Cooler Be Quiet Pure Rock 2 heatsink murah vs performa untuk Intel dan AMD


Hardware | 13 May 2020

Procesor panas, komponen akhirnya rusak. Motherboard computer belum usianya sudah bermasalah.

Mungkin banyak yang mendapat masalah di masa mendatang, akibat mengunakan heatsink stock dari pabrikan.

Membeli heatsink yang bagus, tidak murah, belum lagi cara memasang. Tapi kebutuhan heatsink di kelas procesor gaming sampai high performa memang demikian. Procesor perlu tetap bekerja pada suhu serendah mungkin.

Quiet Pure Rock 2 heatsink kelas budget.

Mengunakan 4 jalur heatpipe dan total 8 pipa kontak ke heatsink dan heatsink bagian atas.

Quiet Pure Rock 2 ditawarkan $40 model silver, boleh dibilang masuk kelas budget heatsink.

Tinggi 158.8mm   
Lebar  120.1mm   
Panjang  63.5mm (88.9mm + fan)   
Bagian bawah 38.1mm   
4 heatpipe ukuran 6mm
Ukuran fan 120 x 25mm , sedikit lebih tipis dari fan biasa.
Pin 4-pin PWM   
Tidak terlalu berat 590g   


Mendukung procesor
 Intel: 1200 / 2066 / 1150 / 1151 / 1155 /
AMD socket AM3(+), AM4

Rancangan fan untuk 150W TDP

Quiet Pure Rock 2 menempatkan tembaga heatpipe kontak langsung ke procesor.

Blade heatsink lebih tipis dibanding seri sebelumnya.

Putaran fan cukup senyap dengan noise sangat rendah 26,8dBa full speed, walau ada efek balik untuk performa pendingin juga tidak maksimal.
Bagi penguna heatsink besar, seperti jenis heatpipe vertikal. Bagian penting untuk melihat ruang apakah cukup ditempatkan bagi heatsink yang ketinggiannya tidak membentur tutup case.

Heatsink Be Quiet Pure Rock 2 mungkin cooler murah vs performa untuk Intel dan AMD

Perbandingan Be Quiet Pure Rock 2 dengan model Rock Slim ( dijual 375K) jumlah heatpipe dari 4 dan 3.
Dengan 4 heatpipe tentu performa heatsink untuk cooler procesor lebih baik.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat via + Bequiet.com

Berita terkait
Zalman CNPS20X CNPS17X CNPX16X dirancang dengan posisi vertikal, satu model dengan lampu RGB tertutup. Cooler tipe tower dibuat dengan sirip pendingin 4D, dan tambahan fitur RDTH, IHD serta lampu RGB. Bila dilihat lebih dekat, pada sirip evarator membentuk lekukan poligon. Zalman kali ini bermain dengan 2 bahan metal, mengkombinasikan tembaga dan aluminium.

Corsair A500 adalah heatsink pendingin procesor. Yang ini agak berbeda dengan performa heatsink high end, karena mampu menangani procesor cukup panas. Berat cooler Corsair A500 mencapai 1,5kg. Cooler tersebut dapat dipasangkan untuk procesor tipe socket AMD FM1, FM2, AM3, AM4 dan Intel LGA 115x, 2011 (-3) and 2066



Bila ingin memiliki performa heatsink lebih baik dengan seri Ryzen 5 2000 atau model lebih tinggi. Sebaiknya menganti heatsink Wraith Stealth dengan cooler lebih baik. Intel juga memiliki disain heatsink yang kurang baik. Memiliki masalah dengan disain heatsink yang lemah dan  mengandalkan bodi aluminium yang murah.

Corsair Spec-05 disain case computer versi budget. Ditujukan untuk penguna pemula yang ingin merakit computer. Dilengkapi kaca plastik akrilik tembus pandang disisi case. Tetapi case ini bukan aluminium seperti case premium

Dua cooler atau pendingin CPU ditawarkan oleh perusahaan CoolerMaster. CoolerMaster MasterAir MA620P dan MA621P, mengunakan 2 fan dengan lampu RGB. CoolerMaster mengatakan fan baru seri 600 ini dapat digunakan untuk procesor dengan TDP 200W.

Corsair bekerja sama dengan MSI menawarkan pendingin watercooling untuk VGA high end 1080 Ti. Mengunakan single fan 120mm dan pompa untuk pendingin VGA dari sistem watercooler.




No popular articles found.
< /body>