Paket internet rumah fiber optik dari 11 ISP paling murah 100 ribuan atau internet mahal lebih baik


News | 15 March 2020


Berapa banyak provider internet fiber optik untuk internet rumah di Indonesia. Cukup banyak, mungkin kita tidak melihat dan setidaknya ada 11 ISP nasional. Dan internet provider lain di wilayah regional atau kota.
Bagaimana cara pasang internet dirumah, kenali saja kabel fiber optik yang lewat di depan rumah. Lihat informasi di website internet provider, umumnya akan tertera wilayah jaringan internet termasuk kota dan jalan.
Apa yang harus dilakukan untuk pasang internet rumah. Setelah mendapatkan provider, siapkan saja tempat untuk penempatan modem, dan proses instalasi internet membutuhkan 1 hari.

Perluasan jaringan fiber optik dilakukan 2015, tapi perluasan besar jaringan fiber optik paling besar mulai 2017 di ikuti layanan internet provider.

Perluasan fiber optik mendorong provider internet baru masuk di tahun 2017 dan 2019.

Seperti jaringan internet yang terlihat di kota kota besar, seperti Jakarta. Semakin banyak kabel fiber optik malang melintang. Kadang kita menemukan di satu tempat terdapat 3-4 tiang kosong dan entah milik siapa.

Tidak berbicara perusahaan plat merah seperti Telkom Indihome , atau layanan provider lama.

Tahun 2018 - 2019 sudah ada layanan fiber optik milik swasta lainnya, termasuk PLN Stromnet menyediakan paket internet fiber optik 2019 lalu. Internet Indosat fiber, XL Home fiber, dan lainnya.

Pernah melihat di depan jalan rumah, atau di sekitar rumah. Lihat ramainya kabel, siapa yang memasang kabel fiber optik tersebut ?


Kabel fiber optik menjadi standar koneksi internet, harga kabel fiber optik semakin terjangkau, mampu menangani data kecepatan tinggi sampai 1Gbps koneksi internet, tahan gangguan cuaca dan gelombang elektromagnetik. Walau instalasinya memerlukan teknisi tersendiri.

Harga paket internet rumah paling murah dari jaringan fiber optik sementara dari provider Stroomnet (2019). Stroomnet hanya menawarkan 101 ribu perbulan 5Mbps.



Kita bertanya, apakah paket internet murah fiber optik memang lebih hemat. Atau yang mahal lebih baik.

Perlu kita perhatikan ada keterangan dari provider internet :
Perbandingan koneksi download dan upload berbeda beda, jadi anda tahu apa yang diperlukan. Provider internet ada yang menawarkan 2:1 atau koneksi upload hanya setengah dari download.
Yang lain menawarkan 1:1 atau download dan upload sama cepatnya. Jadi perhatikan bagian rasio perbandingan kecepatannya. Bukan saja kecepatan bandwidth dalam Mbps.
Penawaran alat sewa modem, STB (set top box) bulanan atau gratis. Atau mendapat kesempatan membeli perangkat dibanding dikenakan biaya menyewa perbulan. Biaya tersebut harus anda hitung untuk total tagihan internet perbulan.

Paket internet fiber optik paling murah

Kami mengambil beberapa daftar dari paket internet fiber optik bulanan perusahaan provider internet nasional. Paket harga internet diambil dari harga paket fiber optik standar.

Harga paket fiber optik yang kami hitung :
1. Hanya tarif paling murah atau paket paling murah
2. Menyertakan harga paket resmi yang ada di halaman website
3. Mengambil data paket internet lebih murah yang bukan tarif resmi (tidak tertera di halaman provider)
4. Tidak menghitung biaya sewa perangkat dan PPN, atau memasukan harga Net
5. Tidak memasukan biaya instalasi yang tidak penting, hanya harga paket internet termurah.

Dapat dilihat daftar paket internet fiber optik (Maret 2020)

Paket internet (harga Rp.)
Provider Internet Mbps (kecepatan)
Rp.101.000 Stroomnet PLN
5Mbps
Rp.149.000 BaliFiber 10Mbps
Rp.189.000 CBN Fiberstar
10Mbps
Rp218.900 Oxygen Moratelindo
15Mbps
Rp.280.000 GIG IM2 Fiber Indosat
20Mbps
Rp.290.000 MNC Play 10Mbps
Rp.325.000 Biznet Home 75Mbps
Rp.329.000 MyRepublic 30Mbps
Rp.349.000 XL Home 100Mbps
Rp.360.000 Indihome Telkom
10Mbps
Rp.361.000 FirstMedia Linknet 15Mbps

Menarik penawaran kecepatan internet di negara kita memiliki perbedaan signifikan.

Hanya 2 provider yang menawarkan paket paling murah diatas 50Mbps untuk paket internet paling murah, yang lain berada di 30Mbps sampai 5Mbps yang lebih rendah.



