Perbedaan Ethernet kabel UTP STP Ethernet RJ-45 Cat 5 Cat5e Cat 6 Cat7 Cat8 2.5GbE


Technology | 5 March 2020

Ketika memikirkan jaringan internet di rumah, yang kita bayangkan adalah Wi-Fi

Dengan sinyal WIFI dapat terjangkau ke seluruh ruangan, walau di sebagian tempat mungkin saja terlalu jauh dijangkau sinyal WIFI akibat terhalang tembok dan lantai rumah.

Tapi dalam beberapa kasus, kita bisa kembali ke teknologi lama.

Antara jaringan Ethernet atau yang lebih modern PowerLine (mengunakan kabel listrik)

PowerLine adalah jaringan dengan adaptor, memanfaatkan kabel listrik dirumah menjadi jalur data.
Seperti jaringan Ethernet dengan kabel atau WIFI dengan frekuensi radio.

PowerLine dapat melewati sebagian besar ruangan tanpa instalasi kabel baru. Karena mengunakan kabel listrik dirumah atau gedung di lantai yang sama sebagai media tranmisis data

Jaringan LAN PowerLine mungkin menjadi kendala, karena kecepatan tidak lebih cepat dibanding Ethernet, harga adaptor lebih mahal seperti menambah perangkat AP Access Point.

Ethernet tetap diandalkan, walau masih mengunakan sistem kabel. Perkembangannya juga dibagi dalam beberapa kategori keceaptan.
Kekuatan sinyal tranfer data dari kabel langsung ke perangkat stabil, dan lebih cepat, khususnya untuk mentranfer file dan di gunakan di jaringan gedung atau kantor.
Karena mengunakan kabel sendiri yaitu kabel LAN UTP.

Lebih baik mengunakan WIFI atau LAN.


Sinyal WIFI memiliki keterbatasan, antara jarak jangkauan, dan kecepatan tranfer.
Perangkat WIFI kadang tidak stabil, bila menghubungkan ke 2 perangkat seperti Access Point -> Range Extender.  Kecepatan standar 300Mbps misalnya, pada prakteknya sekitar 150Mbps, karena sinyal  mengarah untuk komunikasi 2 arah.

Kabel Ethernet / LAN memiliki keunggulan tersendiri. Koneksi stabil karena mengunakan kabel fisik. Kecepatan juga stabil sesuai spesifikasi kategori perangkat dan jenis kabel.
Bila kabel LAN kecepatan tinggi sudah terpasang, maka semua perangkat akan mendapat kecepatan yang sama. Misal koneksi 100MBps, maka di setiap perangkat dapat dipacu sampai 100Mbps dengan stabil

Masalahnya biaya, membutuhkan kabel dan konektor RJ-45 khusus, instalasi ke sana kemari, dari titik sana ke situ. Membuat jaringan LAN Ethernet tidak praktis.
Walau harga kabel ethernet saat ini tidak terlalu mahal juga, kendalanya kabel harus dipasang sendiri.

Mengapa kita perlu kabel ethernet
Kecepatan internet di rumah, mungkin ada yang mengunakan 100mbps atau 200mbps bahkan 1Gbps. Disini diperlukan tranfer kecepatan tinggi untuk mengoptimalkan koneksi computer, smartphone ke internet.

Walau saat ini jarang sebuah rumah mengunakan kabel ethernet.
Kecepatan kabel ethernet paling rendah 10mbps, dan rata rata perangkat sekarang sudah mendukung 100Mbps, model high end 1Gbit/s bahkan lebih tinggi 10Gbps. Jarak jangkauan dari total panjang kabel mencapai 100 meter (teori) dari kedua ujung kabel dan koneksi dapat diandalkan

Jauh melebihi jarak sinyal WIFI, dan kabel dapat dipasang melewati tembok, plafon, atau selama kabel dapat terhubung ke WIFI, Roiuter, Hub Switch dari satu sisi ke sisi lain.

