Penerbangan flight to nowhere inovasi maskapai


Stuff | 15 September 2020


Sewaktu remaja atau kulaih, mungkin ada yang pernah memiliki cita cita terbang tapi kembali ke tempat yang sama.
Misal gaya gayaan pergi ke Singapura, Hong Kong, Sydney dengan mengejar tiket diskon (wacana tiket murah yang dipesan 6 - 12 bulan sebelum jadwal).
Lalu terbang liburan untuk 1 sampai 2 hari. Entah bersama rekan dekat anda atau keluarga, sekedar melihat suasana di airport tapi tidak keluar dari ruang bandara.
Dan kembali pulang siang, sore harinya atau ke esokan hari. Sekedar mencari objek, liburan sesaat, atau cita cita nanti setelah bekerja untuk melakukan jalan jalan liburan yang singkat, bahkan sangat singkat tanpa membuang banyak biaya.

Mungkin hari ini di beberapa negara sudah memberikan layanan tersebut.
Walau tidak sama persis seperti  cerita diatas. Bedanya kali ini bukan impian, menjadi kenyataan walau terbang dari dan kembali di landasan yang sama.

Beberapa maskapai penerbangan memiliki pesawat yang tidak terbang. Karena turunnya jumlah penumpang selama pandemi.
Jumlah penumpang turun drastis, tidak mungkin memberikan harga potongan tiket lagi bahkan mengoperasikan pesawat.

Perusahaan penerbangan di Asia mulai menjual tiket khusus Flight to Nowhere, mencari solusi untuk layanan baru bagi pemasukan maskapai.
Apa yang dimaksud Flight to Nowhere. Sekedar bayar tiket, naik pesawat dan terbang beberapa jam dan pulang ke landasan yang sama.

September 2020, Singapore Airlines kabar mempertimbangkan membuat rute baru yang disebut flight to nowhere.
Terbang 3 jam sebelum kembali pulang lagi ke bandara yang sama.
Pesawat dijadwalkan berangkat dari Changi Singapura.

Walau rencana tersebut belum pasti, bila jadi maka Singapore Airlines bukan maskapai yang menawarkan paket terbang flight to nowhere pertama.
Penerbangan Taiwan dan Jepang sudah lebih dulu melakukan layanan terbang tamasya. Bahkan Quantas sudah beberapa tahun lalu membuat layanan seperti itu.



flight to nowhere

Di tahun 2020, semua perusahaan penerbangan mengalami kerugian besar selama Covid-19.
Karena di sebagian besar kota di dunia di kunci untuk datang dan pergi.
Maskapai memarkir pesawat berbadan besar seperti A380 tanpa diketahui kapan akan terbang kembali.

Beberapa maskapai harus melepas bagian kursi pesawat, untuk dijadikan pesawat kargo udara dibanding pesawat harus menganggur berbulan bulan.

Dengan penerbangan flight to nowhere, warga Singapura atau warga Expat yang tinggal disana dapat menikmati jalan jalan di udara selama beberapa jam.

Singapura memiliki 5,7 juta penduduk, dimana warganya tidak dapat keluar negeri sejak Maret 2020.
Perusahaan SQ telah mengumumkan inisiatif pake jalan jalan di udara ke publik kata CNBC.

SQ masih menjajaki bermitra dengan pariwisata Singapura. Bila pembayaran tiket dapat di kredit untuk pariwisata Singapura.
Sekali terbang sekitar 3 jam katanya

Apakah ada warga yang tertarik jalan jalan dengan Flight to nowhere

Leithen asal Australia tinggal di Singapura sejak 2001. Dia tertarik jalan jalan bila Singapore Airlines membuka jadwal penerbangan tersebut.
Saya pikir itu ide menarik, jadi bisa terbang untuk sesaat sambil refeshing.

Warga lain mengatakan kalau harganya masuk akal saya ikut. Saya ingin menikmati kembali suasana check-in, makan di pesawat dan tentu saja melihat awak pesawat ketika bekerja katanya.
Dari 308 responden sekitar 75% mau ikut.
Tapi biaya yang layak sekitar S$288 untuk kelas ekonomi disetujui oleh 45% responden. Sekitar 3 jutaan Rupiah untuk jalan jalan 2-3 jam.
Sedangkan 40% responden berani membayar S$588 tapi duduk di kursi kelas Business Class.
60% responden cukup jalan jalan 2 jam saja, yang lain mungkin ingin lebih lama.

Ide dari maskapai Singapura sudah dikemukakan oleh Direktur pelaksana Singapore Air Charter yang melayani jet pribadi ke Singapore Airlines.
Tapi berhenti karena SIA ingin mengunakan pesawat komersil mereka sendiri.
Layanan tersebut dapat mendukung ekonomi warga Singapura. Seperti produsen bir tradisional yang dimiliki warga lokal Singapura.