Melihat tarif provider diatas, harga Stroomnet paling murah Rp.101.000, belum termasuk PPN dengan kecepatan paling rendah 5Mbps dan harga tertinggi dari FirstMedia dan Indihome (termasuk paket Bundel seperti TV).

Bisa dilihat dalam grafik, data diambil dari layanan internet paling murah. Tanpa menyertakan bonus atau termasuk paket TV, tidak menghitung biaya sewa perangkat, dan hanya mengambil apa yang tertera di paket web provider, termasuk paket internet tidak resmi yang sedang ditawarkan.

Click gambar untuk memperbesar.

Daftar harga internet bulanan

Harga pada grafik adalah harga paket internet standar bulanan yang ditawarkan oleh provider internet fiber Indonesia

Harga paket internet fiber optik Indonesia  paling ekonomis

Tabel dibawah menghitung kecepatan bandwidth untuk paket internet provider berdasarkan biaya bulanan.

Apakah paket internet bulanan termurah, atau paket internet fiber optik lebih mahal dibanding kecepatan yang diberikan ke pelanggan.
Kami menghitung harga per MB kecepatan internet fiber optik dengan biaya paket internet bulanan.

2 provider internet nasional, XL Home dan Biznet Home. Perbandingan kecepatan Mbps dengan harga normal perbulan mengenakan Rp.3000 - 4000 per Mbps. Jauh lebih murah dari provider lain yang memberikan bandwidth internet lebih kecil. Bahkan 1/10 kecepatan internet di 2 provider.

Keduanya menawarkan internet dengan kecepatan tinggi, dan internet fiber paling rendah ada di kelas 75 - 100Mbps ke atas.

Dibawah ini bila kita menghitung angka Mbps dari provider dengan harga paket internet fiber optik yang ditawarkan dalam perkiraan biaya per Mbps


Tentu tidak berimbang, mengatakan internet XL Home dan Biznet Home adalah provider internet dengan paket internet paling murah berbanding kecepatan bandwidth yang pelanggan dapatkan.

Karena tidak semua membutuhkan internet kecepatan "terlalu tinggi" seperti kecepatan 50Mbps.

Serta tagihan bulanan dikenakan 300 ribu lebih perbulan, baik harga net / non PPN. Bagi sebagian penguna agaknya terlalu mahal.

Lalu paket internet apa yang ideal, internet cepat tapi murah. Ini jawaban dari pertanyaan selanjutnya.

Promo Internet fiber optik cepat & murah

Provider internet kadang menawarkan paket promo. Kesempatan ini bisa kita dapatkan ketika ada layanan tarif flat, tarif promo, pembayaran dimuka.

Bila cermat menghitung dan mengambil penawaran promo yang diberikan.
* Biaya instalasi gratis untuk pelanggan baru.
* Paket promo diberikan untuk pelanggan lama dan baru.
* Paket tambahan seperti kecepatan lebih tinggi, bila membayar dimuka atau kontrak.
* Tidak dikenakan biaya sewa perangkat
* Menonaktifkan internet sementara waktu tanpa harus berhenti berlangganan.
* Upgrade dan downgrade kecepatan, bila kita membutuhkan dapat di upgrade kecepatan internet untuk 1 bulan saja dan kembali normal bulan berikutnya.

Perusahaan provider internet / ISP  ada yang memberikan tambahan kecepatan (speed booster), kecepatan di naikan sekitar 50% - 100% dari paket standar sebagai paket promo atau fasilitas tambahan.



Yang lain memberikan potongan harga pembayaran dimuka untuk kontrak bulanan atau kontrak 12 bulan. Untuk kesetiaan pelanggan akan diberikan tambahan dari paket yang ada.

Provider juga menawarkan diskon untuk pembayaran seperti pembayaran dimuka, auto dan lainnya.

Paket promo paket internet dapat merubah harga internet mahal menjadi paket internet kecepatan tinggi lebih terjangkau. Walau Promo tidak selalu diberikan setiap saat, kita dapat mempertimbangkan apakah bisa mendapatkan kecepatan internet terbaik dengan harga yang diberikan.

Paket promo internet yang menguntungkan dan wajar dari provider :

Biznet Home menawarkan kontrak 12 bulan bayar dimuka. pelanggan mendapatkan tambahan gratis 5 bulan. Promo pembayaran diberikan pada bulan tertentu setiap tahun.
Bila pelanggan Biznet Home membara 12 bulan penuh di muka, total biaya 17 bulan pemakaian internet hanya perlu dibayar 12 bulan.
Instalasi normal Rp.750 ribu, promo Rp.100.000, walau masih dikenakan biaya sewa modem Rp.50 ribu perbulan
Hitungannya bayar 12 bulan Rp.325.000  = Rp.3.900.000 gratis 5 bulan, total 17 bulan layanan internet
Biaya internet 12 bulan bila di total untuk Biznet Home Rp.3.900.000 /17 bulan = Rp.229.411 perbulan
Dibawah Rp. 4.000 per Mbps.
Pelanggan Biznet Home diberi kesempatan membeli unit modem WIFI FIber Rp.900.000.
Paket total bulanan 311 ribuan perbulan mendapat kecepatan 75Mbps. Selesai promo, modem fiber menjadi milik anda.

