AMD Ryzen di goreng dari motherboard mungkin memperpendek usia CPU


Shortstory | 9 June 2020


13 Juni 2020
AMD menjawab dengan berita yang bereda di Internet.
AMD menjelaskan, procesor AMD Ryzen berisi sistem perlindungan internat dan bekerja terpisah dari sistem motherboard.
AMD tidak percahaya dengan merubah telemetri dari luar CPU berdampak dengan daya tahan usia procesor.

Itu kesimpulan AMD. Masih ditunggu apakah AMD mendapatkan mitranya memiliki masalah dengan Tweak BIOS untuk memacu procesor lebih tinggi dengan memberi power lebih besar.
Sehingga AMD dapat menekan ke mitra seperti produsen motherboard. Untuk menjaga kinerja procesor AMD dengan pemakaian batas aman.

9 Juni 2020
Ketika Intel merilis Comet Lake Gen10, ada pertanyaan dari Media mengapa kebutuhan power meningkat signifikan bahkan naik 2x lipat.
Intel akhirnya buka suara dan menjawab fitur PL1 dan PL2 tentang power limit di CPU. Intel terbuka, tapi penguna harus tahu bila procesor Intel Gen10 ternyata dapat melonjak naik lebih besar mengkonsumsi power.

Sekarang giliran AMD dipertanyakan.
Bukan dari procesor tapi dari setting BIOS motherboard, yang mungkin diam diam menghabiskan umur CPU dari yang kita harapkan.

HWinfo sebuah software dapat menampilkan informasi tentang aktivitas CPU termasuk informasi dari hardware.

Diketahui beberapa vendor motherboard model X570 untuk Ryzen AMD salah memberikan kinerja sehingga meningkatkan kinerja CPU.
Sayangnya teknik yang salah tersebut layaknya membuat CPU di overclock dimana hanya mereka yang ahli dengan pengetahuan hardware dapat menangani CPU mereka lebih stabil.



Perbedaannya, dari setting default motherboard membuat kinerja procesor meningkat walau sudah di setting standar.
Membuat pemakaian power lebih tinggi, dan panas, berpotensi mengurangi usia chip CPU tanpa sepengetahuan penguna.

Taktik ini umum digunakan vendor motherboard, dimana batas kecepatan CPU dipacu sampai tingkat tertinggi.
Agar motherboard terlihat tampil lebih cepat dari produsen lain.

Faktanya, sekarang ini berbeda, teknologi CPU dibuat lebih rapat dan resiko terjadi panas tinggi bila motherboard memasok power lebih besar ke CPU.

Intel secara tegas setuju dan mengunakan teknik tersebut di procesor. Tetapi mendorong pabrikan motherboard mematuhi aturan batas pemakaian power yang Intel sarankan, dan Intel mengatakan tidak masalah selama CPU masih bekerja di batas garansi atau pemakaian power pada batas wajar.

Sebuah laporan dari The Stilt di forum HWinfo dengan Ryzen
Metode yang digunakan beberapa vendor motherboard untuk meningkatkan kinerja pada motherboard X570
Setting BIOS motherboard yang sengaja merepresentasikan konsumsi daya yang salah, pada kenyataannya CPU mendapatkan power lebih besar untuk prosesor Ryzen walau mengunakan setting stok normal.

Contoh diteksi CPU dari software HWInfo

AMD Ryzen panas

Berbeda dengan pendekatan yang diambil dengan prosesor Intel memiliki aturan jelas. Tetapi praktik yang baru ini dilaporkan tidak dikenai sanksi oleh AMD dan dapat menghasilkan masa pakai chip yang lebih pendek. Tentu kita tahu siapa yang diuntungkan.

Posting Stilt patut dibaca untuk detailnya, tapi inilah ringkasan yang bagus dari laporan
Produsen motherboard memberikan nilai berbeda yang dilaporkan melalui BIOS AGESA
Karena CPU AMD dengan socket AM4, mengunakan pengukuran telemetri VRM motherboard untuk menentukan berapa besar power yang dipasok ke CPU.
Tapi nilai referensi tersebut salah, dan mempengaruhi konsumsi power CPU yang dilihat oleh pemilik computer sendiri.

Misal pabrikan motherboard menampilkan konsumsi power naik 50% dari nilai yang benar, CPU akan berpikir untuk mengkonsumsi setengah dari daya yang dibutuhkan.

