Internet satelit Starlink diuji 100mbps upload 40mbps


Shortstory | 5 September 2020


Latency dibawah dapat mencapai 20ms 100mbps (Sep 2020)

SpaceX menyatakan kecepatan internet Starlink melalui satelit dapat mencapai kecepatan dibawah 20ms.
Test terbaru untuk download 100Mbps dan upload 40Mbps dengan latency 18ms.

Dibanding kecepatan rata rata internet broadband di Amerika 25ms, dan jaringan mobile 48ms.
Test terakhir dilakukan 30 Juni 2020 di Seattle dan Washington walau baru 500 satelit sudah di orbit, dan menyusul 700 satelit yang akan diluncurkan.
SpaceX masih mengejar 120 satelit berada di orbit setiap bulan, atau 2 kali peluncuran roket yang membawa 60 satelit starlink.
Diharapkan setelah mencapai 1000 satelit lebih, kecepatan area semakin luas, dan kecepatan download dapat mencapai 1Gbps.

Starlink internet satelit speedtest

Hasil test internet Starlink Beta tidak mengecewakan

Kecepatan Download internet mencapai 35Mbps dan tertinggi 60Mbps.
Kecepatan upload sekitar 5-18Mbps.
Kecepatan ping hanya 31-94ms.
Hasil test tersebut belum mencapai target 600Mbps, dan masih jauh dari kecepatan Gbps
Starlink belum selesai dan masih tahap beta, karena komunikasi antar satelit mengunakan laser..
Tetapi untuk komunitas terbatas di daerah yang tidak terjangkau internet, dengan 60Mbps akan menarik.

Layanan internet satelit lain seperti HughesNet sekitar 25Mbps, Viasat menawarkan 100Mbps.

Dibawah ini beberapa test dari laporan penguna yang telah menguji internet satelit






Layanan Starlink SpaceX tampaknya menjadi semakin dekat, karena Starlink mengirimkan permintaan bagi mereka yang telah mendaftar.
Dan meminta informasi alamat spesifik kepada siapa mendaftarkan pada program beta-nya minggu ini.

Layanan Starlink membutuhkan penggunaan perangkat keras khusus untuk menerima dan mengirim sinyal ke jaringan satelit konstelasi Starlink.

Perangkat keras, yang digambarkan sebuah antena parabola kecil.
Disainnya berbeda dengan parabola biasa yang digunakan untuk penerima sinyal data / TV melalui satelit. Seperti sinyal satelit geostasioner dengan kebutuhan parabola ukuran besar.
Atau parabola untuk menerima sinyal TV digital satelit ukuran kecil

Starlink menyediakan perangkat keras ini untuk penguji beta dan gratis, dan Starlink memberi kesempatan mereka yang ikut ditekankan untuk menginstalnya sendiri.
Kit termasuk adaptor power untuk parabola, bersama dengan pemasangan perangkat keras yang dirancang bekerja dengan kebutuhan khusus berdasarkan tempat tinggal peserta.

Dari situs web Starlink secara khusus memberi petunjuk dan persyaratn sebagai penguji tahap betaini.
Dan meminta yang menerima harus memasang sendiri. Mungkin perusahaan Starlink ingin mengetahui, apakah penguna nanti dapat memahami, dan memasang sendiri peralatan internet Starlink.

Yang pasti parabola tidak terhalang ketika mengarah ke langit, data catatan instruksi FAQ.
Karena pengguna tidak akan bisa mendapatkan koneksi yang baik bila sinyal satelit terhalang.

Banyak penyedia layanan internet satelit yang menggunakan parabola, tetapi dipasang oleh seorang installer.
SpaceX mungkin membutuhkan tahap tersebut, tetapi jelas Starlink ingin membatasi bantuan orang lain selama periode pengujian / pra-peluncuran jaringan instalasi satelit..

Starlink juga mencatat bahwa menetapkan akan memantau semua aktivitas di jaringan internet Starlink selama periode pengujian dan melarang secara khusus "aktivitas ilegal" seperti mengunduh atau menyimpan materi bajakan, dan Starlink memiliki hak untuk menonaktifkan bagi mereka yang ikut partisipasi penguji beta.

Mereka yang sudah mendapatkan paket Starlink, harus menjaga kerahasiaan ikutnya mereka dari program satelit Starlink tahap awal
Termasuk melarang memberikan informasi kepada publik seperti kecepatan dan kualitas jaringan, kata Starlink.
Mereka juga diharapkan untuk meluangkan waktu antara 30 menit dan satu jam per hari untuk "menguji layanan Starlink dan memberikan umpan balik secara berkala,".


Umpan balik yang disampaikan melalui "survei, panggilan telepon, email, dan cara lain."

Starlink menentukan para peserta siap sedia untuk mengirim kembali kit Starlink setelah akhir periode beta (dengan biaya pengiriman dari Starlink), atau kapan saja bila diminta.
Starlink mengirim email kepada penguji beta yang berpotensial setelah program internet Starlink siap di musim panas ini.

Jika semuanya berjalan dengan baik, perusahaan berharap untuk mengembangkannya ke versi Open Beta, dengan cakupan awal di AS utara. dan Kanada, dan memperluasnya ke lebih banyak geografi tahun 2021 setelah semakin banyak peluncuran satelit tambahan di ruang angkasa

Antena parabola satelit Starlink

Berita terkait
Skysat layanan satelit milik perusahaan Planet. Tahun ini diperkirakan selesai meluncurkan satelit bersama SpaceX. Membuat pengambilan gambar permukaan bumi sampai 12x sehari, atau di semua wilayah 7x sehari. Resolusi gambar permukaan bumi yang sangat tajam mencapai 50cm

Bila smarphone di Indonesia bekerja di jaringan 3G atau 4G. Masih menunggu jaringan 5G. ZTE T900 Plus agak berbeda dibanding smartphone biasa, karena memiliki ekternal antena. Bukan itu saja, baterai dibuat menonjol di bagian bodi belakang. Dan bodi terlindung seperti smartphone tahan banting.



Satu lagi antena DSN 23 untuk komunikasi radio dan laser di ruang angkasa. Yang ini bukan komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara. Sekarang dipasangkan VPN untuk perlindungan peretas. Biaya terlalu besar bila diganggu.

Cara download peta Google Maps resolusi tinggi. Tidak perlu digabung dengan mendownload potongan gambar peta. Dan software yang melakukan. SAS Planet dapat mengambil peta dan mengabungkan potongan peta baik foto satelit, jalan dan layanan peta lain. Untuk menghasilkan foto resolusi tinggi tanpa perlu di download ulang

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Membuat GPS cepat FIX atau LOCK. Bila memiliki smartphone Android, dapat ditambahkan nama server GPS agar GPS lebih cepat mendapatkan koordinat GPS. Dengan menambah data file gps.conf sinyal AGPS menjadi lebih cepat Fix

Teknologi satelit navigasi dapat dinikmati dengan smartphone. Apakah smartphone dapat mengantikan sistem GPS atau penunjuk arah ketiga berkendara atau pergi ke daerah terpencil. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone untuk dijadikan alat navigasi.




No popular articles found.
< /body>