Oxygen menawarkan paket Super Double bandwidth tapi tarif tetap.
Promo tersebut sementara berlaku untuk semua pelanggan, ditawarkan kontrak 12 bulan. Dapat diambil kapan saja (April 2020) bagi pelanggan baru atau lama.
Dari paket 15Mbps mendapatkan promo 30Mbps 1 tahun bila membayar di muka.
Tagihan internet Oxygen tetap,  Rp.185.900 perbulan net (Maret 2020), kecuali ingin mendapat TV harus menyewa perangkat STB.
Setara Rp.6.200 per Mbps dibanding tarif normal Rp.12.400 per Mbps
Perangkat dipinjamkan tanpa dikenakan biaya. Penguna hanya membayar apa yang tertera dari paket yang dipilih dan tidak dikenakan biaya instalasi.

GIG IM2 menawarkan paket promo pembayaran kartu kredit Bank Mandiri dan BNI perbulan
Paket 20Mbps Rp.280.000 perbulan menjadi Rp.220.000 (non PPN)
Setara Rp.11.000 per Mbps, turun dari tarif normal Rp.14.000 perMbps
Gratis pinjaman modem, gratis instalasi. Walau data berlaku Maret 2020. Ke depan tidak diketahui untuk kelanjutan promo.
Keunikan layanan GIG internet dapat diupgrade setiap awal bulan, downgrade dan Freeze (boleh dihentikan atas permintaan pelanggan selama sebulan dengan membayar Rp.50.000 perbulan tanpa pemutusan langganan)

MNCplay paket promo bayar 9 bulan gratis 3 bulan pembayaran kartu kredit. Terlihat rutin diberikan ke pelanggan internet MNCplay dengan pembayaran kartu kredit..
Paket 10Mbps Rp.290.500 perbulan menjadi Rp.218.000 perbulan asalkan tetap berlangganan selama 12 bulan.
Setara Rp.21.000an per Mbps, turun dari Rp.29.000 per Mbps
Bila membayar dengan kartu kredit MNC, mendapat potongan paling besar 40% 12 bulan. 34% untuk member lama di tahun ke 2.
Pelanggan baru tidak dikenakan biaya instalasi Rp.200.000, tidak dikenakan sewa modem dan set top  box, dan harga sudah Net.

Tarif paket internet dari provider dapat berubah.

Kadang speed naik harga sedikit naik. Yang lain memberi harga berfluktuasi. Perubahan harga dapat berubah antara 3 bulan, 6 bulan atau tahunan.

Provider yang baik lebih banyak menurunkan harga paket internet, atau menambah kecepatan dengan tarif yang sama. Seperti MyRepublic dengan harga paket internet cenderung berfluktuasi. Sedangkan Biznet naik tapi kecepatan internet juga dinaikan lebih tinggi.

Dengan grafik diatas, dapat diperkirakan berapa biaya berlangganan internet perbulan serta harga promo.
Bila kebutuhan bandwidth sekeluarga cukup besar, tidak ada salahnya mengambil paket fiber optik dengan bandwidth lebih tinggi. Khususnya pihak provider yang rajin memberikan promosi hemat. Tentu saja biaya paling ekonomis harus di pertimbangkan.

Yang membutuhkan internet murah cukup mengambil paket internet "paling ekonomis"
Selesai berbicara harga paket internet dari 11 provider.

Tetapi dimana layanan tersebut sudah hadir  setidaknya kita tahu kabel itu milik siapa ?

Dibawah ini beberapa paket layanan intenet dan jaringan fiber optik di Indonesia.
Dengan mudah dilihat dari perbandingan keseluruhan penawaran masing masing internet fiber optik.

Kira kira kita dapat mengetahui, ternyata provider A sudah ada di dekat rumah.

Dan melihat bentuk kotak box fiber optik di jalan, anda dapat mengetahui siapa provider yang ada di dekat rumah.

Dan dapat menemukan jaringan internet dengan melihat bentuk box dan siapa provider yang telah memasang fiber optik tersebut. Sisanya tinggal di telusuri, bisa ditanyakan ke tetangga yang sudah memasang.



