Teknologi roket SpaceX murah ke ruang angkasa


Shortstory | 4 June 2020

Badan antariksa Nasa telah menghentikan program pengiriman astronot ke ruang angkasa.

Setelah program pesawat ulang alik berhenti, praktis Nasa tidak pernah mengirim lagi astronotnya sendiri. Dan meminta badan ruang angkasa Rusia yang masih memiliki program roket sendiri.

Program pesawat ulang alik pensiun tahun 2011, dan hampir 10 tahun Nasa tidak lagi memiliki roket untuk astronot mereka.

Astronot berangkat ke stasiun ruang angkasa ISS dengan roket Soyuz Rusia.

Bulan 31 Mei 2020, Nasa sudah dapat mengirim 2 astronot kembali. Tapi mengunakan roket Falcon SpaceX milik swasta.

Peluncuran roket di Kennedy Space Center dibangun kembali oleh SpaceX perusahaan swasta.

Nasa akhirnya dapat melepas ketergantungan dengan program antariksa Rusia. Peluncuran dengan SpaceX menjadi penting dan memberi kontrak ke SpaceX dan Boeing BA senilai 3.1 miliar dan 4,8 miliar dollar.

Apa yang menarik dari peluncuran astronot perdana oleh SpaceX. Selama 60 tahun, biaya astronot paling murah yang tercatat.

Bahkan lebih rendah biaya pengiriman astronot dengan modul Soyuz Rusia.

Bila dihitung biaya satu astronot pergi ke ruang angkasa saat ini, kira kira biaya untuk 1 tempat penumpang setiap keberangkatan ke ruang angkasa.



Apollo $390 juta.
Space Shuttle $170 juta (pesawat ulang alik)
SpaceX Crew Dragon $55 juta yang baru diluncurkan Mei 2020.
Boeing Starliner $90 juta sementara belum mengirim astronot.

Dibanding pengiriman astronot dengan Soyuz, biaya 12 kali perjalanan terakhir astronot Nasa mencapai $79 juta perkursinya (data tahun 2017).

Bisa dibayangkan pengiriman astronot dengan SpaceX dengan modul Crew Dragon menjadi sangat murah. Bahkan program SpaceX dapat mengirim kembali roket pendorong ke bumi dan digunakan untuk penerbangan selanjutnya.

Mungkin tidak lama lagi ada yang tertarik liburan ke ruang angkasa dan mampir menginap di stasiun ISS.

Biaya ke ruang angkasa

Berita terkait
3 video resmi UFO ada di daftar pustaka di angkatan laut Amerika, mengakui keaslian rekaman. Grup kapal perang Air Strike Nimitz pertama melakukan uji coba teknologi radar tercanggih. Sistem radar terintegrasi ke unit udara dan laut. Saat uji coba selama 2 minggu, pesawat F-18 yang berlatih melihat pesawat mengambang di atas air. Angkatan Laut mengakui 3 video UFO yang dirilis adalah benda nyata tidak dikenal

Ufo dengan penampakan 3 cahaya merah tertangkap dari teleskop astronomi. Pengamat bintang atau Skywatcher, dia sedang membuat foto galaksi NGC4631 dan NGC4656. April 2019 penumpang pesawat Jeju Air merekam cahaya yang dikira pesawat jet lain, tapi benda tidak dikenal tersebut pecah menjadi 6 dan menghilang



Dahulu tempat yang berada di dekat Florida, Cuba dan sebuah pulau Bermuda menjadi tempat misteri, ketika beberapa pesawat dan kapal hilang tanpa jejak. Peneliti mengungkap adanya pertemuan angin membuat hilangnya kapal dan pesawat. Tapi kondisi yang terjadi sangat ekstrim.

Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara. Lockheed Martin MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.

Ingin bergaya seperti orang kaya, berpergian dengan jet pribadi GulfStream. Ada tempanya, bahkan biasa dibantu oleh fotografer profesional untuk dibuatkan foto di Instagram

Operasi stasiun ruang angkasa internasional kabarnya akan berakhir. Rusia berencana memisahkan diri dari pengunaan modul IIS, dan membuat menjadi stasiun ROS atau Russian Orbital Station. Sejauh ini peralatan Rusia sudah bekerja bertahun tahun di stasiun ISS, menjaga kru atau astronot aman disana.

Merubah ruangan adalah tugas biasa di bumi. Bagaimana bila memindahkan ruang modul di ruang angkasa. Yang ini perlu keahlian dalam mengemudikan bila merubah posisi ruangan di stasiun ISS. Stasiun ISS pada 4 September akan mendapat modul baru.



Bill Ingalls berhasil mengabadikan stasiun ruang angkasa tepat ketika melintas di depan bulan. Stasiun ruang angkasa atau ISS ini terlihat seperti huruf Z, dan berada hampir tepat ditengah bulan. Tidak mudah mendapatkan foto seperti ini,




No popular articles found.
< /body>