Samsung buat procesor Google Exynos dengan 3 arsitek di satu procesor smartphone


Shortstory | 10 April 2020


Samsung memiliki jajaran chip Exynos sendiri untuk smartphone. Seperti Huawei memiliki procesor Kirin.

Tetapi procesor Samsung selalu berada di belakang Qualcomm.

Dalam beberapa waktu terakhir, persaingan antara kedua chip ini menunjukkan bahwa saling mengejar teknologi. Bahkan procesor Snapdragon juga dibuat oleh pabrik Samsung. Tidak ada batasan di antara kedua merek procesor, intinya siapa yang mendisain.

Saat ini, smartphone Samsung menggunakan kedua procesor (Exynos dan Snapdragon) untuk smartphone Samsung sendiri. Di Asia lebih banyak ditempatkan Exynos, sedangkan di Amerika lebih banyak mengunakan procesor Snapdragon.

Snapdragon tampaknya memiliki kinerja yang lebih baik daripada Exynos setidaknya dalam kecepatan dan kinerja yang efisien. Sejauh ini tidak masalah, karena Samsung terus mengejar kemampuan procesor Exynos agar bersaing dengan procesor Snapdragon.

Ini kabar menarik dari procesor chip generasi berikutnya, Samsung akan membuang core Mongoose CPU ke CPU ARM.

Merubah GPU ARM Mali GPU ke GPU AMD Radeon. Menunjukkan bahwa Samsung tidak menghentikan pengembangan Exynos dalam waktu dekat. Sebaliknya, Samsung berharap membuatnya lebih baik.

Kabar yang lebih menarik, Samsung bekerja sama dengan Google. Menurut laporan, Samsung dan Google sedang bekerja untuk procesor SoC khusus (custom procesor ) bagi perangkat Google. Chip te4rsebut dikabarkan akan tersedia pada awal tahun 2020

Chipset Exynos Custom untuk Google akan diproduksi menggunakan proses LPE 5nm Samsung.

Menurut Sammobile, prosesor octa-core Exynos dilaporkan memiliki 2 core CPU Cortex-A78, 2 core CPU Cortex-A76, dan 4 core CPU Cortex-A55.



Chipset dapat menggunakan internal grafik GPU Mali MP20 ARM yang belum diumumkan disain dari arsitek Borr (nama kode berdasarkan mitologi Norse). Google tampaknya menganti fitur pengolahan gambar seperti ISP dan NPU dari disain Samsung. Dan mengantinya dengan Visual Core ISP dan NPU sendiri

Chipset Google-Samsung awalnya akan digunakan bagi perangkat Google Android smartphone kelas menengah.
Atau ditampilkan di perangkat Chrome OS dan bahkan server pusat data.
Seperti apa disain procesor Exynos Google, kita tunggu berita selanjutnya di tahun 2021.

Berita terkait
WIFI 6e diumumkan mengunakan 6Ghz. Penganti WIFI 802.11ac adalah WIFI 802.11ax, seberapa cepat WIFI ax. Menawarkan kecepatan 4x dari generasi sebelumnya. Grup aliansi WIFI membuka program sertifikasi WIFI 6, setidaknya sudah masuk beberapa chip untuk koneksi WIFI yang disertifikasi

Procesor Huawei Kirin tancap gas ke 5G. Kirin 1020 5nm tahun ini diumumkan 5nm Cortex A77. Kirin 820 model procesor smartphone kelas menengah dengan 5G. Kirin 990 kebutuhan video 4K 60fps di smartphone. Huawei procesor Kirin 980 Arm Cortex A76 dan A55.. Mendukung 4G LTE Cat.18 dan Cat13 1,2Gbps download. Mengapa Kirin 990 masih mengunakan arsitek A76, walau ARM menyebut A77 lebih hemat 20% power.



Procesor terkai dengan kerapatan, atau saat ini sering disebut nm. Mengapa teknologi ini penting. Ke depan procesor akan dibuat sampai 5nm, dan alternatif 7nm. Ada 2 pabrik terbesar yang membuat CPU baik smartphone dan PC, yaitu TSMC dan Samsung. Apa dampak procesor yang dibuat semakin rapat, dan kapan diproduksi.

Apa perbedaan headset, earphone, earbud atau headphone. Fungsinya sedikit berbeda, tapi disain utamanya untuk mendengarkan suara seperti musik atau pembicaraan telepon, dilengkapi tombol. Perbedaan lain adalah kualitas, yang disebut premium produk dimana suara dihasilkan lebih baik.

ARM Mali-Cetus disebut Mali D71 adalah pengembangan grafik pada smartphone dengan arsitek Arm. Tetapi yang ini berbeda, dan mendukung teknologi high res display serta multi tasking. Arm menyebut ARM Mali-Cetus bekerja dengan display 4K x 2K dengan kecepatan 120Hz




No popular articles found.
< /body>