Ethernet membutuhkan satu kabel berisikan 8 kabel yang dibungkus menjadi satu. Dan ujung setiap kabel dipasang jack konektor khusus untuk LAN mengunakan tipe RJ-45.


Kabel ethernet RJ-45 twist cable

Lagi lagi untuk instalasi kabel Ethernet membutuhkan tool khusus. Harga tool penjepit konektor ke kabel juga tidak terlalu mahal.

Alat Crimping Tool Ethernet RJ-45

Standar kabel Ethernet dan konektor RJ-45

Apa yang perlu diketahui dengan kabel Ethernet. Perkembanganya sudah lama. Mengantikan kabel Coex analog di era LAN dan tampil sekitar 1990an.
Kabel ethernet mengikuti kebutuhan. Perangkat dengan kecepatan tranfer tinggi seperti HUB, WIFI Router dengan LAN atau WAN port. Bisa saja menyediakan kecepatan tinggi.
Disini harus diimbangi dengan koneksi kabel ethernet yang memadai, atau satu tingkat lebih baik.



Dibawah ini kelas kabel ethernet yang dibagi dengan Kategori / Cat sesuai kemampuan tranfer dari media kabel.

Ethernet Cat3 Kategori 3 hadir di awal 1990-an dan kabel , yang sering disebut kabel jaringan modern pertama, meningkatkan frekuensi kabel menjadi 16MHz dan kinerja Ethernet mencapai kecepatan tranfer 10Mbps.

Ethernet Cat4 Kategori 4 mendorong kecepatan frekuensi sinyal ke 20Mhz, dan mencapai kecepatan tranfer 16Mbps. Tetapi kabel Cat4 tampil untuk Token Ring , dan bukan jaringan Ethernet saat ini.

Sekarang banyak kabel ethernet minimal mengunakan standar Cat5, standar paling rendah , harga paling murah. Dapat digunakan untuk sistem jaringan internet, LAN, WAN dalam mengirim data.

Ethernet Cat5 / Kategori 5

Di 1995 membawa sistem Microsoft Windows 95 dengan teknologi koneksi LAN Ethernet
Dengan Cat5, kecepatan tranfer bertahan sebagai standar di abad ke 21, cukup memadai.

Karena LAN Cat5 memiliki harga paling murah, serta cukup cepat dengan kecepatan tranfer sampai 100Mbps di frekuensi 100Mhz. Dan disain kabel teorinya dapat mencapai jarak panjang kabel 100 meter yang menghubungkan ke sisi lain di setiap perangkat.

Bahkan untuk penguna yang tidak mementingkan kecepatan, dengan 4 kabel seperti kabel telepon dapat dijadikan kabel ethernet sementara dengan jarak pendek..
Karena kabel ethernet sebenarnya membutuhkan 4 kabel utama, 2 kabel untuk receive dan 2 kabel transmit saja.

Kabel Ethernet Cat5, harga paling ekonomis kisaran 2000 permeter. Walau yang berkualitas pasti lebih mahal seperti kabel LAN merek Belden, kabel tipe STP dengan proteksi.

Kabel Ethernet Cat5e Kategori 5e

Perbaikan Ethernet Cat5 adalah Cat5e.
Pembaruan sistem kabel ethernet Cat5, dengan Cat5e teorinya kecepatan tranfer dapat mencapai 1Gbps

Sampai kabel Cat5 dan Cat5e sudah cukup untuk sistem jaringan LAN di rumah atau kantor kecil.
Cocok untuk rumah yang memiliki koneksi internet sampai 100Mbps dan ingin kecepatan internet stabil mencapai di seluruh perangkat.

Tapi perkembangan kabel Ethernet masih berlanjut.

Ethernet Cat6 Kategori 6

Setidaknya lebih baru dan tampil di abad ke 21 atau sekitar tahun 2000an.

Bekerja dengan 250Mhz, kadang kabel di kemas dengan pelindung kabel agar terhindar gangguan (interferensi).
Kabel ethernet Cat6 akan stabil untuk mengirim file dengan kecepatan minimum dan maksimum 1 - 10Gbps sampai jarak 100 meter.
Bila kabel dipasang sampai 50 meter, kecepatan lebih stabil sampai di 10Gbps.

