Samsung hentikan produksi layar LCD tahun 2020 diganti ke QLED ambil dari Sharp


Shortstory | 1 April 2020

Produsen panel LCD Korea Selatan Samsung Display telah memutuskan mengakhiri semua produksi panel liquid crystal display (LCD) dari 2 pabrik di Korea Selatan dan China hanya sampai akhir tahun 2020, kata juru bicara mengatakan pada hari 31 Maret 2020.

Samsung Display adalah unit raksasa teknologi Korea Selatan Samsung Electronics Co Ltd, telah mengatakan pada Oktober 2019.

Samsung telah menangguhkan satu dari dua jalur produksi LCD di tengah penurunan permintaan untuk panel LCD dan sudah kelebihan pasokan.

"Kami akan memasok LCD pesanan pelanggan kami sampai akhir tahun (2020) tanpa masalah," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Oktober 2019 lalu, Samsung sebagai pemasok panel Apple Inc.
Samsung akan menginvestasikan 13,1 triliun won ($ 10,72 miliar) dalam fasilitas pabrik baru dan penelitian untuk meningkatkan jalur produksi LCD QLED.
Agar bersaing dengan kelebihan pasokan panel monitor di tengah lemahnya permintaan global untuk smartphone dan TV dan menganti ke teknologi quantum dot display atau QLED.

Investasi 5 tahun ke depan akan fokus merubah satu jalur di pabrik LCD Korea Selatan untuk meproduksi massal layar "quantum dot" yang lebih maju.

2020 November
Samsung masih menunda penghentian produksi di pabrik L8 Asan untuk jadwal Maret 2021.
Penundaan terkait tingginya permintaan LCD panel.
Samsung memiliki 2 pabrik, di Asan Korea dan Suzhou China.
Pabrik di Chian dijual ke CSOT - China Star Optoelectronic yang membuat panel LCD dan OLED.
Peralatan lain di Korea juga di jual ke Efonlong, pabrik China lain.



Samsung memindahkan teknologi LCD ke Quantum Dot.


2020 April
Perusahaan menjalankan 2 jalur produksi LCD di pabrik-pabrik di Korea Selatan dan dua jalur produksi di pabrik khusus LCD di Cina.
Samsung belum memutuskan operasi pabriknya di Cina di masa depan, kata juru bicara itu. Hanya pabrik di Korea yang akan di rubah menjadi pabrik QLED.

Saingan Samsung Display, adalah LG Display Co Ltd mengatakan awal tahun 2020 bahwa mereka akan menghentikan produksi panel TV LCD dalam negeri di akhir tahun 2020.

Mungkin tahun 2020 adalah tahun terakhir untuk melihat LCD monitor dan LCD TV dari produk Samsung, atau panel LCD buatan Samsung.
Kedepan produk Samsung akan mengandalkan teknologi Quantom Dot yang lebih canggih, sementara harganya jauh lebih mahal dari panel LCD.

Canggih tentu ada harga, sementara monitor Samsung mungkin menjadi lebih mahal sebelum Samsung dapat memproduksi dalam jumlah besar..
Samsung QLED model 27 inci saja 6 jutaan, bandingkan panel 27 inci LCD monitor sudah turun dan di bandrol 2,4 juta.

Sharp suplai LCD ke Samsung 8 April 2020.
Setelah Samsung dikabarkan akan mengurangi pasokan LCD panel. Sumber dari Taiwan menyebut, Sharp akan memasok panel LCD TV ke Samsung.
Sharp membuang persediaan panel LCD ke Samsung pada tahun 2017, setelah diakuisisi oleh Foxconn.

Sekali lagi Samsung dan Sharp bekerja sama setelah 2 tahun kemitraan mereka berakhir. Walau kerjasama kali ini hanya sementara, setelah Samsung resmi tidak lagi menjual LCD TV.
Samsung tidak lagi menerima pesanan untuk panel LCD. Hanya mengirim persediaan yang sudah ada, sedangkan kekurangan akan diambil dari panel Sharp.

Berita terkait
Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass 6 kembali mengembangkan kaca smartphone baru. Kaca Gorilla Glass Victus dibuat lebih keras dengan daya tahan gores, dan tahan jatuh sampai ketinggian 2 meter. Kekuatan kaca ditingkatkan atas permintaan produsen, ketika smartphone jatuh artinya rusak.

Kabel ethernet umum digunakan di jaringan LAN. Berkembang teknologi WIFI, kabel Ethernet tetap dibutuhkan. Khususnya untuk jaringan kantor sampai rumah. Kecepatan tranfer dari computer ke HUB atau dari HUB ke HUB WIFI Router dan lainnya lebih stabil dibanding WIFI. Apa yang berbeda dari kabel Ethernet.



Supercomputer Big Red 200 memiliki 90.000 core. Kabarnya Nvidia menawarkan GPU terbaru sebagai penganti Tesla V100. Karena lebih efisien dan lebih cepat sampai 70%. Membuat pembangunan supercomputer Big Red 200 tertunda dan dibagi dalam 2 tahap menunggu tersedianya GPU Tesla milik Nvidia

Beberapa tahun ini muncul produk Router WIFI Premium. Router game dengan harga lebih mahal dibanding Router standar. Apa kelebihan Router Game, salah satu komponen dengan CPU dan RAM. Bagian penting router pada pengaturan setting prioritas pada aplikasi dan menekan kelambatan akses internet.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Layar Amoled - active-matrix organic light-emitting diode memiliki kemampuan lebih hemat power, tidak membutuhkan lampu backlit, dan cahaya dihasilkan dari panel sendiri, serta warna lebih baik dari LCD. Tetapi teknologi LCD sudah mengunakan kerapatan panel seperti tipe layar IPS




No popular articles found.