Dimana jaringan internet fiber optik dan provider internet berada

Kita tentu bertanya, setidaknya dari 11 provider nasional, dimana saja jaringan dan provider internet sudah tersedia. Di kota mana saja jaringan sudah tersedia.

Disini yang dibicarakan adalah instalasi jaringan fiber optik, apakah sudah semakin dekat ke rumah kita. Atau jangan jangan sudah 3 tahun lalu tepat berada di depan pintu rumah kita.

Lalu apa bedanya jaringan fiber optik termasuk backbone jaringan fiber optik di Indonesia dengan provider internet

Koneksi internet terbagi dari koneksi Backbone, jaringan fiber optik dan provider internet.

 1  Backbone internet.
Adalah jaringan fiber optik termasuk data satelit yang menghubungkan koneksi antar kota, pulau di Indonesia yang ditangani oleh perusahaan jaringan data.
Perusahaan backbone membuat jaringan penghubung antar kota, provinsi dan pulau.
Perluasan jaringan backbone dapat membawa provider internet ke kota lain, istilahnya sebagai jalur koneksi.
Bagian ini tidak terlalu penting kita ketahui, karena backbone adalah jaringan nasional milik atau dibangin oleh perusahaan jaringan sesuai kebutuhan di Indonesia.
Backbone juga meliputi jaringan ke luar negeri, seperti serat optik yang menghubungkan antar negara dan benua.
Yang penting ketika perusahaan penyedia Backbone mencapai satu kota. Tidak lama akan hadir instalasi jaringan kabel fiber optik, disusul layanan provider internet.

 2  Jaringan Fiber optik
Adalah penyedia jaringan kabel serat optik di sebuah area kota. Memasang serat optik di jalan, komplek,  perumahan, gedung apartemen dan lainnya.
Bentuknya yang sering kita lihat kabel bertumpuk di tiang jalan besar dan kabel kecil tersebut masuk ke beberapa rumah atau sampai gang kecil.

Perusahaan jaringan fiber optik bertugas memasang instalasi kabel sangat panjang di sepanjang jalan, dan menempatkan beberapa box distribusi koneksi fiber ke pelanggan.
Kabel yang malang melintang tersebut milik perusahaan jaringan fiber optik, tapi belum tentu milik perusahaan provider internet.

Seluruh kabel fiber optik akan terhubung ke pusat perusahaan fiber optik, nantinya di distribusikan (terhubung) ke provider internet.
Semakin luas jaringan fiber optik, maka kesempatan provider internet memberikan koneksi internet ke pelanggan lebih mudah dicapai.



Memasang jaringan kabel fiber optik tidak semudah meminta layanan internet.
Perusahaan fiber optik merencanakan jangka panjang, wilayah, jalan untuk menarik kabel yang panjangnya berkilo-kilo meter untuk daerah perluasan.
Baik kabel fiber optik yang dipasang di jalan utama, pemasangan tiang, sampai siap agar dapat masuk ke jalan kecil sampai menjangkau gang kecil.

Seperti tahun 2017, dia perusahaan fiber optik mulai memperluas jangkauan di pinggiran kota "Jakarta".

Tahun 2018 - 2019, perusahaan provider internet menyusul dan menawarkan paket internet di sepanjang jaringan kabel fiber optik yang dipasang perusahaan jaringan fiber optik.

Jalur kabel fiber optik di gang di Jakarta

Seperti tiang dibawah ini, selain tiang listrik, tiang lain adalah milik perusahaan jaringan fiber optik, operator, internet provider.

Setiap tiang di jalan ada yang diberi warna tertentu yang menandakan pemilik perusahaan jaringan fiber optik.

Tiang tersebut kadang masih kosong, karena disiapkan untuk perencanaan ke depan dan nantinya dapat dipakai pemilik jaringan untuk instalasi kabel serat optik baru dan box koneksi untuk pelanggan.

Tiang fiber optik perusahaan jaringan fiber

Uniknya, walau di satu tiang sudah terdapat box yang terlihat nama provider internet atau milik perusahaan jaringan serat optik.
Bila kita menghubungi nama provider internet, dikatakan jaringan belum tersedia di area tersebut.

Artinya provider atau kabel serat optik sudah ada disana, hanya layanannya belum diaktifkan. Menunggu perluasan yang entah kapan mereka lakukan.
Jadi jangan terlalu berharap pada satu provider penyedia layanan. Mengingat infrastruktur baru digunakan ketika kebutuhan pelanggan mencukupi.
Provider dapat menyewa jalur kabel ke perusahan jaringan fiber optik, dan meminta mereka menghubungkan kabel ke pelanggan bila ada yang meminta koneksi internet ke provider.

 3  Layanan provider jaringan internet atau ISP
Yang dimaksud layanan internet, menyediakan akses internet bagi pelanggan dari perusahaan provider internet..

