Server pendingin air laut dari proyek Natick


Green | 14 September 2020



Mei 2018 uji coba di kepulauan Orkney Skotlandia selesai 2020
Microsoft memasukan 12 rak server dalam satu silinder dan dimasukan ke laut lepas di Skotlandia.
2 tahun kemudian atau tahun 2020, silinder diangkat kembali untuk diperiksa, dan melihat peralatan server yang rusak selama di dalam air.

Eksperimen Project Natick tersebut tampaknya berhasil
Total 864 server di dalam silinder, hanya 8 yang mengalami kegagalan kerja.

 Microsoft uji 
coba server dibawah air di skotlandia Project Natick

Ben Cutler pemimpin proyek mengatakan kerusakan server di dalam air hanya 1/8 kerusakan server di kantor data center.
Mengapa server lebih tahan bekerja di dalam air. Mungkin gas untuk pendingin yang dipakai adalah nitrogen di dalam silinder.
Dapat mengurangi korosif dan mendinginkan isi server computer di dalam tabung. Kedua tidak ada yang menganggu kinerja server karena terlindung.

Proyek Natick masih berbicara penghematan perusahaan raksasa internet untuk meminimalkan pemakaian energi.
Server perlu di dinginakan oleh pendingin ruangan di darat, sedangkan di laut tidak.
Kesimpulan uji coba selama 4 tahun tersebut memberikan 2 kesimpulan. Air laut dapat membantu pendingan ruang server dalam bentuk silinder. Kerusakan server lebih rendah karena terlindung.
Proyek Natick sudah selesai, sebagian kompone akan dipantau di darat untuk dipelajari sebelum peneliti melakukan uji ulang.
Dan komponen lain seperti pendingin akan di daur ulang.





September 2016 awal uji coba proyek Natick
Microsoft akan mengevaluasi peluang membangun datan center dibawah air. Bila computer ditanam di dalam air, maka biaya pendingin server dapat diganti dengan air (laut) yang dingin.

Air lebih efektif untuk membuang panas untuk pendingin. Bagaimana dengan power server apakah tetap mengunakan listrik. Microsoft menginginkan energi dari gelombang laut atau pembangkit di darat yang ramah lingkngan di dekat datacenter.

Jaringan listrik sendiri dapat mempertahankan sistem computer dari mati listrik atau kelebihan beban pembangkit.

Proyek tersebut dinamai Project Natick. Tahap awal dengan unit diuji untuk beroperasi selama 105 hari dibawah air, sejauh ini tidak masalah. Semua sistem bekerja dengan baik, dan insinyur Microsoft akan mulai menjalankan sistem untuk Microsoft Azure Cloud.

Model modul yang dicoba memiliki ukuran lebih kecil. Kedepan akan dibuat 3x dari model prototipe dan dimulainya pengunaan energi listrik yang ramah untuk test kedua.

Microsoft mengatakan targetnya membuat datacenter daur ulang dan tidak merusak lingkungan. Teori tersebut memungkinkan, tapi tergantung seberapa besar panas sistem computer yang dibangun. Sistem cooler harus dibuat lebih dekat ke perangkat computer untuk proses pendinginan tanpa memerlukan pompa untuk menghindari terjadinya korosi dan pengantian filter.

Microsoft uji coba server dibawah air dengan Project Natick

Google dan Facebook memiliki sistem server yang ramah lingkungan.
Facebook membangun data center dan kantor di Swedia dimana negara tersebut memiliki suhu lebih dingin. Dan pembangkit ramah lingkungan.
Google memilih untuk mengunakan pembangkit listrik dari teknologi ramah lingkungan. Seperti pembangkit listrik air, atau solar cell dan turbin angin.
Hanya saja, teknologi Microsoft ini lebih menarik. Computer tidak di taruh diatas daratan, melainkan dimasukan kedalam modul dan di benamkan ke dalam air.


Berita terkait
Ketika listrik padam, rumah Rosa tetap menyala. Bahkan dijuluki sebagai rumah kunang kunang karena dirumahnya saja yang masih bersinar. Sering mengalami pemadaman listrik, Rosa akhirnya memasang instalasi panel surya. Biaya listrik perbulan turun, bahkan hanya membayar 5% dari biasanya.

Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian



Teknologi pendingin ruangan AC Samsung Wind Free. AC hemat hemat energi, konsumsi listrik sampai 72% setelah memasuki mode Samsung Wind Free. Mengandalkan lubang kecil tanpa efek angin dingin yang kuat dari mesin AC, udara dingin menyebar dari lubang kecil

Sebuah sekolah di Denmark memasang 12 ribu panel solar cell. Menyediakan hampir separuh kebutuhan listrik untuk sekolah sendiri.setiap tahun. Luas sekolah mencapai 25 ribu meter persegi, sedangkan panel dipasang di dinding dan atap gedung seluas 6 ribu meter.

Pembangkit matahari dengan panel surya terbesar ada di India dan China. Mengalahkan pembangkit negara lain, India masih menduduki nomor satu untuk pembangkit di satu tempat. Setelah proyek Ningxia selesai, maka China memegang rekor pembangkit sinar matahari terbesar di dunia dan meninggalkan negara maju lain.

Seorang disainr Lucirmas mebuat lampu LaFlor dari botol bekas. Botol yang dipakai terlihat dari bahan kaca atau kelas. Seperti botol bekas minuman anggur atau botol eksotik. Botol dipotong pada bagian bawah, lalu dipasang tutup lampu untuk memantulkan cahaya.

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.




No popular articles found.
< /body>