Harga kabel Ethernet Cat6 sedikit lebih mahal dibanding Cat5 atau Cat5e, walau hanya berbeda kisaran 20-30% saja.
Atau beberapa model cable Cat6 high end juga diberikan pelindung shield pada kabel.

Kabel Ethernet Cat6 dirancang untuk kebutuhan khusus. Karena standar kecepatan kabel Ethernet Cat6 lebih cepat dengan ukuran kabel LAN lebih tebal.

Ethernet Cat6a Cat6e Kategori 6a / 6e

Menyusul  kabel yang lebih cepat mampu mentramisikan sampai maksimum 250 Cat6e dan 500Mhz Cat6a untuk mengirim file / data sampai 1Gbps dan 10Gbps sepanjang 100 meter kabel.
Kecepatan maksium Cat6 dengan kabel tanpa pelindung (tipe kabel UTP) disarankan tidak melewati 55 meter untuk mencapai kecepatan maksimum.
Sedangkan kabel Cat6e dengan pelindung tipe (tipe kabel STP) tidak melewati 100 meter.

Kecepatan kabel Cat6e dan Cat6a dapat mencapai 10Gbps untuk panjang kabel 50 meter
Kabel Cat6a lebih umum dan menjadi standar.


Kabel Cat6e sebenarnya tidak standar, dan tidak ada pembanding antara Cat6 dan Cat6a.
Perbedaan kabel Cat6 vs Cat6a.
Cat6 adalah disain asli
Cat6a disebut versi advanced.

Kabel Cat6e hanya menambahkan huruf e atau Enhanced.
Menunjukan disain kecepatan tranfer lebih tinggi dan lebih stabil dari standar Cat6a.
Teorinya dapat mentramisikan data dari 250Mhz sampai 500Mhz bahkan 550Mhz.

Ethernet Cat7

Tampil tahun 2010, walau bukan tipe resmi. Lebih umum digunakan untuk jaringan data center atau server dengan kecepatan tinggi.
Setiap kabel Cat7 memiliki pelindung ganda. Setiap pasang kabel diberikan pelindung, dan 8 kabel dimasukan dalam satu pelindung lain.
Yang ini tidak umum digunakan, kecuali anda membutuhkan kecepatan tranfer sangat cepat antar perangkat.

Isolasi kabel diperlukan karena kabel dapat bekerja pada frekuensi 600Mhz. Agar stabil sampai jarak 100 meter dengan kecepatan 10Gbps.
Pemasangan secara umum lebih sulit, kabel lebih kaku dan teba; membutuhkan jack RJ-45 juga khusus.

Seperti gambar dibawah ini, setiap pasang kabel diberikan pelindung, dan dibungkus kembali dengan pelindung seluruh kabel. Fungsi pelindung agar tidak terjadi gangguan dari frekuensi di sekitar kabel. Misal kabel listrik dan kabel ethernet Cat7, ketika dipasang cukup dekat. Atau sinyal frekuensi dari luar yang dapat menganggu lintasan tranmisi data pada kabel

Cable Cat7 double shield protection

Ethernet Cat7A

Mengunakan frekuensi 1Ghz (1000Mhz) dan tranfer 40Gbps. Tetapi kecepatan tertinggi hanya sampai jarak 50 meter.
Kecepatan 100Gbit dapat tercapai maksimum panjang kabel 15 meter
Kecepatan 40Gbps dapat tercapai bila jarak tidak melewati 50 meter dari panjang kabel.
Standar Cat7 bukan standar umum.

Ethernet Cat8

Spesifikasi ethernet Cat8, Category 8 juga lebih banyak untuk Data center atau server. Kabel dapat dilalui frekuensi 1Ghz atau 2Ghz, dengan kecepatan tranfer 40Gbps.
Kebel Ethernet Cat8 membutuhkan pelindung metal pada bagian konektor. Dan maksimum koneksi stabil sampai jarak 30 meter.