Provider adalah layanan yang memberikan akses internet baik jaringan internet nasional atau internasional
Seperti membuka situs berita lokal di internet, atau Youtube, website, Google, Facebook, Instagram dan lainnya.

ISP / internet provider berada di garis paling belakang jaringan fiber optik.
Tanpa jaringan fiber optik sampai di dekat / depan rumah kita, layanan internet provider mungkin tidak bisa menjangkau.

Umumnya perluasan jaringan fiber optik terkait dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di area tertentu yang belum terjangkau provider internet atau adanya kebutuhan tinggi bagi pelanggan baru. Atau jaringan yang sudah tidak dapat dipenuhi oleh provider lain dapat di isi perusahaan provider baru.

Perusahaan jaringan fiber optik dapat memperkirakan dimana area yang membutuhkan selama proses ekspansi jaringan.
Juga menerima permintaan dari provider karena adanya permintaan koneksi internet cukup tinggi di wilayah tertentu.
Atau perusahaan provider internet mengunakan fasilitas perusahaan fiber optik yang sudah ada dan mulai menawarkan akses internet ke rumah rumah.
Setelah jaringan fiber optik terpasang, akan disusul penawaran akses internet bagi pelanggan.

Bila di area anda belum mendapat layanan internet kabel fiber optik, ada baiknya rajin rajin mengajukan permohonan koneksi ke website provider yang anda inginkan. Siapa tahu ketika ekpansi jaringan fiber optik, dan provider internet dapat mendata alamat rumah anda. Dan menghubungi anda ketika jaringan sudah tersedia.

Antara layanan perusahaan penyedia 1. koneksi internet, 2. jaringan fiber optik dan 3.backbone.

Tidak ada batasan baik layanan 1, 2 dan 3.
Ketiganya bisa berbeda perusahaan, dalam satu perusahaan atau satu grup perusahaan.
Hanya jenis, fungsi installasi dan tugasnya berbeda.

Mungkin kita mengenal beberapa nama seperti Indihome, MNCPlay, Biznet Home, dan Firstmedia sebagai layanan provider internet yang sudah ada.

Dan lihat beberapa nama lain seperti Biznetwork, Moratelindo, BaliTower, Fiberstar, Exelcomindo dan lainnya sebagai pemilik jaringan fiber optik.

Coba lihat beberapa nama lain selain dari perusahaan provider dan pemilik jaringan fiber.

Indihome provider internet, jaringan fiber optik dan backbone ke seluruh Indonesia milik Telkom.

Oxygen provider internet, grup Moratelindo jaringan fiber optik dan backbone Indonesia. Memiliki ketiga layanan koneksi dan internet, nama ISP Oxygen terpisah dari divisi jaringan backbone dan layanan jaringan fiber optik.

Biznet Home provider internet. Biznetnetwork sebagai pengelola jaringan fiber optik, backbone nasional, termasuk fasilitas pusat data center.

XL Home provider internet, grup XL memiliki jaringan fiber optik serta back bone di Indonesia termasuk jaringan selular.

BaliFiber provider internet, memiliki jaringan BaliTower termasuk layanan datacenter, fiber optik, menara komunikasi dan backbone di pulau Jawa dan Bali di satu perusahaan.

CBN adalah provider internet, mengunakan jaringan fiber optik Fiberstar grup yang sama. CBN Net fokus ke layanan internet provider.

FirstMedia (Link Net) adalah provider internet, mengunakan jaringan fiber optik Fiber Media Indonesia dengan wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Dengan koneksi internet Link Net.

GIG IM2 provider internet. Indosat memiliki jaringan backbone dan selular Indosat Ooredoo dari Jawa Bali Nusa Tenggara, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan kabel bawah laut. Termasuk layanan IM3 untuk komunikasi selular

MNCplay provider internet, dibawah grup MNC, memiliki jaringan fiber optik dan backbone di pulau Jawa sendiri.

Stroomnet milik PLN, memiliki jaringan fiber optik dan backbone awalnya untuk fasilitas PLN sendiri di seluruh Indonesia. Memiliki perusahaan provider internet Icon+  termasuk pengoperasian data center, dan Stroomnet bersama MNCplay untuk penyedia akses internet.

MyRepublic provider internasional asal Singapura sudah ada di Indonesia, memiliki layanan internet provider di beberapa negara. Di Indonesia membangun jaringan fiber optik sendiri, serta mengunakan fasilitas perusahaan fiber optik, seperti Moratelindo, FIberstar dan lainnya.

Backbone menjadi urusan perusahaan komunikasi nasional. Menghubungkan kota dan pulau di Indonesia
Bagian penting bagi kita dimana jaringan fiber optik lebih dekat ke calon pelanggan internet.


Adanya jaringan fiber optik, menjadi penghubung rumah kita dengan provider internet.

