Roket terbesar di era modern


Technology | 12 October 2020


2020 Oktober
SpaceX mengembangkan roket super cepat untuk mengirim beban sampai 80 ton.
Roket tidak hanya digunakan untuk membawa muatan ke ruang angkasa, melainkan barang kargo yang dibutuhkan militer atau area darurat dengan cepat.
Mencapai kecepatan 7.500 mil perjam atau sekitar 11 ribu km perjam dan mengirim barang ke mana saja di seluruh permukaan bumi dalam waktu 60 menit.

Ide dari Militer Amerika dan SpaceX bekerja sama untuk mengirim barang dengan roket dan mampu mengangkut sistem persenjataan dalam 1 jam.
Kecepatan tersebut untuk mengurangi waktu pengiriman muatan dengan pesawat terbang militer.

Pesawat C-17 harus terbang selama 15 jam untuk menempuh jarak 11.000km.
Harga pesawat Globemaster C-17 saat ini mencapai 218 juta dollar untuk membawa muatan 80 ton dengan kecepatan 900 km perjam.

2016
Nasa sedang merancang roket paling besar dan kuat, memiliki tinggi lebih dari 100 meter. Mengalahkan roket Saturn V yang mengangkut manusia ke Bulan. Mengunakan 20% bahan bakar hidrogen cair dan oksigen. Roket tersebut dinamai Space Launch System atau SLS. Untuk apa roket ini.

Targetnya membawa manusia untuk mengelilingi orbit di asteroid. Dan tahun 2030 untuk membawa manusia ke planet Mars. Tahun 2018 roket SLS akan memasuki tahap uji coba.  Setelah target ke Mars, roket tersebut mungkin bisa membawa manusia menuju Jupiter dan Saturnus.

Proyek Nasa sempat mengalami keterlambatan, termasuk roket SLS yang dijawalkan bisa diuji coba tahun 2017. Masalah pendanaan Nasa dipangkas oleh kongres pemerintah Amerika. Program SLS tetap berjalan, saat ini baru mencapai disain di Ames Reseach Center. Seperti apa bentuk roket masa depan dari Nasa, dibawah ini.







Update Agustus 2015
Nasa baru melakukan test mesin roket RS-25. Menjadi mesin roket paling rumit dan efisien. Mengunakan bahan nitrogen cair, serta menjadi mesin roket yang akan mengantarkan manusia mampir ke planet Mars.

4 mesin roket RS-25 nantinya akan dipasang untuk mengirim astronot ke ruang angkasa. Test terakhir dilakukan selama 9 menit.

Disainer mesin roket RS-25 adalah Aerojet Rocketdyne dari California, dirakit dan di test di Mississippi, lalu dipasang menjadi mesin roket di Louisiana, baru dikirim ke tempat pengujian di Florida. Roket pendorong dengan tinggi hampir 3 meter dan diameter 2 meter hanya memiliki bobot satu mobil kecil atau sekitar 3 ton.

Disebut juga mesin roket Ferarri, dengan tenaga dorong setara 13x kecepatan suara.



November 2016
Target Nasa untuk mengirim manusia ke Mars, masih menjadi kendala adalah dana. Roket SLS menghabiskan dana pengembangan sampai 3 miliar dollar pertahun.
Nasa berencana mengirim 1 misi setiap tahun dengan roket SLS atau Orion. Pertama dengan Exploration Mission 1 yang diluncurkan 2018. Tapi sebagian besar misi awal adalah ke bulan, untuk melakukan uji coba sebelum mengirim manusia sampai di planet Mars pada tahun 2030
Roket Orion menjadi alternatif pengiriman manusia ke Mars dibanding roket SLS. Roket dibangun perusahaan Lockheed Martin sebagai kontraktor utama. Tapi program tersebut akan dipangkas anggarannya, setelah pengantia presiden Amerika pada Januari 2017

Roket SLS dengan ukuran dan roket cargo

Berita terkait
Supercomputer Selene hanya membutuhkan waktu 1 bulan. Nvidia mengerjakan dengan cara modular, dan sistem pendingin yang lebih sederhana. Semua unit modul yang disebut SuperPod dibuat seragam, memudahkan instalasi serta pengawasan dengan robot khusus.

Update Ultra Blu-ray akan mendukung  High Efficiency Video Coding (HEVC) H.265 code dengan 60 frame perdetik movie, 10 bit gradasi dan High Dynamic Range. Tapi Samsung akan meninggalkan produk Blu-ray Player, kurang menguntungkan.




SolidEnergy sistem mengunakan anode bebas untuk baterai lithium. Membuat baterai lithium double capacity. Teknologi baterai lebih murah kurang dari 80% adalah Natrium-Ion, mengunakan bahan garam yang berlimpah di Bumi

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron




No popular articles found.