Kabel Ethernet Cat8 terbagi antara Cat8.1 dan Cat 8.2.

Ethernet Cat 8.1 setidaknya membutuhkan kabel tipe UFTP atau FUTP. Kompatibel bila digunakan untuk perangkat Cat6a seperti konektor tipe 8P8C

Ethernet Cat8.2 membutuhkan kabel shield / pelindung tipe FFTP dan SFTP.
Umum digunakan pada jaringan data center dan menjadi penghubung antara server yang jaraknya cukup dekat. Tetapi dimaksudkan untuk sistem kabel kantor (mungkin tidak efisien dan biaya yang terlalu mahal)

Dibawah ini bentuk konektor RJ-45 untuk kabel ethernet.
Standar Cat 5 sampai Cat8 yang termasuk pelindung metal pada kepala konektor RJ-45

Tipe connector RJ-45 Cat 5 Cat 6 Cat7 Cat 8

Dibawah ini tipe kabel ethernet, dan spesifikasi kecepatan, pelindung kabel

Tipe kategori kabel ethernet Pelindung kabel STP
Maksimum frekuensi Teori kecepatan tranfer maksimum
Cat 1 No 10kHz 1Mbps(analog)
Cat 2 No 4Mhz 4Mbps
Cat 3 No 16Mhz 10-16Mbps
Cat 4 No 16Mhz 10-20Mbps
Cat 5 No 100MHz 100Mbps
Cat 5e No 100MHz 1Gbps
Cat 6 Kadang 250Mhz 1 / 10 Gbps(100m / 50m
Cat 6a Kadang 500MHz 10Gbps
Cat 7 Terpasang 600Mhz 10Gbps - 100 meter
Cat7a Terpasang
1000Mhz 10Gbps
Cat 8 Terpasang 2GHz 25 / 40Gbps - 30 meter

Ethernet Gigabit 106.25G

Tahun 2020 tambil kecepatan ethernet 800Gbit menyusul menjadi standar baru..
Pengembangan untuk Cloud Computing, streaming dari data server dan NAS akan menjadi lambat dengan ethernet yang ada saat ini.
Ethernet 2,5Gbit adalah teknolopgi baru.  Menjadi langkah awal kecepatan ethernet 2,5GbE, dilanjutkan ke 5Gbe dan 10GbE.
Teknologi 2,5GbE dipastikan lebih mahal, serta dibutuhkan perangkat baru.

Ethernet 400Gbit

Akan diumumkan tahun ini, tapi untuk skala hiper, termasuk jaringan telekom atau data center bear. Kecepatan juga dapat ditingkatkan ke 800GbE untuk kedepan.

Kompatibel kabel Ethernet

Walau nama disebutkan kabel Ethernet Cat5, Cat6, Cat7, Cat8. Sistem kabel berbeda beda dapat bekerja pada perangkat yang sama.
Hanya kecepatan tranfer maksimum akan berbeda.
Kabel Cat lebih tinggi, akan bekerja dengan baik bila mengunakan perangkat untuk Cat lebih rendah. Misal kabel 10Gbps di pasangkan ke 100Mbps, tentu saja semakin baik.

Nama STP dan UTP

Itu hanya singkatan saja, tapi jenisnya tetap kabel ethernet

STP disebut Shield Twisted Pair, dimana setiap pasang kabel diberikan pelindung.
Pemasangan juga lebih lebih sulit dibanding kabel UTP, harga lebih mahal, tapi menjanjikan kestabilan tranfer.

UTP disebut Unshielded Twisted Pair atau kabel di plintir dibagian dalam di setiap pasang tapi tidak memiliki pelindung.
Kadang mudah terganggu, khususnya ketika kita salah memasang kabel dan dapat terganggu dengan perangkat lain (misal kabel listrik), tapi harga lebih murah, dan tidak memerlukan perawatan. Kabel lebih lentur, dan mudah di install.

