan lintasan asteroid tidak bergeser. Asteroid99942 apohis memiliki lebar sekitar 370 meter. Asteroid Apophis mengambil nama dari bahasa mitologi Mesir atau sebagai setan. Ditemukan tahun 2004 dan bila melenceng maka bumi selamat tapi mengarah ke bumi menjadi bencana.

Data dari Potentially Hazardous Asteroids (PHAs) menyebutkan sekitar 1.400 objek (asteroid) telah ditemukan sampai awal 2013. Orbit asteroid sebesar ini mengancam kehidupan di bumi. Rata rata yang jatuh hanya 3-4 meter



Tertanggal 22 Maret atau 23 Maret 2013 waktu Indonesia. Sekitar jam 7.30 malam waktu setempat, sebuah meteor terlihat melintas dari barat ke timur. Dari American Meteor Society / AMS mendapatkan 300 laporan tentang meteor yang melintas sampai ke Maine

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.

Sebuah video Every meteorite fall on earth mapped on CartoDB. Memberikan peta dimana saja meteor sering jatuh. Pulau Jawa mendapatkan jatuhan meteor paling banyak di Indonesia

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.

Sebuah meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 jam 9;20, lokasi di Ural. Membuat jaringan internet dan telepon sempat terputus. Meteor menabrak satu bangunan pabrik sampai roboh. Meteor jatuh tidak ditengah kota melainkan ke arah sebuah danau dekat kota Chebarkul.



Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.




No popular articles found.