Kondisi buruk bagi Singapore Airlines dan Silk Air harus merumahkan 4.300 posisi karyawan mereka. Diperkirakan sektiar 2.400 karyawan akan terpengaruh dengan penghematan perusahaan.

Maskapai Taiwan dan Jepang lebih cepat

Agustus 2020, maskapai Jepang All Nippon Airways sudah lebih dulu membuat jadwal penerbangan flight to nowhere.
Terbang selama 90 menit, dan pesawatnya kelas besar yaitu Airbus A380.
Suasananya berbeda, dengan gaya resor Hawaii di lounge dan di dalam pesawat. Dahulu menjadi rute penerbangan dari Tokyo ke Honolulu.

Program dari penerbangan tersebut pas dengan kantong warga disana.

All Nippon Airways mengoperasikan 3 pesawat A380 dengan jadwal penerbangan Flying Honu.
3 pesawat di cat menyerupai penyu Hawaii dengan disain berbeda beda

Agustus 2020, Taiwan Eva Air meluncurkan terbang tamasya dengan Jet Hello Kitty.
Berangkat dari Taoyuan Taipei dan terbang hampir 3 jam di ketinggian 20.000 - 25.000 kaki.
Hanya untuk melihat pemandangan lebih dekat di kepulauan taiwan dan kepulauan Ryukyu Jepang.

Dibawah ini beberapa maskapai yang membuat layanan Flight to NoWhere

ANA Air Jepang - mengunakan A380 lengkap dengan souvenir. Hanya berisi 68% dari kapasitas tempat duduk dan 334 orang yang beruntung karena diundi.
Jadwal September 2020, tepatnya satu setengah jam di udara. Menawarkan paket Ana Flying Honu
Tiket paling mahal $470 duduk di First Class, dan paling murah $133

EVA AIr - di Songshan Airport menawarkan penerbangan di hari khusus Father Day selama 2 jam 45 menit hanya $185, dan tambah $32 mendapat kursi Business.
Tiket sebelumnya dengan paket pariwisata mengunakan pesawat Airbus A321 Neo diberikan 2 kelas untuk Economy $159 paling murah. Menginap di Westin Tashee Resort 2 hari, dan 1 paket untuk 2 orang.

Pesawat EVA Air pertama lepas landas pada 8 Agustus 2020. Sudah termasuk kartu WIFI, makan ala koki MIchelin plus boleh membeli barang bebas bea selama di pesawat.

EVA Air flight to nowhere

China Airlines Taiwan pesaing EVA - Terbang 2 jam dari Taoyuan.

Starlux Taiwan - terbang ke Pratas, katanya mau dibuka untuk rute lain.

Royal Brunei - dengan Dine and Fly trip, pertama terbang 16 Agustus 2020. Melintasi pulau kalimantan. September 2020 kabar akan di buka rute lain.
Terbang selama 85 menit, menu nasi lemak, ayam masak kunyit kedayan dengannasi. Hidangan penutup Gula Sago Melaka atau buah segar.
Tiket perdana terjual habis hanya 2 hari untuk 99 penumpang dan 300 orang lain masuk daftar tunggu.

Tigerair Taiwan, anak perusahaan CAL. Menjual 90 tiket pada 28 Juli 2020. Jadwal perjalanan 6 Agustus 2020 selama EMPAT jam.
Maskapai Taiwan memberikan tiket gratis yang berlaku selama 1 tahun dalam penerbangan Michelin Dining in the Air. Mengunakan A320, dan terbang dari Taoyuan, lalui lewat saja di Fukuoka Jepang dan kembali lagi.

Quantas - membuka Flight to NoWhere sejak beberapa tahun lalu. Melihat benua Antartika dengan jadwal 12 jam mengunakan Boeing 747. Sekarang rute tersebut mengunakan Boeing 787 Dreamliner. Bahkan pesawat diturunkan ketinggian 10.000 kaki tanpa menganggu satwa liar di Antartika.


Pilot memiliki rute alternatif bila spot pemandangan yang dituju terhalang akan dialihkan ke spot lain untuk para penumpang.
Selama Lock Down, penerbangan tersebut adalah penerbangan terjauh dari maskapai Quantas. Karena seluruh pesawat hanya di parkir.
Jadwal Antarctica Flights dari Quantas akan dibuka kembali 7 kali pada bulan November 2020 dan Februari 2021. Dikenakan tiket A$1199 Economy Class atau hemm Business Class A$8.000.
Makan di atas pesawat 2 kali dan dapat mengakses bar untuk semua penumpang. Harga tersebut tidak murah, tapi yang gila jalan jalan dan sudah menabung mungkin menarik mereka.
Quantas pada 17 Sep 2020 membuat pesanan online untuk terbang ke karang Great Barrier dan pantai Bondi. Jadwal terbang 10 Oktober 2020.
Penumpang dapat melihat melalui jendela pesawat dari Boeing 787 dreamliner bila cuaca mengijinkan. Hanya 130 tiket dan sudah bersih terjual 10 menit.
21 Business Class $AU$3.787, 24 seat Premium Economy AU$1.787, dan 104 Economy $787. Tempat duduk bagian tengah di kosongkan.