Kabel UTP dan STP dapat dirancang dan tersedia untuk kebutuhan.
Produsen menyediakan kabel pelindung tipe STP baik di bagian luar saja
Serta kabel yang dilindungi di setiap pasang kabel pada bagian dalam, serta dilengkapi pelindung ganda pada bagian pembungkus kabel bagian luar.
Yang lebih baik tentu kabel tipe STP, tapi harganya lebih mahal, kadang menutup ke konektor RJ-45 dibutuhkan keahlian khusus.

2 jenis kabel disebut SFTP dengan pelindung tambahan, dan FTP dengan guard seperti SFTP, atau penahan kabel untuk outdoor dimana di bagian dalam kabel terdapat pembungkus tambahan.


Different UTP vs STP

Jenis kabel ethernet Round vs Flat

Dahulu kabel ethernet dibuat bulat, sekarang ada dibuat pilih.

Kabel ethernet Round dan Flat tentu ada perbedaannya.



Different Ethernet Flat vs Round Cable

Kabel ethernet Round / bulat
Kabel ethernet Flat / datar
Karena bulat kekuatan fisik tidak sama Kabel flat pada kekuatan fisik di dalam kabel tetap sama dan sejajar
Lebih berat Lebih ringan
Lebih tahan lama, tapi pemasangan tidak fleksibel, harus di hindari dari tekukan
Instalasi di dalam rumah, dapat di tekuk dan fleksibel
Relatif lebih baik
Membutuhkan perawatan
Harga lebih mahal Harga lebih murah
Isolasi lebih baik karena banyak ruang untuk disain kabel. Khususnya kabel ethernet outdoor. Dan penahan bentangan kabel.
Relatif hanya shield (pelindung - tipe STP) atau tidak memiliki pelindung kabel penahan kabel. masalah ketika kabel dipakai terlalu panjang dan rentan interfensi elektromagnetik. Umum untuk indoor
Dapat dipindah, resiko kerusakan kabel lebih rendah Dirancang untuk pemasangan permanen
Daya tahan tranfer lebih tinggi karena memilik pelindung atau shield.
Lebih rendah dibanding kabel bulat.
Dibuat custom panjang sampai 100 meter Rata rata kabel flat <30 meter. Semakin panjang kecepatan tranfer dapat drop dibawah kemampuan.
Standar resmi Tidak standar

Banyak produsen menawarkan kabel Cat6 Cat7 Cat8 dengan harga lebih murah. Tetapi jangan melihat harga bila kebutuhan kabel LAN berbeda, karena kualitas kabel dapat berbeda walau disebut dengan standar tinggi.

Disebut dengan Cat6 Cat7 Cat8, hanya kecepatan tranfer. Intinya ketika anda naik ke tipe Cat6, apakah anda membutuhkan perlindungan kabel, agar kabel dapat dilalui untuk kecepatan tinggi dengan stabil.

Apakah anda mengunakan kabel LAN untuk indoor / di dalam ruangan atau outdoor, adanya lintasan kabel yang terganggu gelombang elektromagnetik, kabel terkena panas atau cahaya matahari, kebutuhan kabel yang cukup panjang, sampai bentangan kabel yang mengantung. Dapat mempengaruhi kemampuan kabel.

Bila anda mementingkan kecepatan dan kestabilan tranfer data. Beberapa faktor gangguan tersebut harus dipertimbangkan.

Tipe kabel Ethernet yang tepat

Tipe kabel apa yang tepat, tergantung kebutuhan kita dengan perangkat yang digunakan.

Untuk rumah, atau kantor kecil, tidak banyak gangguan, tidak membutuhkan kecepatan. Kabel Ethernet Cat5 sudah cukup baik.
Memberikan kecepatan tranfer 100Mbps atau setara 10MB/s ke satu perangkat seperti computer ke hub / switch router.

Kabel ethernet yang mahal mungkin berkualitas, tapi belum tentu berguna bagi beberapa perangkat yang hanya mencapai kecepatan tranfer 100Mbps saja.
Dengan informasi ini kita dapat mempertimbangkan tipe kabel apa yang dibutuhkan.

