Bintang HD 74423 biner bila tinggal disana matahari akan terlihat lucu


Science | 13 March 2020

Bila ada mahluk hidup di tata surya  HD 74423, akan melihat pemandangan yang lucu.

Matahari akan terlihat seperti tetesan air.

Karena satu bintang yang besar sedang tertarik oleh bintang lebih kecil. Jadi melihat matahari yang bulat disini, disana akan terlihat sedikit lonjong.

Tata surya HD 74423 terletak 1.600 tahun cahaya. Astronom mengumumkan 9 Maret 2020 di Nature Astronomy.

Teori dari para ahli yang melihat keunikan bintang  HD 74423, besar kemungkinan disana ada bintang biner tapi sangat dekat.

Satu bintang besar dan bercahaya, satu lagi lebih kecil seperti membentuk denyut bintang.

Bintang HD 74423 biner

Bila kita melihat matahari setiap hari tidak ada yang berubah, bentuknya tetap bulat.

Tetapi bintang HD 74423 terlihat berdenyut, dan dikenal dengan Heartbeat Star, karena terganggu oleh satu bintang mengorbit elips.
Ketika kedua bintang saling mendekat keduanya saling memberi tekanan ekstra, setelah bintang yang lebih kecil menjauh bintang yang besar kembali normal.

Gaya tarik gravitasi antara 2 bintang tersebut juga memberi tarikan gravitasi diantara keduanyar. Karena keduanya saling mengorbit dalam waktu 38 jam sekali.


Keduanya juga bertahan pada posisinya, sehingga menampilkan denyut cahaya terlihat.

Hanya saja, ketika keduanya begitu dekat. Gas dari bintang lebih besar seakan keluar membentuk tetesan air.

Ahli astrofisika Donald Kurtz dari University of Central Lancashire di Inggris pertama kali memprediksikan bahwa orbit seperti itu mungkin terjadi beberapa dekade lalu, tetapi sampai sekarang belum ada astronom yang menemukannya. "Saya sudah mencari bintang seperti ini selama hampir 40 tahun dan sekarang kami akhirnya menemukan satu," kata Kurtz dalam siaran pers.

Astronom mengatakan keunikan bintang HD 7442 hanya satu yang terlihat bergetar, sedangkan satu bintang tidak.
Penemuan bintang HD 7742 mengunakan teleskop Tess. Menjadi satu tipe bintang baru



Bintang HD 74423 memiliki massa 1,7 dari matahari kita, jadi bintang yang cukup besar.
Dr. Simon Murphy, seorang astronom di Institut Astronomi Sydney di Universitas Sydney mengatakan bintang seperti ini biasanya kaya akan logam.

Yang dimaksud kaya logam, bintang juga memiliki material padat dari bintang pada umumnya selain unsur gas yang terbakar.
Peneliti mencoba mencari jenis bintang tersebut, karena dalam teori bisa saja sebuah tata surya memiliki bintang kembar yang sangat dekat.

"Wow," tulis Gerald Handler, seorang astronom di Pusat Astronomi Nicolaus Copernicus di Polandia dalam sebuah surel kepada seorang kolega ketika pertama kali melihat data yang berisi kerlip bintang yang menonjol. "Aku belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya."

Berita terkait
Ini pertama kali tim astronom dapat melihat langsung sebuah bintang dengan planet yang mengorbit. Bintang TYC 8998-760-1 terlihat memiliki 2 planet yang diamati dari teleskop VLT Very Large Telescope Array. Bintang TYC 8998-760-1 terletak sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi, akhirnya dapat diintip oleh teleskop VLT.

Teleskop Karl G. Jansky, Very Large Array (VLA) dan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) mempelajari ratusan bintang muda yang baru lahir dan terlihat dikelilingi cincin debu dan gas. Di tengah gambar yang di pelajari sebenarnya cikal bakal dari ratusan tata suya baru. Bintang baru saja lahir atau bayi bintang, dan terlihat di masa mendatang akan muncul planet



Bintang V Sagittae berada 1.100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut sebenarnya biner atau ada 2 bintang. Peneliti mengatakan ada 2 bintang biner disana, satu bintang aktif tapi yang satu adalah bintang kerdil yang menganggu bintang lebih besar. Dalam pengamatan sekarang dari Bumi, keduanya memasuki masa kritis. Dan akan bertabrakan membuat cahaya terang di langit.

Bintang NGC 2169 adalah kelompok bintang yang tidak terlalu banyak, dan berkelompok bersama. Lahir pada waktu yang sama tapi ukurannya berbeda-beda. Bintang bintang disana hanya membentang 7 tahun cahaya. Letaknya tinggal di cari 3 bintang The Three Sisters, dekat nebula Orion, dan satu bintang paling terang Betelgeuse

Di tahun 1987 astronom mendapatkan cahaya di sebuah galaksi kerdil. Yang dinamai nebula 1987A berbentuk cincin, menjadi jejak bintang meledak dan mati. Tetapi ada pertanyaan, dimana sisa bintang tersebut, mengapa tidak terlihat. 30 tahun berlalu peneliti dapat menganalisa, mungkin bintang neutron tidak dapat diamati karena tertutup debu yang tebal. Dan sekarang lokasinya dapat diperkirakan.

Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.

Inlah penyebab mengapa bintang sedang menjadi ukuran raksasa. Ketika gugus bintang dapat mencapai jumlah 1 juta bintang. Sebagian besar bintang lahir dalam periode yang sama. Uniknya bintang di  Large Megallanic Cluster muncul bintang besar dan usianya muda. Mengapa bintang tersebut ada disana. Peneliti memberi 2 pendapat.



Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana

M3 adalah gugus bola paling terang yang dapat diamati oleh teleskop. Ada sebagian bintang berwarna biru terang. Artinya usia bintang tersebut lebih mudah dan lebih aktif dibanding bintang lain di sebelahnya. Tidak sampai disana, bintang bintang tersebut layaknya bintang vampire. Dan mencuri gas hidrogen dari bintang yang lebih tua.

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.




No popular articles found.
< /body>