Foto gas plasma matahari Andrew McCarthy diabadikan dari belakang rumah


Digital | 16 May 2020

Astrofotografer halaman belakang rumah Andrew McCarthy dikenal karena foto-foto spektakulernya tentang bulan, tetapi kali ini ia mengarahkan lensanya ke benda langit yang berbeda.

Menggunakan semua keahlian dan pengalamannya, McCarthy berhasil menangkap beberapa pandangan luar biasa tentang Matahari.

Meskipun kita amat sangat tidak boleh melihat langsung ke Matahari atau mengarahkan kamera biasa ke Matahari dapat fatal merusak mata dan peralatan camera.

McCarthy menggunakan perangkat yang khusus untuk mendapatkan tampilan close-up bintang raksasa tersebut.
Mengunakan peralatan teleskop Solar Max III (yang dilengkapi dengan filter matahari khusus) serta kamera monokrom dan dudukan tripod khusus, McCarthy mampu menangkap detail luar biasa Matahari.

Dalam foto tersebut, kita melihat matahari yang sangat besar.

Korona matahari

Benda yang terbang diatas permukaan adalah awan-awan gas membentang dari kulit terluar Matahari.

Disebut fotosfer, atau dikenal dengan korona matahari. Tampak seperti potongan-potongan lava yang berputar, karena benda yang anda lihat tersebut adalah materi plasma.

Gas panas yang terbuat dari hidrogen dan helium tapi bermuatan listrik.

Plasma itu sendiri tertahan oleh medan magnet Matahari, walau potongan-potongan kadang-kadang bisa pecah dalam suatu peristiwa yang dikenal sebagai injeksi massa koronal. Dan melesat keluar dari lapisan paling luar matahari.



Foto dan video McCarthy, yang diposkan di Instagram, menunjukkan plasma dinamis seperti menari di atas permukaan Matahari.

Pergerakannya volatile dan hipnotis. Itu adalah penemuan hebat bagi McCarthy, yang sering memeriksa cuaca matahari setiap hari melalui jaringan Teleskop Surya.

Ketika dia mengabadikan, bentangan gas tersebut lebih luas dari planet Jupiter.
Biasanya aktivitas seperti itu terjadi ketika masa Solar Maksimum. Walau kondisi saat ini, matahari sudah berada di aktivitas minimum dalam 2 tahun.
Bentuk plasma yang terlihat memang terbentuk lebih kecil.

Jangan lupa ini bukan foto dari badan antariksa Nasa, Eso dan badan astronomi internasional. Hanya seorang fotografer yang suka mengabadikan tentang astronomi.
Dan diabadikan di belakang rumahnya dan di posting di Instagram

Seperti apa jagonya si McCarthy, bulan saja fotonya seperti dibawah ini. Butuh puluhan ribu foto untuk mengabadikan detil gambar bulan.

Foto bulan paling tajam

Berita terkait
Media membuat foto dan masuk sebagai headline orang ramai berjemur. Membuat berang gubernur setelah melihat foto media tersebut, dianggap warga tidak mematuhi aturan pemerintah dan mereka berkumpul berdesak-desakan di pantai. Keputusan terakhir menutup sementara pantai selama lockdown. Warga protes, sudah mematuhi. Lalu siapa yang salah, semua foto, orang orang dan media memberitakan semua data asli.

Ada beberapa orang yang pekerjaannya ingin ikuti tapi hanya membuat kita duduk dan memperhatikan setiap kali apa yang mereka posting. Salah satu fotografer Andrew McCarthy menciptakan gambar-gambar luar biasa dari bulan, sering kali dibuat dari stack puluhan ribu (atau lebih) foto individu secara bersamaan.



Seorang astrofotografer Phil Hart berada disana,untuk video timelapse The Moon in Motion. Dia membawa peralatan camera seberat 180kg. Termasuk mounting teleskop dan teleskopnya sendiri. Karena targetnya mengabadikan gerhana tersebut hanya berlangsung dalam hitungan jam. Dia menempatkan peralatan di 2 tempat kota aIdaho dan Whyoming.Video yang dibuat benar benar beda, sudah setingkat astronomi dari Nasa

Astronom amatir mendapatkan foto langka ketika stasiun ruang angkasa lewat di depan bulan. Kesulitan mendapatkan stasiun ruang angkasa tepat lewat di depan bulan adalah kecepatan dan lokasi. Stasiun hanya tampak dalam waktu 0,3 detik, setelah itu lenyap dari bidang bulan.

Foto palsu memang menjengkelkan. Tapi yang ini berbeda dan menghibur. Bila anda ingin ngerjain teman anda, seperti memposting video atau foto sedang jalan jalan di pesawat. Tip membuat foto dan video palsu ini menjadi tantangan di Tik Tok. Caranya sangat mudah, mungkin orang lain akan percaya, tapi jangan keterlauan. Nanti yang melihat jengkel sendiri melihat foto palsu anda.

Salah satu target membuat foto ini untuk melihat garis galaksi yang selalu muncul diatas bumi. Camera andalannya adalah Canon 7D mkII, mengunakan adaptor dengan lensa Nikon 1000mm. Satu lagi video indah tentang astronomi. Siang hari di Hawai bisa melihat bintang.

Foto pesawat jet tempur Super Hornet F18 NAVY melintas tepat di depan bulan. Neiss juga mendapatkan candaan, ah ini fotoshop lagi. Dia berhasil mengabadikan pesawat yang sedang melintas begitu cepat dan tepat diabadikan di depan bulan. HItungan untuk menekan tombol camera hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, bila terlambat maka lenyap momen yang satu ini.




No popular articles found.
< /body>