Instalasi kabel Internet Fiber Optik

Bagaimana tahap pemasangan fiber optik untuk internet. Apa yang perlu dipersiapkan bila kita mengambil paket internet dari satu provider fiber optik.
Bila kita sudah dapat memastikan dimana layanan provider internet. Tinggal menghubungi provider yang kita inginkan.

Setelah pelanggan mendapatkan konfirmasi area sudah masuk ke salah satu provider dan pelanggan sudah mendaftar paket internet.

Perusahaan provider akan mengkonfirmasi pemeriksaan dan waktu instalasi. Rentang waktu paling cepat 2 hari setelah mendapatkan konfirmasi, kadang mencapai satu minggu lebih, bila menunggu waktu antrian instalasi.

Ingat menarik kabel dari jaringan fiber optik ke satu tempat / rumah membutuhkan waktu, bila area instalasi cukup banyak, teknisi membutuhkan waktu memasang 1 koneksi sampai 1-3 jam sampai selesai diperiksa dan siap digunakan.

Tahap pertama
Pemasangan atau instalasi kabel fiber optik ditangani perusahaan jaringan fiber optik (FO).
Batas kabel sekitar 150 meter (atau maksimum 200 meter) dari box FO milik perusahaan Fiber Optik sampai penyiapan konektor kabel modem FO di rumah pelanggan baru.

Teknisi akan menarik kabel fiber dari  box FO baru sampai menjangkau ke rumah pelanggan.
Dan membuat sambungan kabel khusus antara kabel FO luar ke kabel konektor fiber optik modem di rumah dengan alat Patch Core.

Rencanakan sebelum instalasi kabel fiber optik. Tempat modem yang di inginkan, rute kabel fiber optik agar tidak menganggu, perubahan setelah instalasi akan dikenakan biaya tambahan. Bila installasi harus merubah jalur sampai menganti kabel yang sudah terpasang.
Selesai tugas instalasi kabel fiber optik, tetapi internet belum terhubung.

Dan pelanggan menunggu modem untuk akses internet yang diberikan provider internet. Kecuali perusahaan fiber dan provider yang memiliki satu layanan, dapat melakukan instalasi bersamaan.

Tahap kedua
Tugas teknisi provider internet menyusul setelah instalasi kabel selesai.
Tahapan teknisi provider membawa modem WIFI Router jenis FO untuk akses internet ke rumah pelanggan.

Melakukan otorisasi modem fiber optik baru, memasang, setup, dan lainnya sampai modem FO. Informasi bantuan setting WIFI, pelanggan diminta melengkapi dokumen berlangganan, keterangan lain yang diperlukan, sampai internet sudah siap digunakan pelanggan.

Selesai instalasi modem dan pelanggan sudah dapat mengakses internet. Serah terima dari provider selesai.

Tahap ketiga
Di bagian akhir, provider internet memberikan tagihan bulanan kepada pelanggan.

Dibawah ini beberapa box FO dari perusahaan jaringan fiber optik yang dapat dilihat dari Google Street View. Beberapa box fiber optik untuk distribusi kabel internet yang ditemukan.

Bila anda melihat box dibawah ini, besar kemungkinan anda dapat mengambil paket internet dari salah satu provider.

Box fiber optik provider Indonesia

Kecepatan WIFI vs Internet Fiber Optik

Satu lagi yang perlu kita ketahui. Bila mengandalkan koneksi wireless dengan WIFI seperti smartphone.
Ada baiknya mengetahui berapa kecepatan yang dibutuhkan.

Bila anda mengambil paket internet kecepatan tinggi. Seperti mengunakan kecepatan 100Mbps, 150Mbps, 200Mbps bahkan 300Mbps atau sampai 1Gbps. Apakah kecepatan tersebut dapat tercapai.
Tergantung anda mengunakan perangkat apa.

Dengan 100Mbps, masih ideal dengan WIFI4 seperti WIFI 802.11n di smartphone model lama.
Walau teori kecepatan yang dapat dicapai dengan koneksi WIFI 4 mencapai 300Mbps. Tetapi WIFI mengunakan koneksi duplex atau dua arah. Kecepatan sebenarnya di kisaran 150Mbps, masih lebih tinggi dibanding koneksi intenet 100Mbps. Jadi kecepatan download mencapai maksimum.