Kebutuhan kecepatan pada kabel Ethernet.
Instalasi dan gangguan di sekitar lintasan kabel, tapi banyak perangkat yang diperkirakan dapat menimbulkan interferensi (gangguan frekuensi) di sekitar lintasan kabel. Mungkin memerlukan kabel Cat6 atau tipe kabel STP dengan shield pelindung, walau kecepatan yang dibutuhkan hanya di tipe kabel Cat5.

Panjang kabel, bila masih dibawah 40 meter, rata rata kabel dapat mencapai kecepatan teoritis. Bila melewati batas separuh dari standar kabel (100meter) ada baiknya mengunakan satu tingkat lebih tinggi.

Jumlah data yang harus dilintasi pada kabel. Misal berapa banyak penguna, koneksi antar perangkat, dan kebutuhan tranfer data.

Tipe perangkat yang memerlukan kecepatan tranfer tinggi (Gbps) disarankan mengunakan Cat5e atau Cat6 dibanding mengunakan Cat5.

Kebutuhan kecepatan tranfer lebih tinggi dengan kabel LAN ethernet.


Misal kecepatan internet yang dipakai sudah mencapai 150Mbps bahkan 1Gbit, pengunaan pengambilan data ke satu computer untuk data multimedia dengan file sangat besar.

Disini dapat dipertimbangkan dengan kemampuan kabel Etthernet kecepatan kabel lebih baik. Setidaknya di kelas Cat5e atau lebih tinggi.
Dan penunjang perangkat network baik HUB LAN, router, WIFI dan modem fiber optik memiliki port untuk kecepatan 1Gbps atau lebih tinggi.

Contoh kebutuhan untuk mengambil data dari satu server, NAS di ruang berbeda.
Sedangkan perangkat penghubung mengunakan tipe HUB Switch atau HUB Router sudah mendukung Gigabit LAN
Atau mengunakan internet dengan kecepatan 200Mbps.
Kecepatan optimal mengunakan tipe kabel Ethernet yang tepat, minimal tipe kabel LAN ethernet Cat5e atau lebih tinggi.

Bila di rumah masih mengunakan internet kecepatan 10 Mbps , 20Mbps. Kabel Cat5 sudah cukup memadai.

Boleh mempertimbangkan mengunakan kabel berkualitas dengan kategori 5e atau lebih tinggi seperti tipe kabel Cat6.

Cat7 atau lebih tinggi sepertinya bukan untuk pemakaian rumah, kecuali jaringan besar di kantor yang membutuhkan data server, backbone agar kecepatan tranfer pada jaringan LAN, Router tidak terjadi kemacetan alias terlalu lambat karena terlalu banyak yang mengunakan di sistem jaringan LAN.

Bila koneksi internet yang digunakan melewati 100Mbps atau mencapai kecepatan 1Gbps. Tidak ada pilihan lain, untuk kestabilan data setidaknya membutuhkan perangkat pendukung 1Gbps dan kabel LAN Cat6 minimal, dan menjamin untuk panjang kabel sampai 100 meter dengan Cat6a atau Cat7. Tentu disini tidak lagi berbicara kecepatan tranfer WIFI, melainkan dengan computer ke jaringan internet atau jalur kecepatan tinggi seperti jaringan network utama (backbone di rumah).

Tidak hanya kabel untuk kecepatan tinggi, pastikan semua perangkat mendukung kecepatan yang dibutuhkan

Bila telah menentukan panjang kabel yang dibutuhkan. Kadang produsen panjang 20 meter, tapi tidak mencapai 20 meter. Disarankan membeli kabel lebih panjang dari ukuran yang dibutuhkan.
Hati hati bila membeli kabel Ethernet terlalu murah, sementara anda membutuhkan kabel pelindung dan kecepatan tranfer. Karena kualitas kabel tidak sesuai seperti yang anda butuhkan.

