Internet dunia melambat mengapa Youtube Netflix TikTok video ke SD


Shortstory | 26 March 2020

Eksklusif: YouTube untuk mengurangi kualitas streaming di Eropa karena epidemi

Dari harian Reuters. Perusahaan Alphabet Inc (GOOGL.O) YouTube mengatakan Jumat 20 Maret 2020.

Akan mengurangi kualitas streaming video di negara Uni Eropa untuk menghindari beban jaringan internet di beberapa negara, karena ribuan orang Eropa terkendala oleh wabah..

Karena banyak orang disarankan bekerja di rumah, belajar di rumah dan beralih ke teleworking dan menonton video mengunakan internet.

Agar tidak menganggu trafik internet, Youtube mengunci kualitas video lebh rendah selama 30 hari. Tujuannya untuk menurunkan pemakaian trafik data sampai 25% di Eropa.

Dan tidak menambah beban trafik internet di negara Uni Eropa sampai jatuh setelah ada peningkatan trafik internet sangat tinggi.

YouTube adalah perusahaan kedua setelah Netflix (NFLX.O) yang mengambil langkah pencegahan, setelah ktua industri komisi Uni Eropa Thierry Breton mendesak platform streaming agar memotong kualitas video untuk mencegah kemacetan internet.

Akun video merupakan bagian penting dari data lalu lintas internet dan cukup menyita bandwidth internet secara nasional dan internasional ketika terjadi lonjakan besar.

Langkah itu dilakukan setelah Breton berbicara dengan CEO Alphabet Sundar Pichai dan CEO YouTube Susan Wojcicki.
Dikatakan sejauh ini mereka melihat terjadinya beberapa puncak penggunaan aplikasi di internet, dan memutuskan untuk bertindak dengan meminimalkan tekanan pada sistem jaringan internet di Eropa.

"Kami membuat komitmen, sementara waktu mengalihkan semua lalu lintas di UE ke layanan video definisi standar video atau SD secara default," kata perusahaan Youtube dalam sebuah pernyataan.



Walau tayangan SD tidak sedetail atau setajam video definisi tinggi. Setidaknya dapat mengurangi beban trafik internet untuk sementara waktu.

Perusahaan telekom dan provider internet mengalami stres melihat lonjakan sangat tinggi, dan menuju bagian batas atas atau kapasitas penuh. Setelah diketahui trafik internet naik mencapai 35% - 60% setiap hari.

Penyedia telekomunikasi Eropa, Vodafone (VOD.L) sampai Deutsche Telekom (DTEGn.DE), melaporkan lonjakan lalu lintas data dalam beberapa hari terakhir.

Memaksa kepala komisi Eropa Breton untuk meminta bantuan sebelum internet rusak alias macet / down total karena kelebihan beban trafik.

Laporan perusahan telekomunikasi Vodafone, peningkatan trafik internet naik 50% karena banyak yang bekerja di rumah.
Tidak hanya urusan belajar dan bekerja, atau pelajar yang mengakses pelajaran.

Game digital juga meningkatkan trafik internet, karena banyak pelajar di liburkan dan orang mengunakan permainan untuk hiburan.
Vodafone melayani 120 juta pelanggan di 12 negara Eropa.

28 Maret 2020
Data Ookla Speedtest, Asia perlahan terkena dampak penguna internet yang mulai bekerja di rumah. Sementara di China, kecepatan internet mulai naik ke posisi normal.
Jepang terlihat tidak berdampak, dan internet disana aman.
Maret 2018, Malaysia dan India, kecepatan internet rata rata turun ke 80Mbps.
Kecepatan internet juga berdampak di jaringan Mobile.  Malaysia ketika di berlakukan kontrol, kecepatan internet mulai drop pada 18 Maret 2020
Eropa terlihat turun adalah negara Spanyol dan Italia.


26 Maret 2020
Netflix akhirnya down di Eropa dan Amerika walau untuk sementara waktu.
Situs DownDetector, keluhan penguna Netflix pada jam 12:30 malam meningkat. Area Eropa Utara dan Amerika Timur serta California tidak dapat mengakses Netflix.
Setelah jam 1 malam akhirnya mereda dan koneksi kembali dapat di akses.
Akses Youtube sementara pindah ke default SD, tapi tidak permanen dan penguna dapat memindahkan ke resolusi lebih tinggi secara manual. Tujuannya untuk antisipasi mengurangi beban internet di seluruh dunia. Default SD berlaku sampai bulan depan saja.

Layanan cloud storage juga mendapat ujian langsung.


Amazon Web Services / AWS melakukan respon perencanaan daya tahan jaringan. Secara terakhir mengukur lonjakan trafik ke server AWS. Termasuk persiapan bila jaringan akhirnya jatuh.
Google Cloud, telah membentuk tim internal untuk rencana dan mengurangi dampak pemakaian internet.
Microsoft menempatkan mesin virtual yang tersebar di beberapa geografis.