Bila mengambil paket 150Mbps keatas, optimal semua pearngkat mengunakan WIFI4 dengan koneksi frekuensi 5Ghz, atau mengunakan WIFI5.
Dengan kecepatan perangkat tersebut, membutuhkan WIFI Router yang mendukung dual band di 5Ghz WIFI4 802.11n , atau WIFI5 802.11ac 5Ghz.
Smartphone model lama belum tentu mendukung WIFI 802.11ac, secara umum masih mengunakan standar WIFI 802.11n.
Tidak masalah, sistem smartphone dapat memindahkan frekuensi untuk kecepatan tinggi, bila menditeksi sinyal wireless untuk internet jika tersedia di frekuensi 5Ghz.
Bila koneksi WIFI4 pada frekuensi 2,4Ghz yang lebih lambat, tentu smartphone hanya menikmati batas di 150Mps

Bila koneksi telah melewati 250Mbps atau lebih tinggi. Agak sulit mengambarkan seberapa cepat internet fiber optik yang digunakan.
Untuk mencapai kecepatan tersebut, idealnya mengunakan computer dan terhubung ke sistem kabel LAN langsung ke computer yang mencapai peak 1Gbps
Dan kecepatan maksimum hanya dapat dicapai dengan WIFI6 terbaru. Jadi bersiap mengunakan smartphone dan WIFI router baru yang menyediakan WIFI6. Umumnya provider internet akan menyediakan modem fiber optik yang dilengkapi kecepatan tinggi untuk WIFI.

Kecepatan tranfer teori dan real-world 2.4GHz vs. 5Ghz

  Standard Frequency Band Teori Speed Real-World Speed
  802.11a 5Ghz 20Mhz 6-54 Mbps 3 - 32 Mbps
  802.11b 2.4Ghz 20Mhz 11 Mbps 2-3 Mbps
  802.11g 2.4Ghz 20Mhz 54 Mbps 10 -29 Mbps
WIFI4 802.11n 2.4Ghz 20/40Mhz 300 Mpbs 150 Mbps
WIFI4 802.11n 5Ghz 20/40Mhz 900 Mbps 450Mbps
WIFI5 802.11ac 5Ghz 20/40/80Mhz 433 Mbps
210 Mbps
WIFI6 802.11ax 2.4Ghz,5,Ghz, 6Ghz 20/40/80/160Mhz 1.2Gbps, 2,4Gbps dual , 10Gbps 1.32Gbps 1.5Gbps, drop 868Mbps (jarak 15m)




Catatan

Di beberapa wilayah di Jakarta. Beberapa jaringan jaringan fiber optik dan internet provider dapat hadir. Bahkan di satu jalan dengan permintaan tinggi dapat mencapai 3 provider atau mungkin lebih.

Bagi pelanggan baru fiber optik.
Bila di dekat rumah belum tersedia jaringan fiber optik, jangan lupa, rajin saja mencari layanan internet melalui website provider internet.
Provider akan mendata pelanggan, bila kebutuhan cukup besar dapat dipertimbangkan ekspansi jaringan FO di area anda.
Bila jaringan fiber optik telah siap, provider internet lebih mudah menghubungi pelanggan melalui data yang ada.

Bila kita ingin pindah provider, apa yang perlu diperhitungkan.
Rata rata jaringan fiber optik mengunakan 1 box berisi 8 / 16 / 24 / 32 koneksi atau lebih, seperti 8 port pada box ukuran kecil menyediakan koneksi untuk 8 rumah.

Contoh box provider dibawah ini, dari 8 slot terpasang penuh, pihak provider tidak dapat menyediakan koneksi internet karena port FO pada box yang sudah penuh.
Artinya pelanggan di dekat box fiber optik ini tidak dapat meminta langganan internet. Karena semua port sudah terpakai.
Bila anda cukup lama mempertimbangkan untuk mengambil layanan internet dari provider, mungkin dapat ditolak oleh provider.

Hal ini terjadi bila di satu tempat memiliki permintaan sangat tinggi untuk internet. Walau pihak jaringan fiber optik sudah merencanakan dan membuat tempat box FO dalam jarak sangat dekat seperti 150 meter. Bila provider internet hanya menyediakan box ukuran kecil, kadang 8 port tersebut sudah terpakai.

Port fiber optik penuh


Bila ada yang ingin berlangganan internet.
Jangan membandingkan seperti menganti SIM card, dimana hari yang sama anda sudah dapat mengunakan internet dari provider berbeda.
Provider internet dapat mengenakan biaya instalasi baru (kecuali masa promo atau jaringan baru dapat diberikan potongan bahkan gratis)
Siapa cepat dia dapat, mungkin itu kata paling tepat. Bila kebutuhan jaringan internet di sekitar rumah sangat tinggi.
Misal satu provider A yang menawarkan koneksi internet baru door to door, dan terbatas dengan 8 port. Dalam hitungan minggu, mungkin port tersebut habis.

Provider lama dapat mengenakan biaya pemutusan berlanganan.
Pastikan sudah mendapat layanan provider lain, sebelum menghentikan provider internet lama. Serta menghitung biaya pemutusan internet lama.
Termasuk menghitung total biaya untuk koneksi provider baru.

