Smartwatch Samsung Galaxy Watch Active 2 dan Watch 3 Health Monitor tensimeter VO2Max


Software | 9 August 2020


Aplikasi Samsung Health

Samsung Galaxy Watch3 dengan VO2max
Dari aplikasi Samsung Health telah mengupdate untuk dukungan VO2max, dan telah disahkan oleh badan FDA dengan fungsi ECG di Amerika.

Fitur baru Galaxy Watch3
While running with a Galaxy Watch3, you can now monitor your VO2max and other advanced metrics.
*Track your sleep using the Galaxy Watch3 and receive a Personalized Sleep Score with suggestions to improve your sleep quality
*Now you can invite your friends in Contacts in the Together Tab.
*Various bug fixes and improvements applied.

Jam pintar Samsung Galaxy Watch3 mengunakan perangkat
Procesor Exynos 9110, dengan OS Tizen.
Layar Super AMOLED, tampil 2 ukuran 41mm dan 45mm.

Harga Samsung Galaxy Watch3 tidak murah, dibandrol 6 juta lebih

Samsung Galaxy 
Watch3 heart rate monitor

Galaxy Watch Active2 April 2020




Aplikasi Samsung Health Monitor menerima izin dari Korea Selatan MFDS setingkat badan kesehatan

Memungkinkan pengguna dengan mudah memonitor dan melacak tekanan darah hanya dengan jam pintar. Jadi Smartwatch Samsung dapat dimanfaatkan sebagai Tensi meter.

Membuat jam tangan seri Smartwatch Samsung dapat diaktifkan melalui software Samsung Health Monitor.
Aplikasi Samsung Health Monitor, dipasangkan dengan teknologi sensor di Galaxy Watch Active2

Yang mengenakan dapat mengukur dan melacak tekanan darah dengan mudah dan nyaman berdasarkan data pulse denyut nadi.

Secara global, tekanan darah tinggi diketahui signifikan meningkatkan risiko berbagai penyakit bila tidak dijaga dengan baik

Dengan membantu pengguna untuk mengukur dan melacak tekanan darah, aplikasi Samsung Health Monitor memberi lebih banyak wawasan tentang kesehatan seseorang dan memungkinkan orang membuat keputusan yang tepat, agar menjalani kehidupan yang lebih sehat.

"Aplikasi Samsung Health Monitor memiliki potensi untuk membantu jutaan orang di seluruh dunia yang terkena tekanan darah tinggi," kata Taejong Jay Yang, SVP Perusahaan dan Kepala Tim Kesehatan, Bisnis Komunikasi Seluler di Samsung Electronics. "Ini adalah salah satu dari banyak contoh bagaimana Samsung mengintegrasikan perangkat keras terbaik di kelasnya dengan inovasi perangkat lunak terbaru untuk berinovasi dalam pengalaman seluler."

Samsung Health Monitor bukan sebuah perangkat, melainkan aplikasi di smartphone.

Setelah perangkat Galaxy Watch Active2 dikalibrasi dengan peralatan tradisional untuk mengukur tekanan darah seseorang. Dan memasukan data ke data di smartphone,
Selanjutnya penguna dapat mengukur tekanan darah kapan saja, di mana saja.

Perangkat mengukur tekanan darah melalui analisis gelombang detak pulse denyut pada nadi, yang dilacak dengan sensor Pemantau Detak Jantung.

Program menganalisis hubungan antara nilai kalibrasi dan perubahan tekanan darah untuk menentukan berapa angka tekanan darah.

Untuk memastikan keakuratan, pengguna diharuskan mengkalibrasi perangkat jam dan aplikasi, setidaknya setiap empat minggu.

Samsung Galaxy Watch Active2 4G

Model pertama dirilis Oktober 2020, dengan bodi stainless stell 44mm, menyusul model 4G Desember 2020.
Juli 2020, Samsung Galaxy Watch Active2 tampil dengan bodi aluminium.

Spesifikasi Galaxy Watch Active2 4G


1.4-inch (360 x 360 pixels) Super AMOLED, full colour Always On Display, Corning Gorilla Glass DX+ protection
Exynos 9110 Dual-core 1.15 GHz processor
1.5GB RAM, 4GB Internal Memory
Tizen-based Wearable OS
Heart Rate Monitoring (with 8 Photodiodes), Electrocardiogram (ECG), Accelerometer (measure up to 32g of force), Gyroscope, Barometer, Ambient Light
5ATM + IP68 water resistance, MIL-STD-810G certified for durability
Dimensions: 44 x 44 x 10.9 mm; berat : 30g (Aluminum) / 42g (Stainless Steel 44mm)
e-SIM, 4G LTE B1, B2, B3, B4, B5, B7, B8, B12, B13, B20, dan B66
LTE komptibel dengan smartphone Samsung
Bluetooth 5.0, Wi-Fi b/g/n, NFC, A-GPS/ GLONASS/ Beidou
Baterai 340mAh + WPC-based wireless charging

Harga Samsung Galaxy Watch Active2 kisaran $378

Samsung Galaxy Watch Active 2 heart rate monitor


Bagaimana cara kerja aplikasi Samsung Health Monitor
Pertama penguna smartwatch Galaxy Watch Active2  harus memasukan data dari alat tekanan darah biasa, seperti tekanan atas dan bawah bersamaan ketika mengenakan jam pintar Watch Active2.
18 Juni 2020 tersedia untuk penguna di Korea Selatan

Setidaknya harus dilakukan 3 kali test sebagai perhitungan kalibrasi ke jam pintar di aplikasi.

Setelah angka dari hasil test tekanan darah dimasukan ke data smartphone.
Maka smartphone dapat mengkalibrasi detak jantung dan menghitung perkiraan tekanan darah seseorang.