24 Maret 2020 WIB
TikTok juga menurunkan video, dan tidak tersedia HD untuk jaringan di Eropa sampai 30 hari ke depan. Termasuk Disney memangkas kualitas video
Pemakaian trafik internet TikTok dan Whatsapp meningkat sejak Januari 2020 sampai 46% dibanding periode yang sama tahun 2019.
Penguna download TikTok terbesar ada di Brasil, India dan Amerika.

22 Maret 2020 WIB
Minggu Facebook sementara menurunkan streaming untuk videio. Termasuk Instagram menurunkan trafik data, dimana internet mulai terkena beban di Eropa.

21 Maret 2020 WIB
Amazon mengikuti langkah Netflix dan YouTube menurunkan kualitas streaming untuk regional Eropa.

Indonesia, masih normal. Youtube tidak menCap ke SD video. Masih bisa di tonton dalam tayangan HD atau lebih tinggi.

Tidak menyebut secara khusus negara mana saja yang meningkat trafik internet. Tapi kemungkinan Spanyol, Italia dan Perancis. Karena disana dilakukan shutdown dalam waktu cukup panjang.

Layanan Vodafone di Inggris mencapai 18 juta pelanggan, data disana naik 30%. Disebabkan strategi pemerintah yang mengikuti langkah negara tetangga dalam pengamanan bagi masyarakat.

Layanan telekomunikasi Virgin di Eropa memberikan layanan data gratis sampai 10GB untuk akses internet dari ponsel untuk kota yang dikunci.

Untuk menurunkan beban internet, layanan broadband sementara di pindah ke batas tertinggi 20Mbps (di Cap). Sedangkan pelanggan lama masih diberi kecepatan akses internet penuh.
Biasanya jam sibuk internet di Eropa pada kisaran 18:00 - 20:00, sekarang meluas hingga jam makan siang.

Cloudflare layanan server dan DNS memiliki data lebih unik.
Amerika rata rata mencapai puncak jam 9 malam, lalu surut ke titik terendah untuk koneksi internet jam 3 pagi.
Sejak Januari peningkatan data sudah dimulai pada siang hari. Pada malam hari akses pada jam 21:00  juga meningkat mencapai 40% lebih tinggi dari hari biasa.

Italia, penguna banyak mengakses online chat, naik 30% sampai 300% dari pemakaian normal. Video streaming ikut meningkat sampai 2x lebih besar.
Termasuk akses ke berita naik sekitar 30-60%. Pemain game online meningkat 20%

Negara Korea Selatan sepertinya cukup signifikan. Nonton film kartun bagi anak anak naik 2x, online chat naik 1,2x sampai 1,8x. Pemain game meningkat 30%

Akamai perusahaan Cloud internet mengatakan terjadi peningkatan trafik internet sampai 50% setiap hari. Sejauh ini Akamai tidak mengalami masalah dan bekerja normal.
Perusahaan telekom Amerika AT&T telah siap menghadapi situasi seperti ini.

Masalahnya satu, data video mencapai 70% trafik global internet dunia. Netflix resolusi SD membutuhkan trafik 1GB data perjam, sedangkan HD video naik sampai 3GB perjam.

Kota Amerika sedikit mengalami penurunan kecepatan internet.
Amerika 10 kota besar, 4 kota Houston, New York City, San Diego, dan San Jose mengalami penurunan download speed internet.
Kota New York, rata rata kecepatan download 73Mbps dalam 10 minggu terakhir, rata rata turun 62Mbps.
San Jose, dramatis drop dari 63Mbps ke 35Mbps.


Berita terkait
Jembatan yang menghubungkan 2 kota Macau dan Hong Kong sampai daratan China selesai di bangun. Nilainya mencapai 20 miliar dollar atau setara 300 triliun Rupiah. Pembangunan selesai 9 tahun, mencapai jarak 55 km awal rencana dibuka pada tahun 2016. Tapi tertunda sampai akhirnya bulan Oktober 2018 diresmikan. Jembatan mampu menahan gempa 8 skala Richter, topan badai, sampai tertabrak kapal cargo.

Ini dunia internet, dan semua di akses via online. Bagaimana dengan kompetisi foto kelas dunia. IPOTY- International Photographer of the Year 2017 kelihatannya bergengsi. Bayar untuk ikut kompetisi, dan tidak hanya satu website. Dicurigai ada website lain.



Seandainya ada yang ingin memiliki sebuah computer, berapa kapasitas RAM. Mungkin antara 16GB sudah cukup. Bagaimana bila sebuah computer memiliki 1TB RAM setara 1000GB RAM. Apa yang kita lakukan dengan RAM sebesar itu.




No popular articles found.
< /body>