Mobil truk Mercedes-Benz Unimog U 5023 jalan di ketinggian 6100 mete


Stuff | 26 January 2020


Bagi mereka yang suka melakukan ekplorasi di daerah terpencil, sampai mencari tempat untuk santai di satu tempat dengan melihat pemandangan alam.

Letaknya ada di satu ketinggian, dimana tidak banyak orang datang kesana.

Untuk mencapai tempat tersebut, ada yang berani berjalan, mendaki. Sebagian memilih mengunakan kendaraan off-road.

Tetapi semua mengikuti aturan, setidaknya harus pandai mengemudi motor atau mobil yang membawa dirinya ke satu tempat.

Kedua, kemampuan kendaraan yang mampu menembus segala medan menjadi hal paling penting.

Bagaimana bila ada yang ingin membawa kendaraan sampai ketinggian 6000 meter. Apakah kendaraan offroad mampu ?.

Performa mesin akan menurun ketika kendaraan dibawa lebih tinggi. Mesin menjadi tidak efisien dengan pasokan udara lebih tipis.
Mesin perlahan kehilangan tenaga setiap naik sampai 300 meter.

Ketika di ketinggian 6000 meter, kekuatan mesin drop sampai 20% dari tenaga kuda spesifikasi mesin.
Ketika diketinggian juga berdampak dengan bahan bakar.

Satu tim peneliti membuktikan mereka mampu pergi sampai 6000 meter dengan kendaraan.



Mengunakan 2 Mercedes Unimog U5023, 10 orang bekerja sama mencapai ketinggian tersebut.

Kendaraan Mercedes Unimog U5023 bukan kendaraan umum tapi sebuah truk. Lebih banyak digunakan untuk aktivitas ekplorasi dari rancangan kendaraan militer, penelitian. Sampai banyak yang tertarik dan memiliki untuk rekreasi karena kendaraan yang handal.

Rancangan Unimog UNIversal-MOtor-Gerä diartikan seperti mesin atau perangkat. Pertama kali dibuat tahun 1946, memiliki kecepatn 2x lebih cepat dari mobil truk angkut pertanian.
Dan 3 tahun kemudian baru disebut sebagai mobil Unimog.

Kendaraan Unimog ternyata banyak yang tertarik. Sampai produksinya harus dipindah ke pabrik Daimler Benz di Gaggenau pada tahun 1951. Dan menyandang dengan nama U25 Unimog, walau mesinnya masih 25HP.
Unimog S diluncurkan tahun 1955, dengan 80hp mesin 2.2 liter. Sama seperti mesin model mercy 220s di periode tersebut.
Tahun 2014 Mercedes Benz baru meluncurkan dengan mesin lebih kuat tipe U5023 dengan kecepatan 89km perjam

Model U5023 hanya mengandalkan mesin kekuatan 231hp saja tapi ada sistem Turbo Diesel alias Turbochargernya.
Pemindah gigi 8 speed secara otomatis, dengan kecepatan maksimum hanya 89km perjam. Jadi dapat dibayangkan berapa kekuatan di gigi 1 dan 2 kendaraan tersebut.
Belum lagi CC mesin baru mencapai 5.1 liter dengan 4 silinder.

Mercedes Unimog U5023

Untuk apa kendaran ini, ternyata Unimog adalah kendaraan legendaris.

Kali ini kedua kendaraan bertugas membawa pemancar radio darurat yang harus di pasang pada 6.100 meter. Di daerah yang tandus seperti di negara Chili, jalur ke puncak pegunungan relatif berbatu dan berada di lokasi Ojos de Salado. Puncak gunung aktif tertinggi di dunia

Ketinggian tersebut berada di Chili. Setelah kedua kendaraan mampu mencapai 6.100 meter dan memasaang radio pemancar.
Satu kendaraan Mercedes Unimog U5023 mencoba naik lebih tinggi lagi sampai 6.694 meter.

Bantuan untuk tim peneliti datang dari tim Mercedes Benz yang menyediakan 2 truk U5023.

Kendaraan dirancang dengan ban khusus, derek dan mampu membawa beban berat yang dimodifikasi. Disain rotasi ban dan sistem keseimbangan juga dibuat khusus oleh insinyur Unimog.

