Satelit SkySat ambil gambar Bumi 12 kali setiap hari atau 7 kali setiap hari dimana saja


Technology | 14 June 2020

Satelit SkySat menjadi armada baru satelit untuk pencitra gambar permukaan Bumi.

Perusahaan pemilik SkySat adalah Planet Corp. Nantinya dari konstelasi satelit SkySat mencapai 21 satelit

13 Juni 2020, 3 satelit SkySat pertama diluncurkan. Dan nebeng bersama 58 satelit internet broadband Starlink.

Menyusul 6 satelit lain dan terus mencapai target 21 satelit.

Ukuran satelit Skysat hanya sebesar ukuran mesin cuci saja atau sekitar 110kg.
SpaceX hanya mengenakan beban biaya 200kg paling murah $1 juta untuk satelit yang dikirim

Gambar satelit Skysat milik Planet Corp

Karena perusahaan SpaceX masih mengejar target peluncuran minimal 2x setiap bulan. Membuat jadwal peluncuran Skysat lebih fleksibel dan kapan saja bisa nebeng di roket Falcon.

Dari pencitraan gambar Bumi, semua permukaan dapat diabadikan sebanyak 7x sehari. Dan 12 kali sehari di beberapa lokasi.

Dengan teknologi satelit untuk melihat Bumi. Mereka atau perusahaan yang membutuhkan gambar akan lebih cepat untuk mengakses citra terpencil dimanapun.

Satelit Skysat ditargetkan sudah selesai hanya dalam waktu 2-3 bulan kedepan atau total 6 kali peluncuran saja.



Skysat satellite Imagenary

Ini yang gawat, penempatan satelit Skysat ditempatkan posisi lebih rendah. Dan meningkatkan resolusi gambar hingga 50cm.

Perusahaan Planet Labs terakhir telah bekerja sama dengan 30.000 pelanggan. Berasal dari 500 pelanggan di 40 negara lain.
Tidak sampai layanan komersil, Planet juga bekerja sama dengan foto citra untuk pemerintah Amerika, dan Intelijen.
Beruntung tidak semua urusan dengan pengamatan intelijen.

Planet juga membantu pencitraan gambar bagi pertanian, kehutanan, energi, infrastruktur, dan lainnya.

Dengan pencitraan 50cm perpixel, pelanggan dapat membedakan sebuah benda di permukaan bumi apakah itu sebuah truk, bus atau mobil dan lainnya.

Bagi pelanggan yang membayar dapat melihat citra gambar dalam histori yang tersimpan dari waktu ke waktu.
Bagi pelanggan yang ingin melihat lebih jauh seperti area tertentu, dapat meminta data gambar di wilayah tertentu.
Pelanggan Planet dapat melacak kemajuan melaui dasbor di layanan Planet. Memperoleh pemprosesan prioritas tinggi di hari yang sama.

Peluncuruan SkySat
Pertama 21 November 2013, gambar pertama mengambil gambar di Perth, Abu Dhabi, dan teluk Somalia.
Satelit kedua, Juli 2014, telah mengambil gambar dalam waktu 2 hari setelah diluncurkan.
10 Juni 2014, Skybox Imaging mengumumkan dengan perjanjian bersama Google. Dan nama berganti menjadi Terra Bella di tahun 2016.
4 satelit kembali diluncurkan tahun 2016.
Tahun 2017, Google menjual perusahaan Terra Bella sebagai jaringan SkySat ke Planet Labs.
Tercatat 18 satelit sampai 13 Juni 2020 dioperasikan oleh Planet Labs

Area pengambilan gambar 7x di semua area di Bumi, 12x foto di beberapa wilayah.
90 detik 30fps video.
Menanyangkan HD video satelit

Perusahaan Planet berada di posisi kedua sebagai perusahaan terbesar dengan ekuitas $400 juta.

Berita terkait
Satelit yang sudah tidak berfungsi atau habis masa pakai, umumnya diturunkan 300km lebih rendah dari orbit semula. Dengan teknologi baru, sebuah pesawat dikirim ke ruang angkasa dan memberikan bahan bakar bagi satelit tua. Menghidupkan kembali satelit setidaknya 5 tahun ke depan dari usia pakai

60 satelit grup 8 diluncurkan 13 Juni  2020 WIB, waktu muncul dapat terlihat sesuai data realime. Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. 400 satelit minor, 800 satelit medium, dan total 30.000 satelit ideal jaringan internet satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam



Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. 10 tahun kedepan jumlahnya akan dramatis. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa akan semakin sesak, saat ini sekitar 2000 satelit dan meningkat 5x lebih banyak dalam beberapa tahun mendatang.

Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan. Foto satelit cuaca Himawari untuk Asia, memantau kondisi cuaca di belahan Asia. Satelit real time mengambil gambar setiap 10 menit

Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Dari ketinggian 34 ribu km, disana terdapat satelit cuaca Himawari-8. Mengambil gambar untuk peringatan cuaca, seperti topan yang berada di Asia dengan resolusi tinggi 5500x5500 pixel. Keunggulan satelit Himawari dapat mengambil foto setiap 10 menit, atau rata rata sehari mengirim gambar cuaca 144 gambar



4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.

Angkatan perang US Navy akan mengembangkan teknologi MUOS atau Mobile User Objective System untuk mengantikan sistem tersebut. MOUS mengunakan 4 satelit geosync yang memantulkan sinyal ke stasiun penerima di bumi. Posisi berada di Australia, West Virginia, Hawai dan Sisilia.

Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini

Teknologi GPS baru mengunakan satelit GPS 2F-6. Rencananya akan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Delta minggu ini. Satelit navigasi GPS 2F-6 akan mengantikan GPS yang sudah tua tipe GPS 2A-23 di slot 4. Jepang dengan satelit Michibiki presisi tinggi ke 4 Oktober 2017

Ketika jaman camera digital belum ada, Amerika sudah memiliki satelit pengintai. Satelit sebesar ini yang dipakai untuk mengambil gambar dalam pengintaian.




No popular articles found.
< /body>