Robot Curiosity di planet Mars sedang di kontrol dari rumah oleh tim Nasa


Shortstory | 19 April 2020

Pandemi memaksa jutaan orang Amerika bekerja dari rumah selama sebulan terakhir, dan kemungkinan akan berlanjut ke masa mendatang.

Bagaimana dengan robot yang masih berjalan dari misi ekplorasi ruang angkasa. Apakah harus diam bengong tidak ada yang mengendalikan.

Tidak juga karena bekerja dari jarak jauh lebih mudah bagi sebagian karyawan untuk beberapa pekerjaan.
Selama ada berkoordinasi dengan rekan-rekan asalkan ada kesabaran dan teknologi.

Masalahnya robot di dalam tim Nasa ini jaraknya jutaan km jauhnya dari Bumi. Tidakmungkin robot dilepas begitu saja di planet Mars sendirian.
Itulah tantangan yang dihadapi tim ilmuwan dan insinyur NASA yang bertanggung jawab atas Curiosity yang saat ini menjelajahi permukaan Mars, jarak saat ini 200 juta km dari bumi.

Tim Curiosity, yang biasanya bekerja dari kantor Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan. Bulan ini telah bekerja dari jarak jauh sejak pejabat California mengeluarkan perintah "tinggal di rumah" untuk semua pekerja yang tidak penting. Agar membantu menghentikan penyebaran coronavirus sejak Maret 2020, diumumkan oleh badan antariksa tersebut. kata dalam posting blog.

Sekarang kerjaan akan berubah, karena masing masing insinyur harus berpisah dengan ruang kerja mereka. Atau ratusan dari anggota tim lain, bekerja di rumah masing masing.

Termasuk urusan coding, menulis kode komputer untuk memprogram tahapan robot penjelajah, urutan demi urutan, sambil melakukan eksperimen dengan materi yang dikumpulkan robot Curiosity dalam perjalanannya melintasi Planet Merah.

“Kami biasanya berada dalam satu ruangan, berbagi layar, gambar, dan data. Orang-orang berbicara dalam kelompok-kelompok kecil dan satu sama lain dari seberang ruangan, ”kata Alicia Allbaugh, yang memimpin tim Curiosity, dalam postingnya.

Sekarang, para pekerja seringkali mengadakan beberapa panggilan video konferensi bersama, sambil tetap berkomunikasi melalui aplikasi messenger, untuk menyelesaikan tugas yang sama yang dulunya mereka lakukan di ruang kantor.



Kadang-kadang, tim membutuhkan lebih dari 20 orang pada suatu waktu bekerja dalam memprogram urutan sebelum mengirim instruksi tersebut ke robot.
Prosesnya dapat memakan waktu berhari-hari sebelum robot ditugaskan menyelesaikan tahapan mengebor ke dalam batu untuk sampel batuan Mars untuk dianalisis.

NASA harus melengkapi para pekerja dengan headset, monitor, dan peralatan komputer lainnya untuk memastikan pengaturan kerja-dari-rumah mereka memadai.

Ngak sampai disana, anggota tim harus membawa pulang kacamata 3D sederhana yang memungkinkan mereka melihat gambar 3D yang dikirim robot kembali dari Mars dan harus diperiksa dari laptop rumah mereka

"Saya mungkin memonitor sekitar 15 kabal obrolan setiap saat," katanya.

"Ini cerita klasik, dari text book NASA," katanya. “Kami dihadapkan dengan masalah dan kami mencari cara untuk membuat segalanya dapat bekerja. Mars tidak tinggal diam untuk kita; kami masih mengeksplorasi. "

Tentu saja, bahkan dengan sejumlah bisnis yang dipaksa untuk beradaptasi dengan pengaturan kerja yang lebih fleksibel di tengah pandemi coronavirus, tidak semua orang dapat bekerja dari jarak jauh, apakah itu karena persyaratan pekerjaan khusus mereka atau, dalam beberapa kasus, kurangnya akses kecepatan internet di rumah.

Dibawah ini foto tim Nasa yang mengatur robot Curiosity bulan April 2020 bukan dari kantor, tapi dari rumah masing masing.

Rover Curiosity remote from Home by Nasa

Berita terkait
Jangan bingung bila tahun 2020 ada 4 nama yang awalnya selalu terlihat menjadi satu. Nama Xiaomi, Redmi atau nama Mi, ditambah Poco dan CC. Ke 4 nama smartphone dari produsen terpisah. Walau masih dibawah nama Xiaomi. Keputusan produsen Xiaomi akan memisahkan segmen penguna perangkat elektronik di awal tahun 2019.

Foto robot Curiosity berada di planet Mars. Diabadikan dari ketinggian 400km oleh pesawat MRO. Lokasi robot terlihat seperti titik biru dari pantulan panel surya. Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise.



Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars




No popular articles found.