Samsung Smartwatch mengunakan algoritma berdasarkan parameter dari alat pengukur tekanan darah.
Sama seperti Apple Watch yang dapat memberikan data peringatan ke penguna ketika terjadi sesuatu masalah dengan detak jantung pemakai.

Samsung Health Monitor

Dengan tambahan pemantauan tekanan darah, Galaxy Watch Active2 memiliki fungsi lain untuk kemampuan kesehatan dan kebugaran Samsung yang paling canggih. Galaxy Watch Active2 hadir dengan sensor Pemantau Detak Jantung lebih sensitif dan akurat

Jam harus di kalibrasi ulang setiap 1 bulan sekali. Tidak dijelaskan bagaimana cara validasinya.
Teknologi jam tangan pintar sebagai alat tensimeter masih sulit dipenuhi oleh produsen elektronik.
Bahkan Samsung kesulitan menembus persetujuan badan regulasi.
Kenyataannya banyak orang mengalami masalah darah tinggi agar dapat dikelola dengan baik, memerlukan peralatan yang mudah dikenakan untuk memonitor dengan alat tensimeter.

Aplikasi Samsung Health Monitor akan tersedia untuk Galaxy Watch Active2 pada kuartal ketiga tahun 2020.
Nantinya dikembangkan ke perangkat lain di seri Galaxy Watch generasi baru.






XDA mencoba akurasi jam Samsung Galaxy Watch Active 2 (Update Mei 2020)
Hasilnya cukup akurat, seperti test dibawah ini.

Samsung Galaxy Watch Active 2Health Monitor

Pertanyaannya.
Bila akurasi dari detak jantung dapat menghitung perkiraan berapa tekanan darah seseorang selama berolahraga.

Apakah mungkin smartphone nantinya juga dapat memiliki fitur penghitung detak jantung seperti aplikasi Heart Rate Monitoring dapat dikombinasikan dengan algoritma tekanan darah. Pada prakteknya mungkin saja. Masalahnya apakah mungkin atau tidak dapat dilakukan dengan smartphone biasa.
Untuk pemakaian biasa dirumah tentu tidak perlu mengunakan smartwatch.  Perangkat pengukur tensi meter digital sudah dijual murah dibawah 200 ribu.


Berita terkait
Vivo telah mengumumkan membuat tampilan depan untuk OS smartphone Vivo dan iQOO ke OriginOS. Sebelumnya Vivo membuat tampilan depan smartphone dengan FuntouchOS. Vivo menganti dengan disain baru, termasuk elemen di smartphone

Amazfit T-Rex harga resmi Juni 2020. Tampilan layar Amazfit T-Rex dengan panel AMOLED 1,3 inci, full color resolusi 360x360 dan mendukung Always On Display. Amazfit T-Rex mendapat 12 standar ketahanan militer dan bertahan di kedalaman 50 meter. Memantau kondisi detak jantung terlalu tinggi. Maka jam dapat memberikan peringatan berupa getaran.



Realme Watch model yang dirilis Mei 2020 memiliki tambahan fitur SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh. Harga Realme Watch juga murah, termasuk fitur memeriksa detak jantung. Dan disainnya mirip seperti Apple Smartwatch. Realme Watch memiliki layar 1,4 inci dengan panel LCD, dengan ketajaman pixel 320 x 320p 323ppi.

Oksimeter atau Pulse Oxymeter adalah alat mengukur kadar oksigen di dalam darah. Alat tersebut meningkat penjualannya setelah banyak tim medis memberikan informasi pasien mengalami penurunan kadar oksigen. Tetapi apakah semua Oximeter memiliki kemampuan yang sama, dan cukup akurat. Cara kerja Oksimeter

Satu pasien diberi peringatan dari jam pintar, karena detak jantung 120ppm selama 10 menit. Baru diketahui penyebabnya di UGD. Perangkat jam pintar seperti fitur ECG dapat membantu orang untuk memberikan peringatan. Khususnya mereka yang memiliki masalah dengan jantung. Tetapi kasus lain berbeda, dimana orang yang seharusnya tidak mengetahui. Tapi jam pintar membantu memberitahu adanya masalah kesehatan

Manusia memang membingungkan. Ketika jam tangan pintar datang, masyarakat mulai rajin berolahraga. Terpacu dari data di smartwatch yang mereka kenakan. Sampai produsen mulai memasukan aplikasi tambahan untuk memberi catatan ke tingkat lebih tinggi.

Teknologi jam pintar atau Smartwatch mulai mengambil fitur medis. Samsung, Apple dan Kardio Mobile mulai memasarkan jam pintar dilengkapi EKG. Salah satunya EKG, umum digunakan tim medis menditeksi masalah jantung. Apakah jam pintar mampu menyamai kemampuan perangkat kedokteran. Tentu saja tidak, tapi ada beberapa fungsi dasar di smartwatch, memberi diteksi dini masalah jantung kepada penguna.



Infinix Xband 3 adalah perangkat jam pintar. Perbedaan dengan jam smartwatch biasa, perangkat Infinix Xband 3 memiliki 2 fitur. Pertama untuk mencatat aktivitas detak jantung, kedua memiliki sensor tekanan darah. Infinix Xband 3 memiliki nomor model XB03. Dengan layar kecil 0,85 inci atau sekitar 2cm.

Anda mengunakan smartwatach atau band untuk pelacakan kebugaran. Studi terbaru mengatakan alat semacam itu tidak 100% akurat, ada yang melebih-lebihkan catatannya. Tapi ada sisi baiknya, karena tidak akurat mungkin anda sudah melebihi target yang anda inginkan.
Beberapa model malahan mencatat lebih rendah dari aktivitas sebenarnya.




No popular articles found.