Sekarang tinggal kita yang menentukan. Apakah provider internet mahal atau murah, koneksi stabil, layanan support yang baik dapat menjadi pilihan.
Jangan lupa menghitung berapa total tagihan perbulan sebenarnya, ketahui kualitas layanan provider, serta peraturan yang perlu dibaca bagi pelanggan.

Berita terkait
Indosat Freedom Kuota Harian. Indosat Kuota App Maret 2020. Indosat Freedom internet 24 jam Okt 2019, dari 2GB, 3GB, 10GB 18GB 25GB tanpa kuota malam. Indosat seribu Serbu - 1000 - 500MB *123*1000#. Cara beli paket Yellow 1GB dan paket Yellow langsung di *123*111#. Paket Update obrol Izzy tersedia harian

Jaringan internet My Republic paket Value 30Mbps, mengunakan Fiber Optik. Paket internet cepat 50Mbps, 100Mbps, 200Mbps dan 300Mbps. Paket internet My Republic lebih murah untuk pengambilan paket selama 12 bulan. Paket internet My Republic gamer mendapat koneksi 1 banding 1



Promo internet XL Home Fiber Optik Super Booster untuk 7 hari atau 30 hari. Paket internet XL Home Fiberdan business broadband mengunakan jaringan fiber optik. Kecepatan paket XL Home Broadband tidak ada yang kecil. Paket terpisah mengunakan jaringan 4G, paket internet XL Home Family 100Mbps paling murah dan tertinggi unlimited.

Paket Booster April 2020. GIG Internet dari Indosat layanan fiber optik. Paket internet GIG dari 20Mbps, 30Mbps, 60Mbps sampai 100Mbps, khusus 1Gbps. Meliputi area  pulau Jawa.Pelanggan dapat menonaktifkan dan mengaktifkan setiap bulan, disebut fitur Freeze dan Unfreeze hanya dikenakan Rp.50.000 perbulan selama tidak terpakai.

Jaringan internet dengan Fiber Optik dari MNC Play turun harga. Menawarkan kecepatan 10Mbps down dan up stream atau setiap paket rasio 1:1 upstream - downstream. Paket internet MNC Play terbaru update bayar 9 bulan gratis 3 bulan, paket dipisah antara residen, soho dan corp

Smartfren 1ON+ , Smartfren Lite cuma 50 ribu unlimited. Tampil dalam satu halaman untuk memilih paket obrol dan internet. Memudahkan penguna smartphone memilih paket pra-bayar. Smartfren Unlimited tersedia 1 hari, dan 28 hari hanya dibatasi FUP perhari.

Biznet Home Internet fiber 75Mbps dan 150Mbps, booster Mei 2020 75 ke 100Mbps, 150 ke 200Mbps. Wilayah internet Biznet meliputi Jawa, Bali, Batam, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Harga paling masuk akal untuk internet di Indonesia bila mendapat potongan harga. Promo April pelanggan baru bayar 3 bulan gratis 1 bulan



Bali Fiber Promo 25Mbps dapat 50Mbps, 6 bulan. Harga 25Mbps Rp.229.000 perbulan. Paket Bali Fiber Basic mulai dari 10Mbps, 25Mbps, 50Mbps, 100Mbps. Paket Bali FIber internet termasuk TV Basic. Tambahan Bali Fiber Combo untuk layanan tambahan Kanal TV Premium Tranvision

CBN menyediakan jaringan internet fiber optik tersedia 10-100Mbps dengan CBN Internet Fiber. Atau paket bisnis sampai 1Gbps. Harga tetap speed naik. Koneksi 1 banding 1. Paket internet CBN DirectNet menyediakan jaringan wireless broadband sampai kecepatan 10MBps. CBN Promo

IndiHome adalah layanan internet fiber optik bundel kabel TV. Jaringan internet IndiHome Fiber Optik tersedia dari 10Mbps sampai 300Mbps (baru). Tarif paket internet Indihome Streamix dapat internet dan TV. Indihome Rumah Ceria dan Indihome Learning From Home (Maret 2020) dengan bonus paket lain.

Paket internet Oxygen Id, promo 2020 bayar paket setahun 100Mbps double bandwidth. Layanan internet Fiber Optik dan Cable TV WIFI Ready. Kecepatan 15Mbps sampai 100Mbps. Kecepatan internet 1 banding 2, mengambil paket 15Mbps mendapatkan upload 7,5Mbps dan kelipatannya. Paket Double Bandwidth untuk pelanggan yang mengambil 1 tahun, Diskon Super Double untuk pembayaran di muka 1 tahun.

Bila mengunakan layanan internet Telkom Speedy dan mengalami masalah tidak bisa membuka website tertentu. Tetapi website lain berjalan normal. Kemungkinan masalah di DNS dan bisa mengunakan DNS dari Telkom




No popular articles found.
< /body>