Dalam hal ini, CPU akan membiarkan menerima power 2x lipat lebih besar dari batas yang diterapkan.
Membuat CPU bekerja pada clock speed lebih tinggi karena batas daya yang naik secara efektif.



Dampaknya, CPU akan panas, dan berpotensi dengan umur CPU itu sendiri.
Secara teknik, seperti Overclock CPU.

Software HWinfo yang baru menyediakan data bagi penguna, Bila
Produsen motherboard telah berbohong dengan data yang diberikan dengan CPU Ryzen yang sedang bekerja.

Setidaknya 2 produsen besar motherboard mengunakan Eksploit tersebut
Tujuannya agar motherboard mereka terlihat tampil lebih cepat.

Dari sisi AMD seharusnya AMD tidak mengijinkan CPU mereka di overclock diam diam dari BIOS dengan memanfaatkan data yang salah.
Bagi penguna, setting ulang di BIOS dan menghindari setting Default bila procesor terasa lebih panas.
Informasi ini dapat diabaikan bila mendatang produsen motherboard dapat memperbaiki setting BIOS default di motherboard X570

Tentang software Temperatur monitoring

Berita terkait
Intel resmi merilis Comet Lake model desktop di seri Core 10000, tapi sudah siapkan penganti dengan Rocket Lake dan Alder Lake. Socket procesor LGA1200 hanya 2 generasi procesor dan berganti ke LGA 1700. Muncul pembaruan procesor dan chipset motherboard baru. Intel Rocket Lake dengan chipset Intel 500 mendukung PCIe 4.0. Selanjutnya tampil Alder Lake native PCIe 4.0

3 procesor seri XT masuk daftar. Motherboard Chipset X570 dibawah 200, budget B550 mulai dari $110 diumumkan. Ryzen AMD Ryzen 5 3500 mungkin menjadi raja di kelas budget procesor 6 core. Ryzen 3 3300X masuk daftar tipe 4 core. Ryzen 9 3900 untuk pasar global. AMD Ryzen 9 3950X pertama CPU 16 core desktop November 2019. satu procesor lagi masuk daftar Ryzen 9 3900 12 core.



Corsair SSD menawarkan seri baru untuk format NVMe slot storage.Model 2018 Corsair MP510 di update ke 4TB pada Juni 2020, mengunakan controller Phison E12 budget SSD Toshiba 64 layer 3D TLC. Performa ada di Corsair MP 600 dengan kecepatan hampir 5000MB/s dengan PCIe 4.0

Gskill Trident Z Royal memory DDR4 terbaru tampil dengan heatsink bling bling. Berlapis warna sangat cerah seperti emas dan silver. Tidak hanya disana, ada model lampu LED dipasangkan pada memory. Gskill Trident Z Royal tersedia model DDR4-6666

Zalman CNPS20X CNPS17X CNPX16X dirancang dengan posisi vertikal, satu model dengan lampu RGB tertutup. Cooler tipe tower dibuat dengan sirip pendingin 4D, dan tambahan fitur RDTH, IHD serta lampu RGB. Bila dilihat lebih dekat, pada sirip evarator membentuk lekukan poligon. Zalman kali ini bermain dengan 2 bahan metal, mengkombinasikan tembaga dan aluminium.

SSD Kingston KC2500 dengan PCIe 3.0 kecepatan tranfer sampai 3.5GB/s. Teori hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk memindahkan 35GB ke SSD. 4 kapasitas dari 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB.

Intel resmi rilis procesor mobile notebook Gen10 terbaru. Memiliki kecepatan tertinggi 5.3Ghz dengan fitur VTB dimana procesor model tertinggi akan bekerja maksimum bila suhu masih di ambang batas 65 derajat. Koneksi antara CPU ke IO mengunakan DMI 3.0 Turbo.



Entah siapa yang membutuhkan kalkulasi dari kekuatan procesor. AMD Threadripper memiliki kemampuan dari 24 core sampai 64 core. Ryzen Threadripper 3990x 64c 3970X 32c 3960x 24c seluruhnya tidak murah. Model pertama tampil November 2019, tahun 2020 siap tampil 2 dengan core terbanyak

Mau simpen apa, bila memiliki harddisk WD DC HC 650 dengan kapasitas 20TB WD mengumumkan 2 model harddisk kapasitas 18TB dan 20TB, kedua disain harddisk mengunakan fitur SMR dan CMR. Kapasitas terbesar dengan 9 platter. Tetapi baru tersedia pertengahan tahun 2020.




No popular articles found.
< /body>