Air Canada di bulan September 2020 membuat tiket tanpa batas.
Air Canada meluncurkan Infinite Canada Flight Pass. Tiket baru dirancang sangat fleksibel untuk pembelian tikat pada 16-23 September 2020.
Tiket dijual tanpa batas, bebas jadwal penerbangan kapan saja, tanpa dikenakan denda dalam waktu 3 bulan dengan biaya tetap.
Tiket dibagi 3 kelas, Standar, Flex dan Latitude.
Kanada memiliki aturan pembatasan paling ketat di seluruh dunia, dengan pembatsan aturan federal dan antarprovinsi.
Pendapatan maskapai AIr Canada turun sampai 89%, bahkan memangkas puluhan ribu karyawan termasuk jadwal penerbangan yang sedikit.

Mengejar titik impas saja.
Biaya pembelian pesawat, dan gaji awak kabin serta tim pendukung telah membebani perusahaan penerbangan. Memangkas karyawan bukan hal mudah, lebih baik mempertahankan dengan mencari layanan berbeda.

Seandainya program di setiap maskapai tersebut berjalan untuk sementara waktu. Maka perusahaan dapat mencapai titik impas saja untuk bertahan.
Jadi tidak disebut rugi, tapi siapa tahu malah untung.

Indonesia
Jauh lebih beruntung, karena masih banyak tempat dengan negara yang luas walau pengawasan cukup ketat.
Sementara di Indonesia, tempat wisata boleh dikunjungi oleh warganya sendiri
Tentu berbeda dibanding Jepang, Taiwan atau Singapura yang hanya berada di satu pulau atau beberapa pulau dengan luas negara lebih kecil.

Berita terkait
Ada beberapa kebiasaan unik dari penumpang pesawat untuk First class, yang sekarang jumlah rute semakin sedikit seperti menghilang menjadi kursi langka. Dan bagaimana layanan First Class, apakah hanya tampil di depan penumpangnya saja. Apa layanan di kelas Business dan Premium Class. Pengalaman dibagikan oleh pramugari pesawat dari Jepang.

September 2018, sebuah pesawat Allegiant Air juga terbang diatas badai Florence. Penerbangan mulus dan tidak terjadi turbulensi. Pesawat terbang diatas badai tapi tidak kurang dari 7km diatasnya. Pengalaman tersebut dipertanyakan, apakah untuk menghemat bahan bakar atau mencoba menguji. Tapi pesawat sampai ketujuan bahkan 20 menit lebih cepat dari jadwal.



Video dramatis ini memperlihatkan tur safari di Afrika Selatan. Pemandu hutan ini cukup berterika dan mengangkat tangan untuk menghentikan si gajah. Dan gajah berhenti diam lalu mundur.

8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia

Pesawat Concorde sudah pensiun, menjadi sejarah sebagai pesawat jet penumpang tercepat melebihi kecepatan 1 mach. Kedepan pesawat Boom lebih cepat 180km perjam dibanding Concorde. Disusul pesawat Cygnus M3 dan jet pribadi Aerion AS2

Dalam penerbangan jarak jauh, penumpang diberikan makanan. Bagaimana bila penumpang ingin ke kamar kecil, bahkan pop di dalam pesawat. Kemana sampah di pesawat dibuang. Pesawat modern mengunakan teknologi pakum, untuk menganti sistem cairain biru.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.



Singapore Airlines akan kembali memegang rute pesawat terjauh. Terbang nonstop selama 19 jam dengan pesawat Airbus A350 900ULR. Sebelumnya Singapore Airlines memegang rute terjauh, tapi ditutup karena kurang menguntungkan. Digantikan rute kedua terjadu dari Quantas dengan rute Australia ke Amerika.

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Mungkin kita bertanya mengapa bandara diberi nama dengan 3 huruf. Awalnya bukan 3 tapi 2 huruf. Nama bandara diatur oleh IATA sebagai badan regulasi perbangan internasional. Seperti CKG adalah nomor bandara Cengkareng, walau nama bandara aslinya adalah Soekarno Hatta.




No popular articles found.
< /body>