Menurut Matthias Jeschke, kedua kendaraan mampu naik pada punggung yang curam dan berbatu berkat kombinasi keseimbangan roda  untuk membawa peralatan besar.



Rekor Mercedes Unimog U5023 baru memecahkan rekor. Setidaknya 2 kendaraan roda 4 tipe truk off-road tersebut berhasil mencapai ketinggian dan medan jalan di 6.100 meter. Dan satu mencoba naik sampai ketinggian 6.893 meter di gurun Atacama tersebut.

Harga truk Unimog U 5023 tidak murah, dijual $250.000. Itupun masih versi standar, bukan yang digunakan oleh tim ilmuwan yang sudah dirancang khusus.

Berita terkait
Gunung Everest memiliki stasiun cuaca, menjadi stasiun cuaca tertinggi didunia. Berada di ketinggian 8000 meter, peneliti memasang peralatan disana seperti di dunia lain. Bagaimana membawa peralatan di ketinggian 8000 meter. Sementara pendaki lain berusaha mencapai puncak, 8 orang dan peneliti malah memasang peralatan cuaca.

Satu tim dokter berangkat ke puncak gunung tertinggi di Everest.16 dokter untuk meneliti penyelamatan. 2017, kembali diteliti mengapa orang yang mendaki di tempat ketinggian akan memiliki masalah kesehatan sedangkan yang lain tidak. Apakah benar semakin tinggi manusia tidak lagi berpikir dengan logika.



Pabrikan motor dari Republik Ceko memiliki perusahaan motor Jawa. Tidak berhubungan dengan nama Indonesia, hanya mirip saja. Motor Jawa kembali memperkenalkan motor klasik 350 OHC, yang ini tentu baru.

Tidak hanya di Indonesia masyarakat memindahkan rumah. China memindahkan gedung bersejarah akibat urbanisasi penduduk. Kota yang padat dan infrastruktur mendesak banguan tua harus dipindah ke lokasi yang baru. Seperti apa bangunan yang dipindah disana

McLaren F1 adalah mobil legendaris. Memiliki mesin 12 silinder BMW S70, di produksi tahun 1992-1998. Hanya 106 unit mobil saja yang diproduksi. McLaren F1 mampu menandingi kemampuan Bugatti Veyron

Ketika kendaraan di belakang mengunakan lampu jauh, maka ada memunculkan sesuatu yang membuat pengemudi di belakang berpikir dua kali untuk mendekati kendaraan anda. Di siang hari tidak terlalu terlihat tapi malam hari hemmm, kendaraan yang jail mengunakan lampu jauh akan mundur dari kendaraan anda.

Kecepatan maksimum Lamborghini  Centenario lebih dari 350km perjam. Sistem gear tranmisi 7 speed dengan gearboax ISR, bodi kendaraan dibuat dari bahan carbon fiber, sistem spoiler belakang dengan 3 posisi dan tersembunyi di bagian bodi. Berat kendaran hanya 1,570kg dalam kondisi kosong.



Mobil Koenigsegg One mampu mencapai 300km perjam di sirkuit balap Angelholm Swedia. Hanya 17,95 detik saja. Dengan kekuatan mesin 1340 hp dan beratnya hanya 1,340kg.

Film pendakian gunung K2 Siren Himalaya ini menceritakan pendakian paling menantang. Bukan pendakian ke puncak tertinggi di gunung Everest, tapi di puncak gunung tertinggi ke 2 yaitu K2. Pendakian Everest 20 orang 1 tidak pulang, tapi di pendakian K2 rasio 4 pendaki 1 tidak pulang

Mobil offroad Toyota Land Cruiser FJ4 sudah ada di pasaran sejak tahun 1978. Walau masuk kendaraan lawas, masih ada di Indonesia. Khususnya kendaraan angkutan di Bromo. Tapi yang satu ini Toyota Land Cruiser FJ4 masih sangat mulus bahkan terlihat baru.

Motor Harley cc besar sering dimodifikasi untuk tampil menarik. Disain motor rancangan modder luar negeri mampu merubah tampilan motor lebih keren dibanding disain aslinya.

Mobil  Lamborghini Sesto KW ini bukan asli, tapi dirancang oleh pencinta kendaraan asal Kyrgyzstan. Mereka membangun mobil tersebut dari rangka mobil Volvo tua. Versi aslinya hanya di produksi terbatas




No popular articles found.
< /body>