Berita terkait
Honor Router 3 memiliki kecepatan WIFI6 terbaru. Dual band 2,4Ghz dan 5Ghz sampai 2,4Gbps, setting mode Wall Penetration, Standar atau Sleep. Huawei menempatkan procesor Lingxiao untuk kontrol WIFI Router tipe dual core

Devolo Magic 2 WiFi dan Devolo Magic 2 LAN DINrail Powerline sistem jaringan internet atau network di rumah melalui kabel listrik. Tidak memerlukan kabel LAN, digantikan dengan kabel yang ada dari kabel listrik di rumah. Kecepatan tranfer 2.400Mbit, dapat dipasang di tempat yang kesulitan mendapat sinyal WIFI.



Tahun 2020 akhir produksi panel LCD Samsung. Karena suplai lebih besar dari permintaan, Samsung fokus ke panel Quantom Dot atau QLED, sedangkan produk satu pabrik LCD di Korea telah di rubah untuk jalur Quantum Dot. Akhir tahun 2020, Samsung tidak memproduksi LCD biasa. Artinya monitor Samsung akan lebih mahal.

Qualcomm Snapdragon X60 mendukung mmWave 6Ghz, download di smartphone 7,5Gbps. Qualcomm SD X55 chip 5G dengan 7Gps untuk download dan 3 Gigabit untuk upload. Snapdragon X52 terintegrasi di chip procesor. Chip Tiger T7520 dari Chian generasi ke 2 untuk 5G bagi smartphone murah. Sementara jaringan 5G membuat smartphone lebih boros baterai.

LPDDR5 untuk RAM smartphone tampil tahun 2020, mengapa dibutuhkan RAM model baru. Double speed, serta storage UFS 3.1. Saat ini Samsung memproduksi. UFS 3 lanjutan dari UFS 2 untuk storage smartphone. Dikembangkan lebih universal kecepatan tranfer dari 1,2GB/s UFS 2.0 menjadi 1,45GB/s di USF 3.0. Februari 2019, Toshiba telah menyiapkan memory NAND UFS 3.0

WIFI 6e diumumkan mengunakan 6Ghz. Penganti WIFI 802.11ac adalah WIFI 802.11ax, seberapa cepat WIFI ax. Menawarkan kecepatan 4x dari generasi sebelumnya. Grup aliansi WIFI membuka program sertifikasi WIFI 6, setidaknya sudah masuk beberapa chip untuk koneksi WIFI yang disertifikasi

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.



Teknologi PCIe 5.0 selesah di ratifikasi, PCIe 6 atau Gen 6 menyusul. Seperti kebutuhan storage dan trafik ethernet, dimana computer masa depan membutuhkan kecepatan tranfer data sangat tinggi. PCIe 4.0 dapat bekerja dengan board AMD Socket Am4, dan storage M.2  tetap kompatibel dengan sinyal PCIe 3.0

Kita sering memilhat model camera smartphone, DSLR, camera Dashcam sampai Actioncam. Terdapat tipe Sony Exmor atau IMX. Exmor trademark sensor teknologi Sony. Disini dapat dilihat perubahan teknologi sensor camera dari spesifikasi camera smartphone. Dari tingkat resolusi sensor, ukuran dan aplikasi. Tidak hanya Sony, beberapa produsen lain juga membuat sensor camera.

Bluetooth 5, memiliki kecepatan tranfer 2x lebih cepat dan jarak maksimum ke perangkat sampai ratusan meter. Perangkat dapat terhubung ke sistem Bluetooth sampai beberapa sensor, serta produk lain yang belum memanfaatkan Bluetooth seperti Drone, Smart meter dan lainnya>

Teknologi 3G dan 4G LTE, apakah teknologi 2G sudah di tinggalkan. Kemampuan terbatas untuk bicara serta mengirim pesan singkat dan internet lambat. Beberapa orang masih mengunakan bahkan tetap menyukai teknologi 2G dengan berbagai alasan. Apa saja alasannya




No popular articles found.
< /body>